23
February2016

Bagikan Info Lowongan Kerja dengan Email Marketing

Info Lowongan Kerja
Info Lowongan Kerja

Seiring semakin canggihnya teknologi, semakin banyak pula kegiatan yang dikemas secara online. Kegiatan surat-menyurat pun kini tidak lagi selalu melalui kantor pos. Orang-orang sudah banyak yang menggunakan surat elektronik (surel) atau email. Orang membuat alamat email biasanya karena ingin mendaftar aplikasi, berlangganan newsletter, atau untuk mengirim pesan cepat secara formal. Ya, karena email dapat bersifat formal, sebagian besar orang cenderung memanfaatkan email untuk urusan bisnis atau kerjaan. Bahkan, email juga sering digunakan untuk melamar kerja atau berlangganan info lowongan kerja.

Melihat Manfaat Email Marketing

Imbas dari perkembangan teknologi, lahirlah perusahaan startup di mana-mana, tidak hanya bertumpu di Jakarta. Di samping itu, perusahaan semacam startup cenderung tidak terlalu fokus untuk memberdayakan sendiri Human Resource Department (HRD). Karena memiliki armada yang terbatas, jadi mereka cenderung lebih fokus untuk penggarapan project, bukan rekrutmen. Lalu, mereka melimpahkan tugas itu kepada perusahaan penyedia jasa rekrutmen atau penyedia ruang iklan lowongan kerja. Nah, perusahaan penyedia semacam itu tentu berhubungan erat dengan email marketing. Email adalah media paling depan yang diandalkan untuk menjalin komunikasi.

Tidak mungkinlah mengirimkan email satu per satu kepada subscribers yang ada. Jadi, memang perlu menggunakan layanan email marketing. Dalam hal ini, email marketing begitu bermanfaat dan berperan penting. Umumnya orang mengecek email mereka paling jarang seminggu atau sebulan sekali apakah ada info lowongan kerja atau tidak. Untuk urusan kerja, orang lebih memilih berkomunikasi melalui email dibanding media sosial karena email dianggap lebih formal di antara media lainnya di era digital ini.

Bagikan Info Lowongan Kerja

Pilihlah penyedia layanan email blast yang telah teruji sender scorenya. Bagikan info lowongan kerja dalam bentuk newsletter kepada mereka yang telah berlangganan berita. Perlu kita kirimkan rutin secara berkala. Sebagai pemberi informasi, kita juga perlu memilah mana informasi yang harus dikirimkan sesuai dengan minat dan permintaan subscribers. Di dalam email, contohnya kita dapat mencantumkan spesifikasi keahlian dari posisi yang dibutuhkan, kisaran nominal gaji yang ditawarkan, atau latar belakang perusahaan yang bersangkutan seperti apa.

Tampaknya perihal info lowongan kerja itu tidak akan pernah ada habisnya. Sampai kapan pun orang akan mencari info lowongan kerja dan perusahaan akan membagikan info lowongan kerja. Tinggal bagaimana mempertemukan keduanya, antara perusahaan dan pencari kerja. Nah, di sini email hadir sebagai media penghubung yang dirasa cukup elegan dan formal dalam kemasan informasinya.

Pastikan penyedia layanan email blast yang dipilih itu memiliki fitur-fitur yang mendukung kita untuk membuat kampanye email berisi info lowongan kerja. Di antaranya, perlu kita perhatikan fitur-fitur yang ada, seperti list management, template management, campaign management, result and tracking, real time survey, integration, dan support.

Fitur-Fitur Penting Untuk Membuat Email Marketing

  1. List management memudahkan kita mengonsep email berisi info lowongan kerja secara terperinci, dan di sinilah secara garis besar aktivitas email
  2. Template management – membuat kita mudah memilih desain (layout) yang cocok dengan tema atau perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja.
  3. Campaign management – membantu mengembangkan strategi kampanye yang sesuai dengan tujuan pengiklanan lowongan kerja.
  4. Result and tracking – memudahkan kita mengetahui seberapa banyak orang yang membuka email dengan laporan real time, misalnya seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, atau bahkan setahun yang lalu.
  5. Real time survey – memudahkan kita membuat suatu survei secara real time yang disertakan dalam kampanye email berisi info lowongan kerja, dan hasil surveinya dapat dianalisis dan diekspor ke Microsoft Excel.
  6. Integration – memudahkan kita menggabungkan semua laporan secara keseluruhan, termasuk sinkron dengan Google Analytics.
  7. Support – membantu kita dalam pembuatan pesan iklan, penjadwalan pengiriman pesan, dan pengaturan contact list secara teknis maupun non teknis.

Silakan dipertimbangkan mengenai fitur-fitur tersebut. Info lowongan kerja itu akan selalu berarti dari waktu ke waktu bagi siapa pun. Ayo coba gunakan free email marketing untuk mengirimkan newsletter berisi info lowongan kerja secara berkala.

Leave a Reply