2
February2016
Tahun Baru Imlek
Tahun Baru Imlek

Dari sekian banyak pelanggan kita, pastilah ada beberapa di antaranya yang merayakan Tahun Baru Imlek. Oleh sebab itu, demi menjalin dan meningkatkan engagement antara kita (pengusaha atau perusahaan) dan pelanggan, sampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek kepada mereka. Terserah mau dikemas seperti apa ucapannya. Bisa hanya sebatas ucapan selamat Tahun Baru Imlek. Bisa juga diselipkan promo atau penawaran spesial dalam ucapan tersebut. Di era maraknya jumlah pengguna mobile phone kini, sampaikanlah ucapan selamat Tahun Baru Imlek melalui email marketing. Ya, setiap pengguna mobile phone memiliki setidaknya atau sedikitnya satu alamat email pribadi.

Kilas Sejarah Tahun Baru Imlek

Kembali ke pokok tema pembahasan. Ada baiknya sebelum mengirim ucapan melalui email marketing, kita ketahui dulu bagaimana sejarah Tahun Baru Imlek agar kita bisa relate program marketing kita dengan momentum Tahun Baru Imlek. Berikut ini pemaparan kilas sejarah Tahun Baru Imlek yang telah dirangkum dari beberapa referensi terkait.

Di luar daratan Cina, Tahun Baru Cina lebih dikenal sebagai Tahun Baru Imlek. Kata Imlek (Im = Bulan, Lek = Penanggalan) berasal dari dialek Hokkian atau mandarinnya: yin li, berarti kalender bulan. Perayaan Tahun Baru Imlek dirayakan pada tanggal 1 – 15 pada bulan ke-1 penanggalan kalender Cina yang menggabungkan perhitungan matahari, bulan, dua energi Yin-Yang, konstelasi bintang atau astrologi shio, 24 musim, dan lima unsur (logam, air, kayu, api, dan tanah).

Imlek dikenal juga dengan Nong Li (农历, bacanya: nung li), yang artinya “penanggalan petani”, di mana hal ini bisa dimaklumi karena sebagian besar orang zaman dahulu pekerjaannya bertani. Para petani tersebut mengandalkan kemampuan mereka untuk membaca alam, pergerakan bintang, bulan, dan benda angkasa yang lain untuk bercocok tanam. Terlebih lagi di Cina yang terdapat empat musim, perhitungan tepat dan presisi harus andal agar mendapatkan pangan yang cukup.

Perayaan Tahun Baru Imlek sebenarnya adalah perayaan menyambut musim semi yang disebut dengan Chun Jie (春节, baca: juen cie), yang artinya “menyambut musim semi”. Musim semi disambut dengan suka cita karena musim dingin akan segera berlalu dan tibalah saat para petani untuk menanam lagi. Tanaman pangan terutama padi (Cina Selatan) dan kebanyakan gandum (Cina Utara) serta tanaman pertanian lainnya. Karena mengandalkan alam untuk kehidupan mereka, penyambutan datangnya musim semi merupakan keharusan yang dirayakan dengan meriah. Ya, kurang lebih seperti itulah kilas sejarah Tahun Baru Imlek. Semoga rangkuman sejarah tersebut dapat bermanfaat sebagai pengetahuan tambahan.

Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

Lihatlah segala momen dengan cermat. Selain untuk meningkatkan engagement, mengucapkan selamat pada momen Imlek (atau perayaan tertentu yang berjalan masif) juga dapat mengindikasikan eksistensi bisnis kita. Tentu akan ada banyak format ucapan selamat yang sebenarnya bermotif bisnis. Lagi-lagi di era digital kini, email marketing adalah pilihan yang tepat untuk hal semacam ini. Sampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek melaui email marketing. Cukup kirimkan satu email untuk menjangkau semua pelanggan yang ada. Tidak perlu meragukan efektivitas email marketing untuk menyampaikan ucapan selamat pada momen perayaan secara masif seperti Imlek.

Kenali penyedia layanan email marketing yang memang memiliki reputasi bagus. Segera lakukan pengiriman ucapan selamat dengan menggunakan free email marketing.

Leave a Reply