28
June2019

E-mail Marketing Dukung Pelaku Retail Sukses Berbisnis Online

Kian hari tren belanja online mendulang banyak peminat. Para pelanggan lebih memilih bertransaksi melalui website juga aplikasi e-Commerce di ponsel pintarnya dibanding berbelanja langsung. Sistem belanja online memudahkan mereka yang sibuk sehingga memungkinkan bisa memperoleh barang yang diinginkan kapan saja tanpa perlu ke luar rumah. Melansir iPrice—platform yang berafiliasi dengan lebih dari 1000 e-Commerce di Asia Tenggara—terdapat peningkatan kunjungan mobile besar-besaran pada e-Commerce di Asia Tenggara. Menyentuh angka 87 persen, Indonesia telah menjadi negara dengan pangsa trafik perangkat mobile tertinggi. Data ini menggambarkan tingginya preferensi konsumen Indonesia terhadap belanja online seiring meningkatnya penggunaan internet dan perangkat mobile di tanah air.

Ternyata, fenomena ini berdampak langsung kepada para pelaku retail tradisional atau kerap disebut brick and mortar. Sebuah artikel yang dirilis Forbes, “Retail in Crisis: These are the Changes Brick-and-Mortar Stores Must Make” menyebutkan di sepanjang musim liburan 2013 para pelaku retail di Amerika hanya menikmati separuh penghasilannya dibanding musim liburan di tiga tahun lalu. Konsumen di Amerika lebih banyak mendapatkan informasi terkait produk yang ingin dibelinya dengan melakukan penelusuran online ketimbang bertemu dengan pelayan toko.

Tidak ingin merugi lebih besar, kini para pelaku retail konvensional di Indonesia maupun luar negeri mulai ikut mencoba menjajakan produk dagangannya dengan sistem digital. Namun, sangat disayangkan tidak jarang ditemukan pelaku retail yang belum siap secara manajemen dan teknis dalam memaksimalkan penggunaan sistem digital ini. Misalnya, masih ada pelaku retail yang menyebarkan brosur secara langsung kepada pelanggan meski telah menerapkan konsep digitalisasi. Hal ini justru akan menguras tenaga dan jelas menambah beban keuangan toko.

Menilik kasus tersebut, Phil Davis seorang penulis di Towerdata menyatakan bahwa para pelaku usaha/retail perlu memahami pemanfaatan e-mail marketing sebagai sebuah solusi dalam mengatasi permasalahan yang sering kali dihadapi saat bermigrasi ke sistem digital. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan para pelaku retail dengan memanfaatkan e-mail marketing.

  1. Mengirim Bukti Pembayaran

Hampir setiap gerai retail akan memberikan bukti pembayaran atau kertas kuitansi setelah pelanggannya membayar barang yang dibeli. Namun, bagi sebagian pelanggan terkadang kertas-kertas tersebut hanyalah sampah dan dibuang begitu saja atau bagi seorang aktivis lingkungan penggunaan kertas dirasa akan berdampak pada kondisi hutan di suatu wilayah.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengakali masalah tersebut, para pelaku retail dapat mengirim kuitansi melalui e-mail pelanggan. Para pelaku retail juga dapat memanfaatkan cara ini sebagai kesempatan untuk menanyakan kepada pelanggan terkait opt-in e-mail (metode menambahkan daftar kontak dalam e-mail marketing dengan registrasi e-mail terlebih dahulu).

  1. Memberikan Informasi Ketersediaan Produk

Pelaku retail dapat menggunakan e-mail marketing untuk menginformasikan ketersediaan produk yang ada di toko. Ya, karena tidak menutup kemungkinan suatu waktu barang yang ingin dibeli oleh pelanggan ternyata habis stoknya atau hanya ada dalam jumlah terbatas. Tentu hal ini bisa memudahkan para pelanggan untuk mengetahui stok produk sekaligus menguntungkan pelaku retail dalam menjaga loyalitas pelanggan tetap.

Para pelaku retail juga bisa memberikan opsi kepada pelanggannya untuk mengaktifkan notifikasi atau peringatan pada e-mail yang akan memberi tahu mereka ketika barang telah tersedia kembali. Melalui e-mail marketing para pelaku retail pun dapat memberikan e-buletin kepada pelanggan yang bisa dijadikan sarana promosi produk terbaru.

  1. Mengirim Ucapan Selamat Ulang Tahun

Siapa sih yang tidak senang jika ada yang memberi ucapan selamat ulang tahun? Tentunya semua orang akan bahagia dan merasa spesial jika ada yang memperhatikan di hari ulang tahunnya, termasuk pelanggan. Mungkin masih ada pelaku retail yang menganggap memberikan kartu ucapan secara langsung kepada pelanggan akan menguras biaya operasional. Namun, di era digital ini, dengan memanfaatkan e-mail marketing semua bisa teratasi tanpa menambah beban pengeluaran. Para pelaku retail dapat memberikan dan menyampaikan ucapan ulang tahun melalui pesan di e-mail marketing.

Tidak hanya itu, dengan e-mail marketing para pelaku retail juga dapat mencoba mengundang para pelanggan untuk mampir ke toko di hari ulang tahun mereka untuk mendapatkan voucher atau hadiah lainnya. Hal ini dapat menjadi salah satu strategi bagi untuk membuat para pelanggan mengunjungi dan tentunya berbelanja di toko.

  1. Melakukan Survei dengan Kode Promo

Para pelaku retail baru tidak boleh melupakan pentingnya survei menggunakan e-mail marketing. Survei merupakan konten penting yang fungsinya sebagai bahan evaluasi. Melalui hasil survei para retailer bisa mengenali keinginan para pelanggan juga memperoleh umpan balik (feedback) dari mereka. Survei tidak harus selalu mengarah ke sesuatu yang pribadi, pelaku retail bisa saja hanya menanyakan preferensi atau ulasan dari suatu produk.

Kelebihan lain dari survei yang dikirim lewat e-mail marketing yaitu dapat meningkatkan jumlah kunjungan pada toko. Survei membantu pelaku retail untuk mengetahui apa saja yang dapat ditawarkan kepada para pelanggan selanjutnya. Biasanya setelah para pelanggan mengisi survei, pelaku retail dapat memberikan kode promo yang dapat digunakan untuk pembelian di toko. Hadiah berupa kode promo tentu akan menarik perhatian dan mempertahankan loyalitas para pelanggan.

Para pelaku retail tidak boleh menutup diri dari [erkembangan zaman.  Dibutuhkan inovasi dan strategi baru untuk menghadirkan pengalaman yang lebih berkesan bagi para pelanggan. Salah satu cara mudahnya sudah jelas, dengan memanfaatkan e-mail marketing. Cara ini efektif dalam menjaga hubungan dengan para pelanggan dan otomatis akkan meningkatkan profit.

Jadi, kapan toko Anda akan mulai menggunakan e-mail marketing? Selalu ingat, agar tidak tertinggal  dari para kompetitor, Anda bisa menggunakan layanan pengiriman e-mail, WA, dan SMS massal dari Docoblast secara gratis di sini!

Leave a Reply