20
May2019

Berbagai Sektor Bisnis Gunakan E-mail Marketing untuk Optimalkan Strategi Pemasaran

Berbagai Sektor Bisnis Gunakan E-mail Marketing untuk Optimalkan Strategi Pemasaran

Penggunaan e-mail marketing terbukti membawa banyak manfaat dalam dunia bisnis, misalnya kemampuan menjangkau pasar secara global dalam hitungan detik serta dapat dijalankan dengan biaya overhead yang sangat rendah. E-mail marketing juga memiliki kemampuan untuk memuat konten yang beragam dan dapat disesuaikan dengan target market yang akan dibidik.

Kini, para pebisnis dan korporasi pun gencar menggunakan e-mail marketing untuk memaksimalkan strategi pemasaran bisnis mereka. Metode pengiriman e-mail ini user friendly untuk berbagai sektor/industri. Lebih dari itu, e-mail marketing memang sejalan dengan era industri 4.0 saat ini yang segala sesuatunya terhubung dengan internet (Internet of Things) dan automasi. Oleh karena itu, para pelaku industri berlomba mengoptimalkan layanan sesuai bidang bisnisnya.

1. Pendidikan (education industry)

Menurut website resmi Quacquarelli Symonds (QS)—perusahaan pemasaran terkemuka bidang pendidikan di United Kingdom—memeriksa e-mail melalui posel pintar menjadi hal pertama yang dilakukan 58% konsumen/pengguna online di pagi hari, sedangkan 11% pengguna memutuskan untuk membuka Facebook.

Melansir sumber yang sama, hasil survei menjelaskan bahwa e-mail marketing campaign sangat diperlukan untuk strategi pemasaran suatu universitas atau sekolah. Setiap tahun sejak 1997, sebesar 64% hingga 78% perguruan tinggi melaporkan adanya peningkatan jumlah pelamar (calon mahasiswa) dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut terjadi sejak mereka menggunakan e-mail marketing.

Tentunya pelaku industri di sektor pendidikan dapat memanfaatkan e-mail marketing untuk menginformasikan berbagai hal yang mampu menaikan reputasi juga kesadaran masyarakat atas produknya. Misalnya, sekolah atau perguruan tinggi menyebarkan informasi terkait alur atau proses penerimaan siswa baru.

Selain itu, melalui e-mail marketing, instansi pendidikan bisa menjawab berbagai pertanyaan yang masuk dari para siswa, meminta siswa untuk mengisi survei kepuasan di setiap akhir semester, promosi atau informasi beasiswa, juga dapat membangun komunikasi dengan para alumni, dan tentunya untuk meningkatkan jumlah siswa pendaftar baru.

2. Perhotelan (hospitality industry)

Apa yang terlintas ketika Anda berpikir tentang industri perhotelan? Ada banyak hal tentunya, ya, bisa tentang penginapan, makanan, atau destinasi. Industri ini tumbuh pesat seiring perkembangan teknologi. Kini, hampir semua pilihan layanan yang tersedia di industri perhotelan ada di ujung jari Anda.

Namun, layaknya bidang bisnis lain, di era digital ini industri perhotelan pun menghadapi persaingan yang luar biasa. Oleh karena itu, solusi yang mungkin dilakukan untuk mengatasi situasi tersebut adalah membuat perencanaan strategi pemasaran dengan mamanfaatkan e-mail marketing.

 Ashley Malone, Global B2B E-mail Marketing Team Lead Trivago menyebutkan beberapa hal dasar yang akan bisa dilakukan sektor perhotelan ketika mengimplementasikan e-mail marketing sebagai alat untuk menggalakkan strategi pemasaran.

Pertama, penggunaan e-mail marketing yang efektif di dunia perhotelan dapat dimulai ketika pelanggan telah memesan dan menginap di hotel. Hal ini menjadi kesempatan pemilik jasa untuk menanyakan review atau penilaian terkait pelayanan terhadap pelanggan melalui e-mail marketing.

Kedua, beberapa hotel mungkin telah membuat akun media sosial. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana untuk bisa meningkatkan jumlah followers? Jawabannya jelas, e-mail marketing. Setiap e-mail yang terkirim merupakan peluang untuk mempromosikan akun media sosial selain menjalin hubungan baik dengan para tamu.

Terakhir, dengan mengaplikasikan e-mail marketing di sektor perhotelan, maka dapat membantu para tamu untuk mengetahui apakah pesanan kamar sudah masuk ke sistem atau sebaliknya. Sedangkan bagi pemilik hotel, hal tersebut berguna dalam menumbuhkan kesan pertama kepada pelanggan atau para tamu.  

 E-mail marketing sudah menjadi strategi pemasaran yang sangat populer dalam meningkatkan brand awareness. Tidak sebatas itu, email marketing bisa dikirim sebagai kartu ucapan terima kasih karena telah menginap atau pun promosi food and beverage (F&B). Penggunaan e-mail marketing tentu bisa membantu pebinis perhotelan untuk menarik banyak pelanggan/tamu.

3. Finansial (finance industry)

Saat ini, e-mail marketing seakan telah menjadi suatu keharusan untuk diterapkan di situs layanan keuangan atau di sektor finansial seperti perbankan. Tujuannya tentu untuk mengetuk hati para nasabah agar memberikan citra atau penilaian yang baik kepada perusahaan pelayanan keuangan. Dilansir dari laman resmi Staenz, Digital Marketing Academy, bahwa e-mail marketing telah menjadi media yang berpengaruh besar bagi pelayanan keuangan dan sebagai alat bantu penyedia layanan agar terhubung dengan pelanggan secara digital.

E-mail marketing pada sektor finansial berguna untuk menjaring dan menumbuhkan kepercayaan klien, mengingat banyak klien dari jasa keuangan yang potensial memeriksa setiap e-mail atau e-nota yang masuk setelah melakukan transaksi (pembayaran, pinjaman, transfer, dll). Melalui e-mail marketing yang dikirim ke pelanggan, kredibilitas suatu instansi keuangan akan bisa meningkat.  Informasi apapun yang dikirim perusahaan juga dapat diterima lebih cepat, tentu hal ini menguntungkan para pelanggan. Nah, dengan berbagai manfaat dari e-mail marketing tersebut akan meningkatkan jumlah transaksi yang dijalankan.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat penggunaan e-mail marketing  di sektor pendidikan, perhotelan, dan pelayanan keuangan. Namun, harus dipastikan konten dari e-mail yang dikirim harus disusun secara menarik, lho.

Ingatlah! apapun sektor bisnisnya, Docoblast sebagai penyedia layanan email marketing akan siap membantu bisnis Anda. Jangan lupa kunjungi website Docoblast untuk dapatkan fasilitas free trial dan untuk informasi lebih lanjut, Anda juga bisa hubungi tim Docoblast melalui customer care di sini.

Leave a Reply