26
March2019

WhatsApp Business Efektif Kembangkan Bisnis Anda

WhatsApp Business Efektif Kembangkan Bisnis Anda
Docoblast Terapkan WhatsApp Business.

Di usia yang telah menginjak angka 10, reputasi WhatsApp sebagai aplikasi chatting yang mampu memudahkan urusan komunikasi semakin meningkat. Menurut Tableau, software company asal Amerika Serikat, total pengguna aktif WhatsApp di seluruh dunia dari April 2013 hingga Desember 2017 telah menyentuh 1,5 miliar. Warga Arab Saudi diketahui sebagai pengguna WhatsApp paling aktif di dunia dengan menduduki peringkat pertama pada kuartal ketiga tahun 2017. Masih di kuartal yang sama, Indonesia berada di urutan kedelapan.

Menilik angka pengguna WhatsApp yang terus meningkat dibarengi dunia bisnis online yang semakin menjamur di masyarakat, WhatsApp menangkap peluang meningkatkan jumlah pengguna dengan aplikasi dan fitur baru yang memberikan manfaat dalam menunjang bisnis para pengguna WhatsApp. Maka, pada Januari 2018 WhatsApp mengenalkan kepada publik aplikasi kembarannya, yaitu WhatsApp Business.

Dalam website resmi WhatsApp dijelaskan bahwa WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang dapat diunduh di smartphone berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini diperuntukan bagi mereka yang memiliki usaha atau bisnis. WhatsApp versi bisnis ini dilengkapi dengan fitur-fitur spesifik yang dapat memberikan keuntungan untuk meningkatkan usaha atau bisa dikatakan WhatsApp Business efektif kembangkan bisnis anda. Diantaranya yaitu fitur pesan otomatis untuk pelayanan prima, pengiriman pesan secara cepat, pengguna WhatsApp yang tinggi sehingga rasion buka dan baca pesan tinggi, customer care yang siap setiap saat, dan tidak hanya pesan teks tetapi juga bisa kirim foto/video, link, invoice/billing, greeting message, dan survei/voting.

Dengan adanya tambahan fitur-fitur terkait bisnis, diharapkan WhatsApp Business bisa menjadi sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi para pemilik usaha, baik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun perusahaan besar. Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan usaha atau bisnis dengan menggunakan WhatsApp Business, alangkah bagusnya jika mengenal fitur-fitur dari aplikasi ini lebih jauh terlebih dahulu. Berikut beberapa fitur dari WhatsApp Business yang dapat menunjang bisnis Anda.

  1. Messaging Statistics

Fitur Messaging Statistics bisa digunakan untuk meninjau statistik pesan keluar dan pesan masuk. Jadi, statistik ini akan menampilkan angka yang merupakan jumlah dari setiap pesan yang terkirim; sent, delivered, read, dan received. Misalnya, Anda dapat mengetahui jika pesan yang dikirim ke pelanggan hanya dibaca tanpa mendapatkan respons. Dengan demikan, Anda dapat melakukan evaluasi apakah pesan yang disampaikan kurang menarik pelanggan.

Messaging Statistics di WhatsApp Business ini sangat berguna untuk kebutuhan analisa bisnis. Anda dapat mengetahui jumlah pelanggan yang memiliki atensi terhadap produk yang ditawarkan dan dapat menyiapkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Wah, menarik bukan fitur yang satu ini?

  1. Messaging Tools

Fitur yang satu ini teryata terbagi lagi menjadi tiga menu yang diketegorikan berdasarkan fungsinya, yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. Menu Away Message berfungsi menampung pesan masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau saat kantor tutup. Pada dasarnya, menu ini digunakan untuk membalas chat saat layanan dari bisnis tutup sementara sehingga konsumen mengetahuinya dan tidak perlu menunggu sampai pebisnis memberikan balasan ketika standby atau telah aktif. Selanjutnya, ada menu Quick Replies yang digunakan untuk membalas pesan masuk dengan tipe pesan/pertanyaan serupa. Di menu ini pebisnis dapat membuat berbagai template balasan cepat sehingga tidak perlu mengetik berulangkali untuk jawaban yang mirip atau sama.

Terakhir, menu Greeting Message, yaitu pesan otomatis untuk menyambut atau menyapa pelanggan. Menu ini untuk mengirimkan pesan selamat datang kepada konsumen yang melakukan chat untuk pertama kalinya atau yang tidak ada aktivitas dalam 14 hari terakhir. Menu ini sangat powerful dan wajib digunakan terutama untuk meningkatkan kecepatan respons kepada pelanggan sehingga mereka tidak perlu menunggu untuk balasan pertama.

Tiga menu yang ada di messaging tools tersebut tentunya diharapkan membantu pebisnis dalam mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Saat ini kebanyakan pelanggan mencari produk atau layanan dengan memperhatikan aspek kecepatan dan kemudahan berkomunikasi dengan pemilik. Oleh karena itu, pebisnis perlu menggunakan messaging tools ini untuk menciptakan pelayanan dan feedback yang lebih responsif dan cepat. Dengan demikian, pelanggan pun akan merasa puas dan memungkinkan mereka merekomendasikan produk Anda kepada kerabatnya.

Anda bisa bayangkan, jika feedback yang dikirim telat atau lambat, maka besar kemungkinan pelanggan akan meninggalkan dan mencari lapak lain. Seperti halnya penelitian dari Jupiter Communication dalam jurnal berjudul “Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis” disebutkan lebih dari 40% situs terkenal memberikan respons lambat kepada pengunjung yang menyurati. Padahal jika lebih dari 5 hari e-mail tidak dijawab, orang akan malas mengirim lagi. Saat ini kecepatan dalam memberikan respons menjadi kesan pertama dalam memberikan pengalaman yang fantastis bagi pelanggan.

Sejak awal peluncuran hingga sekarang, bisa dikatakan WhatssApp Business mampu meraih kepercayaan dari para pebisnis dalam meningkatkan profit bisnis. WhatsApp Business efektif kembangkan bisnis Anda atau seorang  pebisnis. WhatsApp dalam website resminya mengklaim saat ini lebih dari 5 juta perusahaan telah menggunakan WhatsApp Busniess untuk membantu para pelanggan menumbuhkan usaha mereka, juga dalam melayani berbagai komunitasnya di seluruh dunia. Salah satu perusahaan brand kacamata di India melaporkan pada WhatsApp, 30%  dari penjualan barunya dihasilkan melalui WhatsApp Business.

Di Indonesia sendiri aplikasi ini sudah cukup banyak digunakan, salah satunya DocoBlast yang kini dilengkapi dengan WhatsApp Business. DocoBlast menjadikan WhatsApp Business sebagai salah satu fitur yang diharapkan dapat membantu Anda dalam menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan menjaga hubungan dengan konsumen secara efektif.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait layanan e-mail blast jangan ragu untuk menghubungi tim DocoBlast melalui customer care yang tertera di website DocoBlast, ya!

Leave a Reply