5
March2018

Pelanggan merupakan satu hal yang sangat penting dalam bisnis, berhasil atau tidaknya suatu bisnis bisa ditentukan oleh bagaimana pelanggan merasa puas terhadap produk serta pelayanan yang dihadirkan. Maka dari itu, menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan haruslah menjadi prioritas yang harus dilakukan bagi pelaku usaha. Membangun loyalitas pelanggan tentu bukan hal yang mudah, membuat pelanggan tetap setia pada Anda ditengah-tengah banyaknya saingan membuat Anda harus lebih memahami bagaimana cara mempertahankan pelanggan. Untuk itu Docoblast akan memberikan tips untuk mempertahankan pelanggan Anda:

  1. Dengarkan saran dan keluhan pelanggan

Sebagai pebisnis, memberikan penawaran yang menarik untuk pelanggan menjadi fokus utama dalam menjalankan bisnis. Namun, banyak dari pebisnis yang lupa untuk memperhatikan kebutuhan pelangan secara rinci. Padahal, salah satu faktor yang harus Anda perhatikan dalam upaya mempertahankan pelanggan  adalah dengan cara selalu mendengar segala keluhan dan saran yang diberikan pelanggan kepada Anda.

Banyak cara yang dapat Anda terapkan untuk mendengar keluhan dan saran pelanggan, salah satunya dengan cara membuat layanan khusus seperti kotak suara atau nomer khusus keluhan pelanggan untuk menerima keluhan maupun saran dari pelanggan. Dengan cara ini, selain dapat membuat pelanggan merasa didengarkan, Anda juga dapat melihat kekurangan dalam produk dan pelayanan Anda.

  1. Ayo Follow up!

Melakukan follow up pada pelanggan menjadi suatu hal yang harus Anda lakukan demi mempertahankan pelanggan Anda. Mengucapkan terima kasih, memberikan informasi terbaru mengenai produk Anda atau sekedar menanyakan kabar pelanggan akan membuat pelanggan merasa lebih dihargai.  Bagaimana caranya? Anda bisa membuat list yang berisi nama, no. Hp atau email, dan produk apa yang pernah mereka beli dari Anda.

Meskipun cara ini terdengar mudah, namun masih banyak pebisnis yang belum menerapkan cara ini dan cenderung lebih memilih untuk mencari pelanggan baru.

3. Program Menarik dan Penawaran Khusus

Membuat program menarik seperti membuat kartu keanggotaan (member) yang dapat memberikan benefit bagi si pemilik kartu menjadi salah satu hal yang bisa Anda coba untuk membangun loyalitas pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan hari-hari besar untuk memberikan promo dan diskon untuk seluruh pelanggan Anda. selain dapat mempertahankan pelanggan, cara ini juga dapat diterapkan untuk mencari pelanggan baru. Memberikan diskon atau promo bagi pelanggan nampaknya sudah sangat banyak diterapkan pebisnis dan sangat ampuh untuk diterapkan. Program menarik dan penawaran khusus dapat anda sebarkan melalui email blast atau sosial media agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

4. Ajak untuk memberikan testimoni

Semakin populernya sosial media khususnya pada generasi muda juga membuat pebisnis semakin diuntungkan. Mengapa? Lewat sosial media, Anda dapat mengajak pelanggan untuk berkontribusi memberikan testimoni mengenai produk Anda. Nantinya testimoni itu dapat Anda post di sosial media dan membantu dalam membangun branding Anda, selain itu testimoni akan membuat jarak antara Anda dan pelanggan menjadi lebih dekat.

  1. Memberikan sesuatu yang beda

Jika Anda dapat memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan pesaing, anda akan lebih mudah untuk menarik perhatian pelanggan anda. Menyajikan sesuatu yang unik akan membuat anda memiliki nilai tambah dibandingkan dengan yang lain, selain itu pelanggan akan lebih mudah untuk menyukai anda ditengah-tengah banyaknya produk serupa.

Itulah tadi 5 tips untuk mempertahankan pelanggan untuk bisnis anda. Untuk mendukung kebutuhan anda terhadap email marketing, Docoblast menyediakan free email marketing sebagai alat untuk membantu anda berinteraksi dengan para pelanggan secara lebih baik.

 

 

 

 

Leave a Reply