18
April2017
Strategi Membangun Brand Image via kelaspengusaha.com

Kenapa brand itu penting? Karena selain sebagai identitas produk, brand juga akan menumbuhkan loyalitas konsumen. Produk yang bagus tanpa kekuatan dari brandnya dan strategi pemasaran yang efektif, akan sia-sia. Biasanya, kalau seseorang sudah cocok dengan suatu produk, mereka tidak akan mudah berpaling dengan brand lainnya. Selain itu, brand juga sering dianggap sebagai identitas dari produk itu sendiri.

Akan tetapi, tidak hanya terpaku pada brand, kualitas produk serta pelayanan yang memuaskan juga perlu diperhatikan. Semakin banyak konsumen yang merasa puas dengan kualitas produk, maka semakin tinggi pula nilau jual dari produk itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun brand image produk:

  1. Buat Desain Logo Yang Sesuai Dengan Bisnismu
Buat Desain Logo Sesuai Bisnis via www.geekance.com

Buatlah logo yang sesuai dengan produk dan brand produk. Logo ini bisa membantu brand yang diciptakan agar terkesan lebih mewah dan istimewa. Melalui logo, kita bisa membentuk komunikasi melalui tanda yang mudah dimengerti dan diingat oleh setiap orang. Nah ini juga yang akan jadi identitas dari bisnis Anda.

  1. Target Pasar Yang Tepat
Target Pasar Yang Tepat via www.kabarbisnis.com

Target market merupakan sasaran utama dari bisnis kita. Jika memilih target market menengah ke atas, maka image yang harus dibentuk adalah sebuah brand yang mewah. Banyak pelaku usaha yang bingung menentukan target usaha. Seringkali mereka terjebak, ingin memuaskan customer yang mewah, sekaligus ingin melayai customer yang ekonomis dengan harga menengah. Kalau kasusnya seperti itu, tidak akan bisa, karena kedua pasar ini sulit untuk digabungkan.

  1. Gunakan Partnership Untuk Membangun Brand Awareness
Partnership Untuk Membangun Brand Awareness via smokefreepartnership.eu

Bekerjasama dengan partner influencer dapat meningkatkan brand awareness. Partner yang memiliki jaringan yang kuat biasanya memiliki banyak pelanggan yang loyal. Dengan menjalin hubungan baik dengan partner, Anda dapat bertukar pelanggan sehingga dapat menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak.

  1. Be consistent!

Anda harus konsisten dalam menggunakan setiap perlengkapan desain untuk bisnis Anda. Selama Anda konsisten dalam menggunakan logo atau desain, itu akan menambah brand awareness terhadap produk Anda. Jika ada perubahan pada desain logo/brand Anda, maka bisa mempengaruhi brand Anda sendiri di mata publik.

Itulah beberapa strategi untuk membangun brand image produk Anda. Jangan lupa untuk terus mengevaluasi ulang hasil promosi dan branding yang sudah dilakukan secara berkala. Lakukanlah promosi yang kreatif, juga bisa Anda lakukan melalui email marketing. Anda bisa mencoba free email marketing Docoblast agar promosi Anda berjalan dengan sempurna. Perhatikan cara yang kita lakukan, apakah sudah sesuai target market atau belum, agar brand yang kita bangun dapat terus bergerak dan semakin dikenal banyak orang.

 

Leave a Reply