13
April2017
Sumber: Freepik.com/

Hal yang paling pelanggan perhatikan ketika sedang berbelanja produk atau memakai jasa yang anda tawarkan bukanlah sekedar kualitas dari produk atau jasa itu saja. Namun juga tentang seberapa menyenangkannya pengalaman yang mereka dapatkan dari anda. Customer Experience (Pengalaman Pelanggan) adalah suatu hal penting yang harus anda perhatikan selaku pelaku usaha. Studi yang dilakukan oleh Oracle menunjukan bahwa 74% pelanggan akan setia kepada anda jika anda memiliki Customer Experience yang menyenangkan. Customer Experience dilakukan melalui interaksi antara pelaku usaha dengan pelanggannya. Lalu, bagaimana cara untuk membangun Customer Experience? Docoblast menyediakan cara-cara membangun Customer Experience dibawah ini:

  1. Memberikan perhatian

Sebagai pelaku bisnis, hal yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana anda dapat selalu memberikan perhatian kepada pelanggan anda. Observasi dan mencari informasi secara detil tentang apa yang pelanggan butuhkan itu adalah sebuah kewajiban para pelaku bisnis. Misalnya, ketika anda memiliki sebuah butik, anda harus mencari informasi tentang apa jenis pakaian yang pelanggan anda cari, untuk acara apa pakaian itu dipakai. Berikan pilihan pakaian yang menurut anda cocok dengan situasi tersebut, saran anda juga dapat menunjukan bagaimana sikap perhatian anda kepada pelanggan. Semakin baik pelayanan dan interaksi anda dengan pelanggan, juga akan meningkatkan customer experience yang mereka rasakan.

  1. Selalu mendengarkan

Pelayanan terbaik bukan selalu mengenai betapa cepat dan tepat anda melayani pelanggan, namun juga tentang bagaimana anda dapat selalu mendengarkan para pelanggan. Pelanggan akan berbicara mengenai kualitas, pelayanan, dan apa yang mereka rasakan tentang brand anda, tentunya bukan hanya hal baik yang akan anda dengar. Saat pelanggan mengatakan hal yang mereka tidak sukai tentang keseluruhan brand anda, selalu dengarkan semua yang mereka katakan. Dengan anda mendengarkan semua keluhan, pelanggan akan merasa dilebih dihormati. Selain itu, anda akan menemukan hal-hal yang menjadi kekurangan anda, tetunya itu dapat membantu anda untuk berkembang.

  1. Berusaha memenuhi keinginan pelanggan

Sebagai pelaku bisnis, anda harus selalu mencoba untuk memenuhi apapun permintaan pelanggan dengan pelayanan yang cepat dan tepat. Terkadang permintaan pelanggan memang sulit dipahami, namun coba untuk mengerti sampai celah-celahnya. Serta saat mereka bertanya kepada anda, usahakan untuk selalu menjawab dengan cepat, dengan begitu pelanggan akan merasa lebih percaya kepada anda. Terakhir, berpeganglah pada prinsip “pelanggan selalu benar, bahkan ketika mereka salah” jika anda ingin pelanggan setia kepada anda.

Itulah tadi 3 cara untuk membangun Customer Experience pada bisnis anda, selalu tingkatkan pelayanan dan Customer Experience pada bisnis anda untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan betah bersama anda. Docoblast menyediakan free email marketing sebagai alat untuk membantu anda berinteraksi dengan para pelanggan.

Leave a Reply