19
December2016
pemasaran hubungan
pemasaran hubungan

Bagi Anda seorang pebisnis, pernahkah Anda berpikir apa yang sebenarnya membuat pelanggan Anda menjadi loyal terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Salah satu kunci membuat pelanggan loyal adalah dengan menjalankan strategi pemasaran hubungan. Strategi pemasaran hubungan merupakan salah satu strategi pemasaran yang lebih mengedepankan hubungan antara pebisnis dengan pelanggan. Strategi ini bisa dilakukan dengan menggunakan email marketing, seperti free email marketing DocoBlast, karena salah satu fungsi email marketing yang paling dapat dirasakan adalah dapat menjaga hubungan antara pebisnis dengan pelanggan agar tetap harmonis dengan campaign yang dilakukan oleh perusahaan melalui email secara personal.

Untuk menjalankan pemasaran  hubungan, ada hal yang perlu pebisnis ingat, pelanggan lebih menyukai suatu hubungan dengan perusahaan yang mampu memberikan layanan berkualitas, kepuasaan, dan keuntungan yang didapatkan dibandingkan pengorbanan yang dilakukan. Jika hal tersebut mampu dilakukan oleh pebisnis secara konsisten, maka pebisnis sudah mendorong pelanggan untuk mempertahankan hubungan dengan pebisnis. Artinya adalah, pemasaran hubungan Anda berjalan dengan baik.

Untuk melengkapi pemasaran hubungan Anda agar lebih sempurna, ada 3 hal tambahan yang perlu dilakukan selain dari memberikan layanan berkualitas, kepuasaan, dan keuntungan. 3 hal tersebut, yaitu

  1. Berikan kepercayaan terhadap pelanggan

Memberikan rasa percaya terhadap pelanggan dimulai dari menepati janji-janji yang Anda berikan kepada pelanggan. Mengapa? karena dalam berpromosi, tentunya Anda pernah menawarkan janji kepada pelanggan. Sebagai contoh, Anda yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan, tentu janji utama Anda adalah kenyamanan terhadap pelanggan Anda. Ketika Anda menjanjikan kenyamanan terhadapa pelanggan, ya buktikan janji tersebut. Sebab dengan Anda membuktinnya, rasa percaya terhadap Anda akan muncul. Pelanggan Anda tidak perlu lagi ragu ataupun khawatir terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ingatlah, komitmen Anda terhadap janji-janji yang pernah Anda sebutkan adalah hal yang paling kuat untuk konsumen Anda menjadi loyal.

  1. Wujudkan interaksi yang baik dengan pelanggan

Pemasaran hubungan tanpa interaksi sama saja melakukan hal yang sia-sia, karena kunci utama kesuksesan hubungan adalah dari pola interaksi pebisnis untuk membangun komunikasi bisnis yang baik. Dari komunikasi yang dibangun akan membentuk perhatian, sehingga pelanggan merasa bahwa pebisnis tidak mengacuhkan atau mengabaikan pelanggan. Interaksi ini bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya dengan menggunakan email marketing sebagai media interaksi. Melalui email marketing yang disediakan oleh layanan jasa free email marketing DocoBlast, pebisnis dapat membuat interaksi melalui newsletter yang rutin dikirimkan kepada pelanggan. Perlu diketahui, semakin dekat hubungan konsumen dengan pebisnis, maka semakin loyal pula konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Perlakukan pelanggan secara istimewah

Pembeli adalah raja, mungkin istilah tersebut kerap terdengar ditelinga Anda, namun ternyata istilah tersebut memang benar adanya. Anda harus bersikap baik terhadap konsumen, mau melayani konsumen bagaikan seperti “raja” jika tak ingin pelanggan Anda lari dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Istilah “pembeli adalah raja” merupakan representasi dari mengistimewahkan pelanggan. Lalu, bagaimana cara mengistimewahkan pelanggan? Menjawab pertanyaan tersebut lebih tepat sebenarnya dikembalikan lagi kepada setiap pebisnis, karena setiap pebisnis memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Namun, sebagai contoh saja memberikan istimewah kepada pelanggan bisa saja dengan memberikan harga khusus atau pelayanan ekstra kepada pelanggan.

Inti dari pemasaran hubungan adalah hubungan, interaksi, dan komunikasi pebisnis kepada pelanggan agar pelanggan menjadi loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Semoga dengan artikel kali ini, pebisnis dapat menjalankan strategi relationship marketing dengan sempurna demi mendapatkan loyalitas pelanggan.

Leave a Reply