13
December2016
online marketing
online marketing

Artikel sebelumnya kita pernah membahas mengenai keuntungan memasarkan produk secara online. Melanjuti artikel tersebut, saat ini akan coba membicarakan lagi mengenai pemasaran online, namun kita akan berbicara mengenai sarana atau media yang digunakan dalam online marketing Beragam memang, tetapi yang saat ini tengah marak adalah penggunaan media sosial dan email untuk kepentingan online marketing. Untuk membahas hal tersebut,  kita akan menggunakan istilah social media marketing dan email marketing.

Social Media Marketing dan Email Marketing

Coba ingat pernahkan Anda mendapatkan penawaran produk atau jasa tertentu di akun media sosial pribadi Anda, sebut saja seperti Instagram. Di Instagram sendiri sering sekali kita jumpai beberapa akun mencoba untuk menawarkan produk atau jasanya di posting-an pribadi kita.

Nah itulah social media marketing. Social media marketing merupakan usaha bagian pemasaran perusahaan dengan membuat tulisan, gambar, video, grafik, atau posting di akun media sosial perusahaan guna mempromosikan produk atau jasa. Diharapkan, konten tersebut mampu menarik perhatian, disukai, dan disebarkan seluas-luasnya sehingga menghasilkan “electronic Word of Mouth” (eWoM) atau dibicarakan oleh para pengguna media sosial. Tujuan akhirnya adalah citra positif dan reputasi di kalangan konsumen atau klien. Selain melalui instagram, social media marketing bisa melalui media sosial tren lainnya, seperti twitter, facebook, youtube, bahkan blog.

Sebelum lanjut kepada email marketing, apakah Anda pernah membeli tiket pesawat disebuah website agen travel. Lalu, Anda akan diarahkan untuk memasukkan alamat email pribadi Anda. Setelah tranksaksi dilakukan, hari-hari berikutnya Anda akan menerima penawaran lain dari agen travel tersebut melalui email. Nah penawaran atau pemasaran melalui email itulah dinamakan email marketing.

Email marketing bagian media lainnya yang sering dimanfaatkan untuk online marketing merupakan cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang. Banyak sekali yang menawarkan jasa email marketing agar email marketing dapat berjalan sesuai dengan kehendak marketer. Namun perlu diingat, pilihlah jasa email marketing yang memang telah berkompeten dalam bidangnya, salah satunya, yaitu seperti free email marketing DocoBlast yang sudah bertahun-tahun memberikan layanan jasa email marketing.

Dari penjelasan di atas, semua akan dikembalikan kepada marketer, marketer lebih memilih media yang mana, apakah dengan menggunakan social media marketing atau justru memilih email marketing. Semua tentu akan menjadi pertimbangan bagi setiap marketer untuk kesuksesan online marketing.

Leave a Reply