5
December2016
pemasaran online
pemasaran online

Memasarkan produk secara online di era internet saat ini memang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Hal Ini dapat dibuktikan dengan menjamurnya berbagai bisnis online, artinya banyak marketer yang mencoba peruntungan melalui internet. Bersamaan dengan maraknya bisnis online saat ini, maka muncul juga istilah pemasaran online atau online marketing. Online marketing adalah sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Online marketing juga merupakan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran, teknologi-teknologi itu seperti media internet yang dimanfaatkan untuk internet marketing.

Pemasaran online membuat gaya pemasaran yang dilakukan oleh marketer menjadi lebih interaktif dan menjadikan komunikasi antara pebisnis dengan konsumen lebih intens. Selain itu, melalui penerapan online marketing, ruang dan waktu antara marketer dengan konsumen tidak saling terbatasi satu sama lain. Marketer dapat menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen, sedangkan konsumen juga dapat langsung merespon penawaran yang dilakukan oleh marketer.

Keuntungan yang didapatkan oleh marketer juga menjadikan pemasaran online atau online marketing diminati. Keuntungan yang bisa didapatkan, diantaranya:

  1. Pemasaran online dapat dilakukan oleh marketer atau perusahaan dalam skala besar ataupun kecil. Hal ini dikarenakan biaya pemasaran melalui online tidak semahal dengan biaya pemasaran konvensional (media cetak,televisi, radio, brosur dsb.). Pemasaran online yang dapat dilakukan dengan biaya minim, namun hasilnya memuaskan, misalkan dengan melalui free email marketing DocoBlast.
  2. Ruang beriklan di media online dapat dimaksimalkan jika dibandingkan dengan ruang iklan di media cetak, seperti surat kabar atau majalah dan televisi. Karena biasanya, beriklan di media cetak atau media penyiaran seperti televisi selalu dibatasi oleh slot atau durasi.
  3. Akses pencarian informasi lebih cepat melalui media online, karena segalanya informasi sudah disajikan dalam tampilan website
  4. Website perusahaan dapat diakses oleh siapa, dimana dan kapan saja. Jadi, konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan hanya melalui website
  5. Bagi konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, konsumen dapat langsung membeli atau memesan tanpa harus menunggu memakan waktu yang lama.

Itulah beberapa pemahaman mengenai online marketing beserta keuntungan yang akan didapatkan oleh marketer yang menggunakannnya. Untuk itu, ada baiknya memang para marketer segera menggunakan pemasaran online untuk kesuksesan bisnis di era saat ini.

 

Leave a Reply