1
December2016
pesan email marketing
pesan email marketing

Pesan email marketing yang Anda kirimkan tentu memiliki tujuan. Salah satu tujuannya adalah agar konsumen atau pelanggan Anda tertarik dengan isi pesan email marketing Anda. Perlu diketahui, alur ketika konsumen melihat isi pesan email marketing Anda, baik sengaja atau tidak, yaitu dimulai dari proses perhatian (attention) dan pemahaman (comprehension). Perhatian (attention) mengindikasi proses memilih (selectivity). Memberi perhatian terhadap informasi atau pesan tertentu berarti memilih informasi tersebut dari jumlah informasi yang ada dan mengabaikan informasi yang lain. Perhatian juga mengindikasikan kesadaran (awareness) dan keingintahuan (consciousness). Konsumen memberi perhatian karena memiliki rasa ingin tahu terhadap informasi tersebut, selain itu, perhatian juga mengindikasikan gairah (arousal). Ketika gairah rendah, maka perhatian akan berkurang.

Itulah alur bagaimana saat konsumen memilih pesan email marketing yang Anda kirimkan. Dari alur tersebut kita dapat melihat bahwa yang proses pertama kali adalah dimulai dari perhatian (attention) Berhubungan dengan hal tersebut, kali ini kita akan coba memberikan informasi bagi pembaca mengenai 3 hal yang dapat mempengaruhi perhatian konsumen agar pesan email marketing Anda dapat tersampaikan dengan baik. Inilah ketiga hal tersebut.

  1. Kondisi afektif konsumen

Kondisi afektif konsumen ini berhubungan dengan mood, emosi, perasaan konsumen. Mood berhubungan dengan saat konsumen bosan atau santai sedang santai, emosi berhubungan dengan senang atau marah, perasaan berhubungan dengan rasa puasa atau tidak. Sebagai pebisnis, Anda harus mulai bisa membaca konsumen Anda, saat-saat yang tepat untuk mengirimkan pesan email marketing, seperti waktu yang tepat bahkan hari yang tepat untuk mengirimkan email marketing. Sebab, konsumen yang dalam keadaan tidak baik (bad mood) maka akan melihat aspek yang ada dilingkunganya secara negatif dan begitu pula sebaliknya.

  1. Tingkatkan keterlibatan konsumen

Mulailah untuk melibatkan konsumen Anda di email marketing yang Anda kirimkan dengan menyebutkan nama konsumen dalam judul email marketing. Setelah itu, barulah ikatkan keterlibatan konsumen dengan apa yang dibutuhkan, apa yang diharapkan, dan apa yang disukai dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.Untuk dapat mencapai hal tersebut, memang sangat diperlukan kesediaan Anda memahami konsumen Anda. Misalkan saja dengan melakukan survei terhadap konsumen Anda, bisa saja hasil surveinya dari 100 konsumen Anda hampir 70% menginginkan pesan email marketing yang berbau promosi atau diskon dari produk Anda. Itulah yang harus Anda lakukan untuk dapat melibatkan konsumen Anda dalam email marketing.

  1. Eye Catching

Menarik perhatian konsumen bisa dengan yang “menarik mata’’. Kelebihan promosi melalui email marketing adalah kita dapat berkreasi dalam promosi melalui audio dan visual. Maka dari itu, kita manfaatkan hal tersebut menarik mata konsumen agar lebih mudah ditangkap, misalkan saja dengan Anda bermain gambar, video, animasi, dan lain sebagainya yang sekiranya dapat memikat perhatian konsumen Anda. Gunakan warna, gaya tulisan, gaya bahasa yang memang tepat untuk menjadi bahan perhatian.

Ketiga hal yang dapat mempengaruhi konsumen Anda seperti hal di atas semoga dapat membantu Anda agar pesan email marketing Anda dapat tersampaikan dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan jasa email marketing, free email marketing DocoBlast untuk mendapatkan email marketing yang terbaik untuk Anda.

Leave a Reply