26
October2016
kesalahan email marketing
kesalahan email marketing

Menggunakan email marketing sebagai media promosi tentu sangatlah menarik. Akan tetapi, bila email marketing yang Anda lakukan tidak benar dilakukan dan malah membuat kesalahan email marketing, justru itulah yang berbahaya karena bisa saja dengan Anda melakukan kesalahan dalam email marketing membuat konsumen Anda enggan untuk menerima kembali email marketing yang Anda lakukan dan itu malah merugikan Anda sebagai marketer karena sudah kehilangan subscriber terbaik untuk bisnis yang Anda lakukan. Maka dari itu simaklah beberapa kesalahan  email marketing yang kerap dilakukan, mungkin beberapa hal di bawah ini belum Anda ketahui sebelumnya.

  1. Pre-Header Text

Tanpa Anda sadari ternyata menyisipkan beberapa pre-header text di email marketing agar menuju ke halaman website bisnis Anda sangatlah mengganggu beberapa konsumen Anda. Terlebih lagi bila membuat HTML yang justru membingungkan konsumen. Coba periksa kembali dengan email marketing yang Anda lakukan, apakah pre-header text terlalu banyak atau HTML yang Anda buat tidak benar dan membingungkan konsumen. Jika ternyata Anda sebagai marketer justru kebingungan untuk mengubahnya, mungkin ada baiknya berpikir untuk menggunakan jasa email marketing seperti free email marketing DocoBlast untuk mengatur pre-header text dan HTML email marketing dengan baik dan benar.

  1. Subjek Email

Sepintas memang terlihat sangat sepele bila subjek email dikaitkan sebagai kesalahan dalam email marketing. Tetapi, apakah Anda tahu bila pemilihan kata pada subjek email tidak tepat, itu dapat membuat email marketing Anda masuk dalam kategori SPAM pada email konsumen Anda. Artinya, bila masuk pada folder SPAM kemungkinan sangat kecil untuk email marketing Anda dibaca dan diketahui oleh konsumen. Sebagai solusi dari itu semua, belajarlah dari kesalahan Anda saat Anda mengirimkan email marketing sebelumnya. Cek kembali kata seperti apa yang menjadikan email marketing Anda masuk ke dalam folder SPAM. Bisa saja, Anda menggunakan kata SALE yang justru itu malah membuat email marketing Anda dikategorikan SPAM. Bila sudah demikian, carilah kata yang berbeda namun memiliki makna yang sama dengan SALE, itu bisa menjadi solusi untuk Anda.

  1. Blasting

Mengirimkan email secara massal itu memang keuntungan dari menggunakan email marketing, tetapi email blast yang Anda lakukan bisa sangat berbahaya jika tidak terkontrol. Bayangkan saja, bila konsumen menerima email blast lebih dari 3 kali dalam sehari, bagaimana reaksi konsumen Anda? kesal, risih atau terganggu? Sepertinya ketiga kata tersebut terangkum dalam satu situasi yang membuat konsumen kecewa dan ingin berhenti untuk berlangganan dengan email marketing Anda. Cobalah kontrol dan atur traffic email marketing Anda agar tidak membuat konsumen Anda kecewa. Bisa saja dengan menggunakan jasa email marketing seperti free email marketing DocoBlast untuk mengatur dan mengontrol traffic email marketing Anda.

Jadi, apakah Anda sudah mengetahui atau belum ketiga hal yang membuat kesalahan email marketing di atas? Ketiga hal tersebut sangatlah penting untuk kelangsungan program email marketing Anda, agar konsumen Anda tidak merasa kecewa dan memilih unsubscribe email marketing yang Anda lakukan.

Leave a Reply