24
October2016
mengembangkan bisnis kecil
mengembangkan bisnis kecil

Mengembangkan bisnis kecil tentu sangat membutuhkan strategi ampuh untuk dapat bertahan. Berbagai cara dan strategi dapat ditempuh, namun pilihlah cara dan strategi yang benar-benar bisa mengembangkan bisnis kecil Anda agar sesuai dengan keinginan Anda sebagai pengusaha.

Salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah melalui pemasaran email atau email marketing, karena email marketing sangat cocok untuk membangun hubungan yang baik antar bisnis dan pelanggan. Email marketing dapat menjadi alat yang ampuh dan berhasil jika diterapkan dengan benar. Untuk itu ada 4 tips yang dapat digunakan dalam email marketing terkait mengembangkan bisnis kecil, diantaranya:

  1. Siapkan konsep baru

Mengirimkan konten yang menarik untuk pelanggan dalam email marketing merupakan salah satu senjata untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Tetapi apa akibatnya jika konten yang diberikan hanya itu-itu saja? Ya, tentu sangat membosankan. Cobalah berpikir untuk menemukan konsep baru yang masih berhubungan dengan konten email marketing Anda. Jangan mengulang-ulang hal yang sudah Anda kirimkan sebelumnya. Anda bisa bermain dengan tema, gambar, dan kata-kata yang berbeda disetiap pemasaran email yang Anda lakukan. Sebagai gambaran, bisa juga Anda sedikit ‘mengikuti’ dari email marketing perusahaan lain.

  1. Menyapa Pelanggan

Apakah Anda masih berpikir bahwa menyapa pelanggan merupakan hal yang sia-sia? Sebaiknya tinggalkan pemikiran seperti itu, karena ternyata saat Anda memberanikan diri untuk menyapa pelanggan Anda secara pribadi dalam email marketing yang Anda kirimkan ternyata pelanggan Anda akan merasa senang sebab mereka berpikir bahwa Anda sebagai pebisnis memperhatikan dan mempedulikan pelanggan. Untuk itu jangan ragu menyapa pelanggan Anda dengan baik seperti saat memulai hari, menyambut ulang tahun, menyambut hari raya dan sebagainya dengan menggunakan free email marketing DocoBlast, karena DocoBlast dapat membantu Anda untuk menyapa pelanggan setia bisnis Anda.

  1. Tentukan Target

Email marketing adalah cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda jika Anda benar-benar menangkap perhatian pelanggan Anda. Untuk mendapatkan informasi atau data mengenai siapa-siapa saja yang memberikan perhatiannya terhadap email marketing Anda, ada baiknya mencari statistik kampanye email Anda dengan menggunakan jasa email marketing seperti free email marketing DocoBlast. Jika hal tersebut sudah dilakukan, Anda akan mendapatkan mana saja pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan setia bisnis Anda dan mulai dari situlah Anda menentukan target konsumen Anda.

  1. Ikuti Perkembangan

Mengikuti perkembangan pelanggan merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar pelanggan Anda tetap bersama email marketing Anda. Anda bisa melakukan survei terkait perkembangan pelanggan Anda, kebiasaan-kebiasaan pelanggan, konten yang menarik pelanggan, bahkan sampai pada media akses pelanggan. Bisa saja misalkan hampir 80% pelanggan mengakses email marketing Anda melalui perangkat mobile dibandingkan perangkat desktop, maka segeralah untuk mengambil langkah seperti menyiapkan konten yang lebih mobile friendly agar tidak ketinggalan dengan perkembangan pelanggan Anda

4 tips untuk mengembangkan bisnis kecil Anda dapat Anda lakukan segera dengan menggunakan email marketing. Tetapi harus diingat, untuk mendukung langkah Anda, jangan salah pilih jasa email marketing. Carilah jasa email marketing yang mampu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis kecil Anda. Pilihlah free email marketing DocoBlast yang sudah terbiasa untuk mendukung mengembangkan bisnis.

Leave a Reply