12
October2016
iklan internet
iklan internet

Artikel-artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai internet marketing (baca: Mau Tahu Apa Itu Internet Marketing? Berikut Penjelasannya). Saat ini kita akan mencoba untuk membahas hal yang masih berkaitan dengan internet, yaitu mengenai iklan internet atau internet advertising. Kira-kira apakah Anda sudah pernah membaca atau mengetahui hal tersebut sebelumnya? Bagi Anda yang sudah pernah membaca, artikel ini akan menambah informasi yang telah Anda dapat. Untuk Anda yang belum pernah membaca atau mengetahui internet advertising, jelas ini akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang belum Anda ketahui sebelumnnya.

Apa Itu Iklan Internet?

Di beberapa tahun terakhir, semenjak kehadiran dan perkembangan internet yang pesat, kegiatan promosi pemasar melalui media iklan tradisional seperti radio, televisi, atau majalah mulai tergeserkan. Saat ini, pemasar banyak yang bermain dalam iklan internet atau internet advertising, karena iklan internet mampu menyajikan inovasi-inovasi dalam media komunikasi pemasaran online yang lebih interaktif dan tentunya hal ini menjadi pilihan pemasar ketika melakukan promosi.

Internet advertising dapat dikirimkan melalui banyak saluran (misalnya pesan e-mail, permainan interaktif, dan lain-lain) dalam berbagai bentuk (misalnya video klip, tulisan atau audio). Internet advertising tidak hanya sebagai media komunikasi dua arah, tetapi juga digunakan untuk pengumpulan, penyimpanan informasi, penerimaan pesanan sampai pembayaran dari konsumen. Fungsi beragam tersebut yang membuat iklan internet sebagai alat untuk menyampaikan tidak hanya pesan pemasar tetapi juga forum bagi konsumen untuk meningkatkan alternatif dalam pembuatan keputusan.

Bila dibandingkan dengan iklan melalui media tradisional, internet advertising tentunya lebih unggul dengan beberapa alasan seperti berikut ini.

  1. Melalui media internet, seperti email marketing melalui free email marketing DocoBlast, pemasar mampu menciptakan interaksi antara pemasar dan konsumen dan juga antara konsumen dengan konsumen.
  2. Media internet memiliki kemampuan untuk membawa peluang bagi pemasar untuk mengembangkan dan memungkinkan konsumen untuk memproses lebih lanjut suatu informasi yang diberikan. Ditambah lagi dengan berkembangnya media sosial, konsumen mampu untuk menyebarkan informasi penting dengan mudah dan ini menjadi keunggulan internet advertising dibandingkan media tradisional.
  3. Media internet memiliki kemampuan untuk berkomunikasi ke individu tertentu secara personal. Kemampuan ini penting dalam mempertahankan customer-based relationship yang baik untuk pemasar online karena dengan perhatian personal mampu menangkap keinginan konsumen secara cepat. Pemasar bisa mempergunakan internet untuk memfasilitasi umpan balik dari konsumen terhadap promosi yang pemasar lakukan.
  4. Iklan melalui internet, seperti melalui email marketing free email marketing DocoBlast mampu melakukan pemasaran yang lebih kreatif dengan menampilkan bahkan menggabungkan bentuk audio, gambar, teks, animasi dan lain-lain sehingga lebih eye cathcing.
  5. Penggunaan internet sebagai media iklan tidak dibatasi oleh lokasi, sehingga pemasar memiliki keunggulan akses pemasaran yang lebih luas bahkan bila memungkinkan dapat ke seluruh dunia, dan ini merupakan kendala bagi media tradisional.
  6. Dengan penggunaan internet advertising, pemasar mampu untuk memilih segmen konsumen tertentu dan sesuai dengan target market dari produk yang dipasarkan.

Jenis Iklan Internet

Internet advertising memiliki jenis yang beragam, dan jenis ini akan menjadi pilihan bagi pemasar untuk menggunakan jenis seperti apa yang cocok saat mengiklankan produk kepada konsumen. Jenis internet advertising diantaranya adalah:

  1. Display advertising yaitu jenis iklan yang terdiri dari lebih banyak grafik dibandingkan teks. Jenis iklan ini sering disebut pop-up. Iklan ini banyak bertujuan untuk brand awareness.
  2. Rich media merupakan jenis advertising yang memiliki beragam jenis dalam berbagai format pilihan, antara lain: banner, interstitial advertising (web blog), floating advertising, wallpapper advertising, trick banner, dan video advertising.
  3. Translation adalah jenis iklan dimana muncul ketika konten lain sedang loading (antar page), sedangkan superstisial adalah semacam mini video advertising yang muncul ketika pergerakan mouse pengunjung dari satu bagian situs ke bagian yang lain.
  4. E-mail advertising adalah merupakan bentuk advertising dalam format teks, seperti free email marketing
  5. Sponsorship (advertorial) adalah perpaduan antara artikel editorial dengan iklan.
  6. Mobile advertising adalah media iklan dengan media telepon selular.

Dari artikel ini kita dapat menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi seperti internet ternyata bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif seperti dalam hal iklan atau pemasaran produk. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengiklankan atau memasarkan produk melalui internet, jangan ragu-ragu lagi. Sebab internet advertising lebih dapat diandalkan untuk memasarkan produk dibandingkan dengan media tradisional seperti majalah, radio, dan televisi.

Leave a Reply