4
October2016
experiental marketing
experiental marketing

Apakah Anda pernah mendengar experiental marketing sebelumnya? Ternyata, experiental marketing ini dapat Anda gunakan sebagai konten strategi email marketing kepada konsumen Anda. DocoBlast akan membantu Anda untuk menjelaskan hal tersebut. Namun, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu experiental marketing.

Experiental marketing merupakan pendekatan pemasaran yang melibatkan emosi dan perasaan konsumen, sehingga mampu membangkitkan sensasi dan pengalaman yang membuat pelanggan Anda menjadi loyal terhadap produk yang Anda tawarkan. Anda harus dapat menyentuh dan membangkitkan emosi serta perasaan konsumen agar dapat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan melalui email marketing.

Ada beberapa cara untuk dapat menerapkan experiental marketing di dalam email marketing yang Anda lakukan, misalkan sebagai berikut.

  1. Gunakan pengalaman. Banyak orang mengatakan pengalaman merupakan guru yang paling berharga. Ya, sepertinya hal tersebut benar adanya. Ole karena itu Anda dapat memanfaatkan pengalaman sebagai konten email marketing. Pengalaman ini dapat berupa pengalaman yang bahagia maupun pengalaman sedih karena tujuannya adalah untuk membangkitkan emosi dan perasaan konsumen Anda. Sebagai contoh, perusahaan Anda bergerak dalam bidang jasa asuransi kesehatan, Anda dapat menceritakan kisah-kisah terbaik costumer Anda saat menggunakan asuransi kesehatan dalam email marketing Anda. Bisa jadi setelah membaca kisah pengalaman costumer Anda, konsumen Anda yang lainnya menjadi tersentuh dan ingin menggunakan jasa asuransi perusahaan Anda.
  2. Gunakan informasi dan pengetahuan. Menyampaikan informasi dan pengetahuan yang belum banyak orang mengetahui juga akan membangkitkan emosi dan pengalaman tersendiri bagi konsumen Anda. Misalkan saja, bila Anda seorang pengusaha herbal yang menggunakan email marketing untuk memasarkan produk Anda, Anda bisa saling berbagi informasi dan pengetahuan terkait manfaat tumbuh-tumbuhan di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai penyembuhan penyakit secara alami tanpa kimiawi. Bila informasi dan pengetahuan ini baru diketahui oleh konsumen Anda, tak menutup kemungkinan konsumen Anda menjadi tertarik dengan herbal yang Anda tawarkan melalui email marketing.
  3. Jadikan problem solving sebagai senjata. Problem solving adalah pemecahan masalah dengan menghadirkan solusi yang tepat sebagai jawabannya.Inilah “senjata” yang dapat digunakan untuk membangkitkan emosi dari konsumen Anda. Buatlah sebuah solusi dari masalah konsumen Anda sebagai konten email marketing, yang jelas solusi yang Anda tawarkan juga disesuaikan dengan produk atau jasa Anda. Sebagai contoh, perusahaan Anda bergerak dalam jasa pengiriman barang khusus online shop, banyak konsumen Anda (online shop) yang mengeluhkan berbagai masalah terkait pengiriman barang, maka dari itu ambil kesempatan tersebut, jadikan permasalahan yang dialami konsumen Anda sebagai konten email marketing Anda dan sertakan pula solusi yang perusahaan Anda berikan. Tentu hal ini bisa membuat konsumen Anda menjadi tertarik, senang, dan dipedulikan, bukan tidak mungkin konsumen Anda semakin loyal memakai jasa Anda.
  4. Gunakan “orang penting” sebagai pemikat. Sepertinya cara ini sudah umum sekali digunakan dalam dunia periklanan, tetapi ternyata hal ini masih menjadi pemikat untuk menarik perhatian konsumen agar menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Melalui “orang penting” biasanya itu sosok selebritis ataupun seseorang yang sedang jadi perbincangan di media massa maupun media sosial, Anda dapat membangkitkan perasaan konsumen Anda, karena biasanya orang akan tertarik jika ada sosok yang disukai atau diminati. Sebagai contoh, perusahaan Anda merupakan perusahaan smartphone, maka Anda bisa menggunakan blogger ataupun video blogger untuk mengulas produk Anda, lalu hasil ulasannya Anda sebarkan kepada konsumen Anda menggunakan email marketing, orang akan tertarik terlebih lagi sosok yang ditampilkan merupakan sosok idola dari konsumen Anda.

Cara-cara yang sudah dijelaskan dapat Anda lakukan sebagai penerapan konsep experiental marketing di dalam email marketing. Jangan lupa untuk selalu gunakan email marketing yang terpercaya seperti free email marketing DocoBlast agar konsep experiental marketing Anda dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply