22
September2016
analisis swot
analisis swot

Anda seorang pebisnis yang menggunakan email marketing dan ingin mengetahui apakah email marketing Anda sudah berhasil atau belum, ada baiknya Anda menyimak artikel pada kali ini. Dalam kesempatan kali ini, blog.docoblast.com ingin berbagi kepada Anda mengenai bagaimana Anda mengetahui apakah program tersebut sudah berjalan dengan baik atau belum dengan menggunakan analisis SWOT. Mengenai analisis SWOT, blog.docoblast.com akan membagi kedalam artikel yang berbeda, untuk artikel pada kali ini kita akan mengenalkan dahulu kepada Anda sebenarnya apa itu analisis SWOT, dan untuk artikel selanjutnya barulah kita akan membahas penerapan analisis SWOT. Jadi, simak dahulu penjelasan apa itu analisis SWOT di bawah ini sebab dengan mengetahui apa itu analisis SWOT Anda dapat lebih memahami untuk penerapannya nanti.

Analisis SWOT

Sudah pernahkah Anda mendengar analisis SWOT? Lalu, apa itu analisis SWOT? Analisis SWOT sebenarnya digunakan untuk mengevaluasi bisnis Anda baik secara internal ataupun eksternal dengan melihat strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman). Analisis SWOT ini juga dapat Anda gunakan sebagai analisis dari strategi pemasaran Anda, termasuk strategi melalui email marketing. Apa saja yang harus diperhatikan untuk mengetahui analisis tersebut, inilah penjelasannya.

  1. Strength (Kekuatan)

Strength atau kekuatan adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari perusahaan, bisnis atau strategi pemasaran yang sedang dilakukan. Misalkan, Anda harus bisa mengukur sejauh mana keefektifan email marketing yang Anda lakukan, apakah sudah relevan dengan bisnis Anda. Anda bisa melakukan survei sederhana untuk mengukur keuntungan email marketing Anda. Lihatlah kekuatan yang didapatkan dari strategi pemasaran yang Anda lakukan, sebab kekuatan yang didapatkan bisa menjadi faktor yang mendukung perusahaan dalam mencapai tujuannya.

  1. Weakness (Kelemahan)

Weakness atau kelemahan adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari perusahaan, bisnis atau strategi pemasaran yang sedang dilakukan. Misalkan, Anda lihat dari sekian banyak email marketing yang telah Anda lakukan, apakah sejauh ini sudah berjalan dengan baik atau justru mengalami kendala. Ketika mengalami kendala, lihat kembali apa faktor pemicu kendala tersebut, biasanya faktor pemicu terjadi pada internal perusahaan Anda. Bisa saja Anda salah memilih jasa email marketing atau hal lain yang lebih teknis. Hal ini harus segera Anda analisis sebab jika tidak kelemahan yang ada bisa menjadi faktor penghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya.

  1. Opportunity (Kesempatan)

Opportunity atau kesempatan adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan memberikan kesempatan bagi perusahaan atau bisnis. Opportunity biasanya tercipta dari faktor eksternal yang mendukung perusahaaan dalam mencapai tujuan. Misalkan, dengan memilih jasa email marketing yang tepat yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, menciptakan konten yang baik, dan melakukan desain email marketing yang menarik perhatian konsumen. Bila hal tersebut sudah dilakukan maka faktor eksternal tersebut dapat menciptakan peluang yang mendukung dalam pencapain tujuan perusahaan.

  1. Threat (Ancaman)

Threat atau ancaman adalah faktor negatif dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah bisnis atau strategi yang digunakan. Threat merupakan faktor eksternal yang menghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sebagai contoh, Anda memilih jasa email marketing yang kurang tepat, email marketing Anda sering bermasalah, itulah ancaman bagi bisnsi Anda sebab diluar sana pesaing Anda tentu juga sudah ada yang menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran bisnis. Jadi, hati-hatilah memilih jasa email marketing agar ancaman untuk bisnis Anda dapat teratasi.

Bagaimana sudahkah Anda mengetahui apa itu analisis SWOT? Memang seharusnya bila Anda menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran Anda, disarankan untuk memilih jasa email marketing yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas seperti jasa email marketing DocoBlast yang sudah bertahun-tahun menggeluti jasa email marketing. Hal tersebut dilakukan untuk dapat mengurangi kelemahan dan ancaman bagi bisnis Anda dan menambahkan kekuatan serta peluang bagi bisnis Anda.

Leave a Reply