16
September2016
elemen-elemen desain
elemen-elemen desain

Bila Anda membaca artikel sebelumnya tentang prinsip-prinsip desain gambar untuk Anda terapkan email marketing , disana banyak disebutkan kata elemen desain. Agar informasi yang Anda dapatkan menjadi lebih sempurna, kali ini kita akan coba membahas elemen-elemen desain yang dapat Anda terapkan ketika mengirimkan gambar di email marketing. Apa saja yang termasuk dalam elemen-elemen desain, berikut penjabarannya.

  1. Titik

Titik adalah salah satu unsur visual yang wujudnya relatif kecil, dimana dimensi memanjang dan melebarnya dianggap tidak berarti. Titik cenderung ditampilkan berkelompok, dengan variasi jumlah, susunan, dan kepadatan tertentu.

  1. Garis

Garis dianggap sebagai unsur visual yang banyak berpengaruh terhadap pembentukan suatu objek. Garis juga dikenal sebagai goresan atau coretan. Ciri khas garis adalah terdapatnya arah dan dimensi memanjang. Garis mempunyai fungsi tertentu yang pada dasarnya digunakan untuk mengarahkan gerakan mata melihat elemen di dalam karya desain. Goresan suatu garis memiliki arti/ kesan sebagai berikut:

  1. Garis vertikal/ tegak: kuat, kokoh, tegas, dan hidup.
  2. Garis horizontal/ datar: lemah, tidur, dan mati
  3. Garis lengkung: lemah, lembut, mengarah.
  4. Garis patah: tegas, tajam, hati-hati, naik turun.
  5. Garis miring: sedang, menyudutkan.
  6. Garis berombak: halus, lunak, berirama.

3. Bidang

Bidang merupakan unsur visual yang berdimensi panjang dan lebar. Ditinjau dari bentuknya, bidang bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu bidang geometri/ beraturan dan bidang non-geometri/ tidak beraturan. Bidang geometri relatif mudah diukur keluasannya, sedangkan bidang non geometri relatif sukar diukur keluasannya. Bidang dapat dibuat dengan menyusun titik maupun garis dengan kepadatan tertentu, dan dapat pula dihadirkan dengan mempertemukan potongan satu garis atau lebih.

  1. Warna

Keberadaan warna ditentukan oleh jenis pigmennya. Kesan yang diterima oleh mata lebih ditentukan oleh cahaya. Permasalahan mendasar dari warna di antaranya adalah hue (spektrum warna), saturasi (nilai kepekatan), dan lightness (nilai gelap terang). Warna merupakan unsur visual yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi citra bagi orang yang melihatnya. Masing-masing warna membrikan respons secara

Psikologis, ada beberapa catatan penting untuk psikologi warna.

  1. Merah, melambangkan kekuatan, bertenaga, kehangatan, nafsu, cinta, agresifitas, bahaya.
  2. Biru, melambangkan kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, perintah.
  3. Hijau, melambangkan alami, kesehat, pandangan yang enak, kecemburuan, pembaruan.
  4. Kuning, melambangkan optimisme, harapan, tidak jujur, pengecut, gembira.
  5. Ungu, melambangkan spiritual, misteri, kebangsawanan, sombong, kasar, keangkuhan.
  6. Oranye, melambangkan energi, semangat, segar, keseimbangan, ceria, hangat.
  7. Coklat, melambangkan tanah/ bumi, kenyamanan, dapat dipercaya, bertahan.
  8. Abu-abu, melambangkan intelek, futuristik, modis, kesederhanaan, sedih.
  9. Putih, melambangkan suci, bersih, tidak bersalah, steril, kematian.
  10. Hitam, melambangkan kekuatan, jahat, canggih, kematian, misteri, ketakutan, sedih, anggun.

5. Tekstur

Tekstur merupakan nilai raba dari suatu permukaan. Secara fisik tekstur dibagi menjadi tekstur kasar dan halus, dengan kesan pantul mengkilat dan kusam. Ditinjau dari efek tampilannya, tekstur digolongkan menjadi tekstur nyata dan tekstur semu. Disebut tekstur nyata apabila terdapat kesamaan antara hasil raba dan penglihatan, sedangkan tekstur semu sebaliknya. Dalam penerapannya, tekstur dapat berpengaruh terhadap unsur visual lainnya, yaitu kejelasan titik, kualitas garis, keluasan bidang dan ruang, serta intensitas warna.

Nah, informasi terkait elemen-elemen desain tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan ide desain gambar email marketing yang baik untuk konsumen Anda. Simak terus artikel di blog.docoblast.com untuk mendapatkan informasi terbaru seputaran desain, terlebih kita akan membahas mengenai tipografi di artikel selanjutnya. Jangan lupa memakai jasa DocoBlast untuk email marketing dan desain yang tepat bagi konsumen Anda.

Leave a Reply