14
September2016

Perhatikan Prinsip Desain Ini Untuk Email Marketing Anda

desain gambar email marketing
desain gambar email marketing

Bagi Anda yang menggunakan email marketing, mengirimkan gambar dalam format digital tentu pernah Anda lakukan entah itu hanya sebagai informasi belaka ataupun sebagai bagian dari promosi bisnis Anda. Tetapi apakah Anda tahu desain gambar yang baik untuk email marketing itu sebenarnya seperti apa? Kali ini kita akan coba membahas mengenai desain gambar email marketing yang tepat dengan mengetahui terlebih dahulu prinsip-prinsip desain itu sendiri.

DESAIN

Dalam menampilkan gambar yang baik ternyata perlu diperhatikan masalah komposisi. Komposisi adalah pengorganisasian unsur-unsur rupa yang disusun dalam karya desain grafis secara harmonis antara bagian dengan bagian, maupun antara bagian dengan keseluruhan. Komposisi dapat dilihat dari beberapa prinsip-prinsip desain berikut ini:

  1. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan salah satu prinsip desain dalam komposisi yang menghindari kesan berat sebelah. Unsur-unsur seperti gambar, warna, tipografi yang mengisi ruang atau bidang, dipertimbangkan ukuran dan bentuknya sedemikian rupa sehingga terlihat lebih seimbang. Prinsip keseimbangan memilik 2 jenis, yaitu:

a. Keseimbangan formal. Pada dasarnya semua elemen yang ditempatkan mempunyai kesan seimbang baik dilihat dari sisi kanan, kiri, atas, dan bawah. Umumnya digunakan untuk mengatur tata letak yang bertujuan membawakan pesan yang berkesan formal dalam arti aman, dapat dipercaya, dan bergengsi.

b. Keseimbangan informal. Pada dasarnya setiap elemen yang disusun tetap memiliki kesan seimbang. Hanya saja terdapat variasi tertentu yang tidak sama. Prinsip ini digunakan untuk menggambarkan adanya suatu dinamika, energi, dan pesan yang tidak bersifat formal.

2. Kesatuan

Kesatuan merupakan salah satu prinsip yang menekankan pada keselarasan dari unsur-unsur yang disusun, baik dalam wujudnya maupun kaitannya dengan ide yang melandasi. Kesatuan diperlukan dalam karya grafis yang mungkin terdiri dari beberapa elemen di dalamnya. Dengan adanya kesatuan inilah, elemen-elemen yang ada saling mendukung sehingga diperoleh fokus yang dituju.

  1. Irama

Irama atau ritme bukan kita temui dalam dunia musik saja, ternyata dalam dunia desain pun dibutuhkan ritme. Ritme dalam dunia desain dilihat dari penyusunan unsur-unsur dengan mengikuti pola tertentu. Artinya, pola harus disusun dan direncanakan terlebih dahulu untuk menghasilkan keindahan dan keharmonisan dalam penyusunan elemen-elemen tertentu.

  1. Kontras

Kontras dalam suatu komposisi diperlukan sebagai vitalitas agar tidak berkesan monoton. Tentu saja kontras ditampilkan secukupnya, karena bila ditampilkan terlalu berlebihan akan muncul ketidakteraturan dan kontradiksi yang jauh dari kesan harmonis.

  1. Fokus

Fokus atau pusat perhatian selalu diperlukan dalam sebuah komposisi untuk menunjukkan bagian yang dianggap penting dan menjadi perhatian utama. Penjagaan keharmonisan dalam membuat suatu fokus dilakukan dengan menjadikan segala sesuatu yang berada di sekitar fokus mendukung fokus yang telah ditentukan.

  1. Proporsi

Proporsi adalah perbandingan ukuran antara bagian dengan bagian dan antara bagian dengan keseluruhan. Prinsip komposisi tersebut menekankan pada ukuran dari suatu unsur yang akan disusun dan sejauh mana ukuran itu menunjang keharmonisan tampilan suatu desain.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip desain gambar email marketing Anda, maka hal tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk bisnis Anda di mata konsumen Anda. Itu membantu untuk menarik hati konsumen Anda terhadap konten gambar yang Anda kirimkan. Anda juga dapat menggunakan jasa email marketing yang dapat membantu desain gambar email marketing Anda lebih baik lagi, seperti free email marketing DocoBlast yang menyediakan layanan jasa desain gambar email marketing Anda untuk dibagikan kepada konsumen setia Anda.

Leave a Reply