9
September2016

Maksimalkan Social Media Marketing dengan Email Marketing

sosial media
sosial media

Keberadaan sosial media belakangan ini kerap dikaitkan dengan kegiatan pemasaran atau penjualan. Kegiatan ini biasanya lebih dikenal dengan istilah social media marketing atau pemasaran media sosial (baca: Inilah Penjelasan Terkait Social Media Marketing). Baik melalui facebook, twitter, instagram, bahkan blog, Anda dapat melakukan penjualan dan promosi produk Anda. Penjualan melalui media sosial merupakan strategi efektif, akan tetapi alangkah lebih baik lagi jika sosial media  ini bisa dikolaborasikan dengan strategi pemasaran lainnya, seperti email marketing. Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran melalui email yang juga sebagai strategi pemasaran efektif. Lantas bagaimanakah cara mengkolaborasikan kedua strategi tersebut, artikel ini akan membantu Anda menemukan caranya. Simak saja penjelasannya di bawah ini.

Social Media Marketing dengan Email Marketing

Anda bisa mengkolaborasikan keduanya dengan catatan sosial media dan email marketing harus saling bersinergi untuk dapat menciptkan peluang-peluang promosi dan penjualan yang baik. Untuk itu, beberapa hal ini dapat membantu Anda untuk mengkolaborasikan media sosial dengan email marketing.

  1. Sertakan sharing icon

Bila Anda menggunakan email marketing dalam pemasaran Anda, ada baiknya disetiap email yang Anda kirimkan kepada konsumen disertakan sharing icon yang ditujukan kepada akun media sosial Anda. Lalu, pasti Anda akan bertanya mengapa sharing icon ditujukan kepada sosial media? alasannya sangat sederhana, karena melalui media sosial seperti twitter atau facebook Anda bisa saling tegur sapa dengan konsumen Anda secara langsung tanpa batasan waktu. Sebagai cara alternatif Anda juga bisa meminta alamat email konsumen Anda melalui media sosial sebagai cara mengumpulkan contact list email marketing Anda. Inilah cara kolaborasi pertama antara pemasaran melalui media sosial dengan pemasaran melalui email.

  1. Salin posting-an blog Anda ke email

Sebagai cara kedua, menyalin posting-an blog Anda ke email marketing Anda merupakan cara yang paling akurat, terlebih bila Anda merupakan blogger hebat yang selalu dinantikan oleh konsumen Anda (bacajuga: Blogger, Begini Cara Tingkatkan Traffic Pembaca).Tetapi perlu Anda ingat, jangan salin seluruh isi posting-an blog Anda, pilihlah bagian yang menarik, misalkan kutipan yang menarik untuk Anda bagikan kepada konsumen. Dari bagian menarik tersebut, konsumen yang tertarik akan membuka isi email marketing Anda. Jangan lupa sertakan pula sharing icon pada email marketing Anda seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  1. Bagikan rangkaian “cuitan” Anda di Twitter

Bila Anda seseorang yang senang membagikan informasi melalui twitter dengan twit rangkaian atau istilah populer dalam twitter yaitu kultwit, Anda bisa membagikan “cuitan” Anda tersebut kedalam email marketing. Lalu, Anda bertanya bagaimana cara membagikan rangkaian tersebut? Anda bisa merangkum rangkaian “cuitan” Anda melalui chirpstory secara gratis. Setelah Anda berhasil merangkumnya, link rangkuman itulah yang Anda sertakan pada email marketing Anda. Itulah sebagai cara ketiga dari pemanfaatan email marketing untuk pemasaran melalui media sosial.

  1. Sertakan Gambar dan Link Produk Instagram

Mungkin Anda lebih aktif berjualan dan berpromosi di instagram dibandingkan dengan twitter ataupun facebook. Jangan takut, email marketing bisa membantu Anda sebagai penjual di instagram. Bagaimana caranya? email marketing sangat dinamis, melalui email Anda bisa memasukan gambar ataupun video. Manfaatkan lah hal tersebut untuk digunakan dalam email marketing Anda, dan jangan lupa sertakan link produk Anda agar dapat dilihat oleh konsumen Anda. Sebagai masukan, ada baiknya Anda memasukkan gambar produk yang memang penuh dengan testimoni dari konsumen Anda. Ini sebagai cara keempat pemanfaatan email marketing untuk pemasaran melalui media sosial.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai pemanfaatan email marketing untuk pemasaran melalui sosial media. Agar email marketing Anda dapat lebih maksimal gunakanlah layanan free email marketing DocoBlast, karena dengan email marketing DocoBlast pemanfaatan email marketing untuk pemasaran melalui media sosial akan lebih baik lagi.

Leave a Reply