7
September2016
manfaat internet marketing
manfaat internet marketing

Artikel sebelumnya yang berjudul Mau Tahu Apa Itu Internet Marketing? Berikut Penjelasannya kita telah membahas mengenai internet marketing mulai dari definisi, jenis, hingga keuntungannya. Pada kesempatan ini kita akan coba membahas kembali terkait manfaat internet marketing namun lebih mengerucut pada segi bisnis. Apa saja pembahasannya, simaklah di bawah ini.

Manfaat Internet Marketing

Internet marketing sering disebut juga dengan istilah e-marketing. E-marketing sebenarnya merupakan sisi pemasaran dari e-commerce (Baca: Apa itu E-Commerce? Berikut Penjelasannya) yang terdiri dari kerja perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet. Internet marketing ini mempunyai andil yang penting bagi suatu bisnis, apa saja manfaat internet marketing yang bisa didapatkan dari segi bisnis? Inilah manfaatnya.

  1. Branding

Melalui internet marketing, perusahaan dapat mempromosikan produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dengan ditampilkan secara menarik baik melalui audio maupun visual. Bahkan saat ini bisa ditampilkan melalui audio dan video streaming yang terpasang melalui media internet. Konten yang menarik inilah dapat mem-branding perusahaan untuk diterima oleh target market.  

  1. Direct Response (respon langsung)

Salah satu keunggulan dari penggunaan internet adalah real time. Keunggulan ini ternyata memberikan dampak positif bagi pebisnis, karena target market dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha promosi dan iklan melalui internet.

  1. Targeting (penentuan target pasar)

Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun kode-kode website tertentu) dapat lebih mudah melakukan tergeting pengguna atau calon konsumen.

  1. Tracking (pelacakan)

Elemen yang paling kuat dari internet marketing ialah hampir apa saja bisa dilacak dan bisa dilihat secara instan. Ini berarti, jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak bekerja, Anda bisa mengatasinya. Selain itu, Anda dapat melakukan semacam survei ataupun pelacakan perkembangan produk yang Anda jual maupun pelacakan perkembangan konsumen Anda.

  1. In expensive (tidak mahal)

Dari beragam jenis internet marketing, utamanya hanya email marketing merupakan pilihan yang relatif murah, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Meskipun penyedia layanan jasa email marketing memberikan tarif yang berbeda-beda tetapi biaya email marketing tiap penyedia layanan jasa masih dapat dikatakan sangat murah, seperti layanan jasa email marketing DocoBlast yang memberikan tarif murah untuk email marketing.

Itulah beberapa manfaat internet marketing yang dapat dirasakan dalam segi bisnis. Anda dapat menikmati manfaat tersebut jika Anda memang benar-benar menggunakan internet marketing atau e-marketing sebagai salah satu strategi pemasaran maupun penjualan produk Anda.

Leave a Reply