31
August2016
social media marketing
social media marketing

Media sosial sangat memungkinkan orang membangun hubungan bisnis dan sosial serta saling berbagi informasi karena media sosial mudah diakses oleh siapapun. Oleh sebab itu, media sosial bisa menjadi peluang perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek dan memfasilitasi percakapan dengan pelanggan. Ketika media sosial bisa menjadi peluang untuk bisnis suatu perusahaan, maka banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Pemasaran media sosial atau social media marketing adalah bentuk pemasaran langsung atau tidak langsung yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, ingat, dan tindakan untuk merek, bisnis, produk, orang, atau badan lain dan dilakukan dengan menggunakan alat-alat dari web sosial misalkan seperti facebook, twitter, instagram, blog, dan youtube. Social media marketing ini dapat menawarkan kesempatan besar untuk pengusaha, usaha kecil, perusahaan menengah, dan perusahaan besar untuk membangun merek dan bisnis. Bagi Anda seorang pebisnis yang ingin mengambil kesempatan di social media marketing, sepertinya Anda harus menyimak penjelasan di bawah ini terkait social media marketing.

Tujuan Social Media Marketing

Tujuan dari social media marketing itu sendiri,  yaitu:

  1. Membangun hubungan: manfaat utama dari pemasaran media sosial adalah kemampuan untuk membangun hubungan dengan konsumen secara aktif.
  2. Membangun merek: percakapan melalui media sosial menyajikan cara sempurna untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan pengenalan dan ingatan akan merek dan meningkatkan loyalitas merek.
  3. Publisitas: pemasaran melalui media sosial menyediakan outlet di mana perusahaan dapat berbagi informasi penting dan memodifikasi persepsi negatif.
  4. Promosi: melalui pemasaran media sosial, memberikan diskon eksklusif dan peluang untuk audiens untuk membuat orang-orang merasa dihargai dan khusus, serta untuk memenuhi tujuan jangka pendek.
  5. Riset pasar: menggunakan alat-alat dari web sosial untuk belajar tentang pelanggan, membuat profil demografi dan perilaku pelanggan, belajar tentang keinginan dan kebutuhan konsumen, serta belajar tentang pesaing.

Hal Dasar Social Media Marketing

Pilar atau dasar dari social media marketing, diantaranya:

  1. Membaca: Pemasaran melalui media sosial membutuhkan banyak membaca. Sebab dalam media sosial kita berhubungan dengan banyak elemen seperti perusahaan, produk, layanan, pelanggan, dan pesaing. Dengan membaca, kita bisa mencerna informasi sebanyak mungkin yang berhubungan dengan bisnis sehingga secara efektif dapat berkomunikasi dengan baik.
  2. Membuat: Buat dan terbitkan konten online yang berguna dan bermakna. Sukses dalam pemasaran media sosial berasal dari mengembangkan percakapan online tentang bisnis, merek, produk, dan promosi dengan menawarkan konten yang menarik minat target pasar.
  3. Share (bagikan): Aspek unik dari pemasaran media sosial adalah berbagi konten sebagai metode untuk langsung memasarkan bisnis. Saat ini konsumen telah bergantung pada hubungan, ulasan, rekomendasi, dan percakapan sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi dengan berbagi konten online.
  4. Diskusikan: Ketika konsumen berinteraksi dengan Anda selaku pebisnis dengan meninggalkan komentar di salah satu posting blog, dan terhubung dengan Anda melalui twitter atau jejaring sosial, sangat penting ditanggapi oleh Anda sebagai pebisnis karena tidak ada orang yang suka diabaikan. Dengan kata lain, Anda harus berusaha menghargai, menghormati pendapat, dan ingin membangun hubungan dengan konsumen.

Dari penjelasan tujuan dan hal dasar terkait social media marketing, kesimpulannya adalah pemasaran melalui social media memang efektif untuk dilakukan di era digital seperti ini sebab dengan media sosial, pebisnis diberikan kemudahan untuk membangun brand, promosi, serta menjalin hubungan yang baik dengan calon konsumen.

 

Leave a Reply