25
August2016
Tujuan Promosi
Tujuan Promosi

Bagi Anda pelaku bisnis yang sering melakukan promosi produk di berbagai media, termasuk email marketing baik secara pribadi maupun menggunakan layanan jasa email marketing, seperti free email marketing DocoBlast, ada baiknya Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa tujuan promosi produk Anda sebelum mulai berpromosi. Pada umumnya promosi digunakan sebagai salah satu penunjang keberhasilan penjualan, pengenalan produk kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk yang dijual, dan juga dapat menjadi strategi untuk menginformasikan manfaat dari produk yang dijual. Intinya, semua kegiatan tersebut dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan bagi pelaku bisnis. Namun, lebih bijak lagi jika pelaku bisnis tidak hanya mengejar untung semata, tetapi juga harus memahami apa tujuan promosi secara mendasar. Artikel ini akan menjelaskan beberapa tujuan promosi secara mendasar seperti berikut ini.

Tujuan Promosi

Setidaknya ada 4 tujuan promosi mendasar yang harus dipahami oleh perusahaan ataupun pelaku bisnis, diantaranya:

1. Modifikasi tingkah laku

Pengaruh tingkah laku maupun lingkungan konsumen dapat mempengaruhi pandangan, selera, keinginan, motivasi, dan kesetiannya terhadap barang dan jasa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis. Artinya, setiap konsumen akan berbeda-beda menanggapi setiap promosi yang dilakukan oleh Anda sebagai pelaku bisnis. Untuk itu, Anda harus mengingat bahwa tujuan promosi secara mendasar adalah berusaha mengubah tingkah laku dan pendapat tiap individu tersebut dari tidak menerima suatu produk menjadi setiap terhadap suatu produk.

2. Memberitahu

Kegiatan promosi yang ditujukan untuk memberitahu informasi kepada konsumen yang dituju tentang perusahaan, mengenai produk tersebut berkaitan dengan harga, kualitas, syarat pembeli, kegunaan, keistimewaan lebih disukai oleh konsumen. Lebih tepat lagi bila promosi yang bersifat informasi ini dilakukan pada tahap-tahap awal dalam siklus produk karena dapat membantu konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli.

3. Membujuk

Promosi bersifat membujuk atau persuasif banyak dilakukan oleh perusahaan ataupun pelaku bisnis pada umumnya, karena ternyata promosi tersebut dapat mendorong minat konsumen untuk membeli. Sebenarnya perusahaan tidak ingin memperoleh tanggapan secepatnya dari konsumen atas produk yang dipromosikan, melainkan lebih mengutamankan untuk menciptakan kesan positif. Hal ini dimaksudkan agar promosi dapat memberi pengaruh dalam waktu yang lama terhadap perilaku pembelian.

4. Mengingatkan

Promosi yang bersifat mengingatkan ini dilakukan terutama untuk mempertahankan merek produk dihati masyarakat. Ini berarti perusahaan berusaha untuk memperhatikan dan mempertahankan pembeli yang ada sebab pembeli tidak hanya sekali saja melakukan transaksi, melainkan harus berlangsung secara terus-menerus.

Tujuan promosi seperti yang diterangkan di atas patut diperhatikan oleh perusahaan ataupun pelaku bisnis sebelum melakukan promosi besar-besaran diberbagai media. Pada intinya, promosi bukan hanya  dilakukan untuk sekedar berjualan dan mendapatkan keuntungan saja, tetapi promosi dilakukan sebagai komunikasi dengan konsumen agar produk yang ditawarkan mendapatkan posisi di pasaran lebih lama.

Leave a Reply