19
August2016
waktu terbaik mengirimkan email marketing
waktu terbaik mengirimkan email marketing

Anda ingin mengirimkan email marketing kepada konsumen Anda? Ada baiknya bila Anda mengetahui kapan waktu terbaik mengirimkan email marketing bagi konsumen Anda. Hal ini penting agar konsumen Anda tidak merasa terganggu dan bisa membaca informasi penawaran yang Anda sampaikan dengan seksama. Berikut ini adalah beberapa waktu yang dianjurkan maupun dilarang untuk mengirimkan email penawaran kepada para konsumen.

Waktu Efektif

1. Pagi Hari

Pukul 09.00-10.00 adalah waktu terbaik mengirimkan email marketing, karena jam tersebut merupakan jam untuk mengawali hari kerja, sehingga ada kemungkinan untuk pelanggan menerima berbagai macam penawaran dari para pelaku bisnis online. Biasanya waktu santai para konsumen di pagi hari yaitu memasuki pukul 09.00-10.00 WIB. Pada jam tersebut kesibukan konsumen belum terlalu padat, sehingga mereka masih sempat untuk membaca pesan penawaran yang Anda kirimkan melalui email, sebelum akhirnya mereka bergelut dengan aktivitas rutin yang mereka jalankan.

2. Jam Lembur Kantor

Meskipun pukul 17.00-19.00 tak sedikit konsumen yang masih bekerja di depan komputer mereka, namun pada jam-jam tersebut merupakan jangka waktu di mana para konsumen dimungkinkan tertarik untuk membuka pesan-pesan yang mereka terima baik melalui email maupun situs jejaring sosial lainnya. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan peluang sebagai waktu terbaik mengirimkan email marketing kepada para konsumen Anda.

3. Waktu Santai

Pukul 19.00-22.00 menjadi waktu santai bagi setiap konsumen. Waktu santai masyarakat Indonesia biasanya dimulai pada pukul 19.00-22.00 WIB. Pada jam-jam tersebut, biasanya penerima lebih mungkin untuk menanggapi pesan promosi yang dikirimkan para pelaku usaha. Dalam hal ini penawaran yang cukup sering ditanggapi oleh calon konsumen adalah penawaran produk fashion, kesehatan, makanan ringan, serta kebutuhan primer lainnya.

Waktu Terlarang

1. Jam Sibuk Konsumen

Biasanya Pukul 10.00-12.00 merupakan waktu tersibuk bagi sebagian besar masyarakat. Pada pukul tersebut, biasanya mereka sedang konsentrasi pada pekerjaannya dan tidak sempat membuka email marketing yang Anda kirimkan. Oleh sebab itu, jangan buang-buang tenaga Anda untuk mengirimkan email marketing pada rentang waktu tersebut.

2. Jam Makan Siang

Biasanya pukul 12.00-13.00 merupakan jam istirahat makan siang bagi sebagian masyarakat. Konsumen lebih senang menghabiskan waktu mereka untuk membuka surat kabar dan majalah langganan mereka dibandingkan harus membuka email marketing yang Anda kirimkan. Oleh sebab itu, agar penawaran yang Anda kirimkan bisa lebih efektif, sebaiknya hindari aktivitas pengiriman email marketing pada jam-jam makan siang. Apabila Anda tetap ingin melakukannya, pilihlah waktu yang tepat saat sebagian besar masyarakat telah selesai melahap menu makan siangnya dan mencari kesibukan-kesibukan baru untuk mengisi sisa waktu istirahat yang mereka miliki.

3. Jam Istirahat Malam

Pukul 21.00-22.00 WIB merupakan waktu istirahat hampir seluruh masyarakat. Tentunya pada waktu tersebut mereka tidak mau diganggu oleh iklan atau penawaran promosi dari para pelaku usaha. Karenanya bila Anda memaksakan diri untuk mengirimkan email marketing pada waktu tersebut, tidak menutup kemungkinan bila email Anda hanya akan diabaikan para konsumen dan dianggap sebagai spam oleh sebagian besar penerimanya.

Informasi mengenai waktu terbaik mengirimkan email marketing di atas dapat membantu Anda untuk mengirimkan penawaran kepada konsumen Anda. Jika Anda memilih waktu yang tepat, maka tidak menutup kemungkinan konsumen Anda dapat melihat dengan seksama pesan email marketing Anda. Namun, bila Anda masih ragu dengan pemilihan strategi waktu yang tepat untuk email marketing, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa layanan free email marketing DocoBlast untuk mendapatkan pilihan waktu terbaik mengirimkan email marketing.

Leave a Reply