11
August2016

5 Cara Membuat Konten Email Marketing Yang Menarik

konten email marketing yang menarik
konten email marketing yang menarik

Mengapa saat berbicara mengenai email marketing pasti kita akan berbicara mengenai konten email marketing yang menarik? Jawabannya adalah karena konten email marketing sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu ada perusahaan yang mengalami peningkatan penjualan setelah melakukan email marketing, namun ada sebagian lainnya yang belum mendapatkan respon positif dari para calon konsumennya.

Bila konten email marketing yang menarik bisa memancing rasa penasaran para konsumen, maka tak menutup kemungkinan produk yang Anda tawarkan akan dibeli oleh para konsumen. Tetapi sebaliknya, apabila email marketing yang Anda buat terbilang monoton, dapat dipastikan konsumen enggan menanggapi email tersebut dan kemungkinan pesan promosi Anda dianggap sebagai spam oleh calon konsumen Anda.

Agar kemungkinan buruk seperti itu tak terjadi pada perusahaan Anda. Setidaknya ada 5 cara sukses yang perlu Anda ketahui untuk bisa membuat konten email marketing yang menarik.

Berikan Judul yang Menarik.

Tak semua konsumen memiliki banyak waktu untuk membaca isi konten Anda dari awal hingga akhir. Untuk itu buatlah judul yang menarik di bagian subject email, agar konsumen Anda bersedia meluangkan waktunya untuk membuka kiriman email dari Anda. Meski hal ini termasuk sepele, namun ternyata memberikan dampak yang cukup besar terhadap keputusan para penerimanya (calon konsumen). Apakah mereka akan membaca kiriman email dari Anda hingga selesai atau hanya akan memasukkannya ke dalam folder spam.

Stop Penggunaan Huruf Kapital dan Tulisan Berwarna Merah.

Ketika membuat konten email marketing ada beberapa etika penulisan yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya yaitu berhenti untuk melakukan penulisan dengan menggunakan huruf besar (huruf kapital) semua dan usahakan jangan memilih warna merah. Hal ini penting, karena biasanya huruf besar dan warna merah menggambarkan kemarahan atau emosi seseorang. Untuk itu, gunakan huruf besar atau kapital seperlunya saja agar konsumen Anda juga merasa nyaman ketika membaca informasi yang Anda kirimkan.

Hindari Melampirkan Dokumen atau attach file Saat Menggunakan Email Marketing.

Saat mengirimkan konten email marketing, hindari untuk melampirkan dokumen, karena tak sedikit masyarakat yang kurang respek dan enggan membaca kiriman tersebut hingga selesai. Terlebih bila mereka harus mengunduh lampiran dokumen tersebut dalam folder yang berukuran cukup besar. Jangan buat konsumen Anda memasukkan email marketing Anda ke dalam kategori spam oleh karena lampiran dokumen tersebut.

Ajak Konsumen Anda Melakukan Apa Tujuan Anda

Misalnya saja tujuan Anda mengirimkan email marketing untuk meningkatkan traffic kunjungan website toko online Anda, maka sebaiknya cantumkan link aktif menuju halaman website Anda dan instruksikan kepada mereka untuk melakukan tindakan tertentu. Contohnya seperti “klik di sini” untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Buat Menu Unsubscribe.

Meski email marketing cukup efektif untuk mendekatkan diri dengan calon konsumen, namun ada baiknya buatlah menu unsubscribe bagi mereka yang tak tertarik berlangganan informasi dari Anda. Dengan begitu, tak ada pihak yang merasa terganggu dengan pesan promosi yang Anda kirimkan.

5 cara membuat konten email marketing yang menarik di atas dapat Anda jadikan referensi untuk perusahaan Anda saat memutuskan ingin mengirimkan email marketing kepada konsumen Anda. Anda juga bisa menggunakan jasa email marketing seperti  DocoBlast bila ingin lebih mendapatkan konten email marketing yang menarik untuk konsumen Anda.

Leave a Reply