8
August2016
cara memanfaatkan social media marketing
cara memanfaatkan social media marketing

Sosial media menjadi salah satu platform pemasaran terbesar di dunia. Menurut Fast Company, 93 persen dari pemasar menggunakan media sosial untuk bisnis. Namun, banyak yang menemukan kesulitan untuk mengetahui cara memanfaatkan social media marketing, hal ini disebabkan karena minimnya pengalaman pemasar sebelumnya. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan Anda tiga cara  memanfaatkan social media marketing bagi start-up atau usaha kecil, seperti dikutip dari laman huffingtonpost.com.

Libatkan Konsumen Anda

Sosial media itu berbicara tentang konten. Maka dari itu, cara memanfaatkan social media marketing yaitu dengan mem-posting konten yang relevan dan menarik secara teratur. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat Anda membuat posting di sosial media.

a. Semua posting harus relevan dengan target pasar Anda. Anda dapat menambahkan sesuatu yang bernilai dengan memberikan data atau informasi yang berguna untuk pelanggan Anda.

b. Posting sering dan strategis, tetapi alangkah lebih baiknya posting dilakukan pada masa jam sehabis kerja. Orang lebih cenderung untuk terlibat media sosial sebelum dan setelah bekerja. Berikut ini rekomendasi untuk frekuensi posting di sosial media.

  • Instagram: 1-2 posting sehari
  • Facebook: Maksimal 2 posting per hari
  • Twitter: 3 tweet sehari atau lebih

Cara lain yang sangat baik untuk melibatkan pelanggan Anda adalah dengan memberikan layanan pelanggan melalui akun media sosial Anda. Hal ini penting untuk melibatkan pengguna yang sudah berusaha berinteraksi dengan perusahaan Anda di media sosial, sekalipun berkaitan dengan keluhan negatif mengenai bisnis Anda. Ini akan memberikan kepercayaan pelanggan Anda bahwa Anda selalu berusaha untuk menyediakan layanan untuk pelanggan dalam kedudukan yang tertinggi dan memprioritaskan kepuasan pelanggan.

Gunakan Sosial Media Yang Tepat

Ada ratusan platform media sosial di luar sana, tetapi hanya ada beberapa yang layak digunakan untuk social media marketing. Berdasarkan data, sekitar 400 juta pengguna aktif harian, Instagram adalah platform yang sangat baik untuk keterlibatan pemasaran. Instagram sangat populer di kalangan generasi saat ini, jika produk Anda memang sangat relevan dengan pemasaran sosial media, Instagram adalah media terbaik Anda. Tetapi, ada juga sosial media besar lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran selain Instagram, sosial media tersebut meliputi: Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn. Berikut ini beberapa info umum pada sosial media tersebut.

  • Facebook: Volume tertinggi dari pengguna aktif harian (1,2 miliar)
  • Twitter: Volume tertinggi pesan (500 juta tweet per hari). Bisa digunakan untuk lakukan pelayananan bagi pelanggan dan calon pelanggan baru.
  • LinkedIn: Dianggap jaringan “profesional”. Alat yang sangat baik untuk pemasaran Business-to-Business (B2B) dan untuk merekrut.
  • Google+: Platform komunitas yang dibentuk bagi pengguna untuk membahas topik tertentu. Sangat memungkinkan untuk target marketing yang loyal.

Tingkatkan Jumlah Followers

Cara terbaik untuk menjangkau khalayak yang terbesar adalah dengan meningkatkan jumlah followers. Taktik ini sangat berguna untuk usaha kecil dan start-up. Dengan meningkatkan jumlah pengikut, Anda akan mulai untuk meningkatkan kredibilitas dan daya tarik Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mengumpulkan lebih banyak pengikut Anda:

  • Konten hadiah: Sering kali perusahaan akan menawarkan undian atau memberikan hadiah kepada siapa saja yang me-retweet, reposts, atau berbagi konten mereka.
  • Gunakan hashtag yang relevan: Ini akan mengoptimalkan konten Anda dan membuatnya lebih terlihat di seluruh platform.
  • Membeli pengikut dari pihak ke-3: Sementara, hal seperti ini kadang-kadang masih disukai, sebab ini merupakan cara sederhana untuk membuat “gebrakan” dan cukup umum digunakan.

Ada banyak teknik lain yang dapat digunakan sebagai cara memanfaatkan social media marketing dalam bisnis Anda. Namun, jika Anda baru menggunakan media sosial untuk pemasaran bisnis Anda, pastikan untuk menggunakan tiga teknik sederhana ini untuk memanfaatkan kekuatan pemasaran di media sosial.

Leave a Reply