27
July2016
apa itu internet marketing
apa itu internet marketing

Saat ini Internet marketing tengah digandrungi oleh pelaku bisnis online. Lalu, sudahkah Anda mengenal apa itu internet marketing? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan untuk Anda mengenai beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang internet marketing. Apa saja, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Internet Marketing ?

  1. Internet marketing adalah Bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet.
  2. Internet marketing adalah proses membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui aktifitas online untuk memfasilitasi ide-ide, produk, dan layanan yang dapat memuaskan tujuan kedua belah pihak.

Dari pengertian internet marketing di atas, Ada 2 kata kunci yang bisa kita simpulkan dalam internet marketing. 2 kata kunci tersebut adalah:

  1. Proses

Internet marketing berhubungan dengan proses penawaran barang atau jasa dari pihak perusahaan kepada konsumen secara online dengan berbagai jenis marketing. Proses ini dilakukan untuk suatu pemenuhan tujuan baik dari sisi perusahaan maupun sisi  konsumen.

2. Tujuan

Internet marketing memang bertujuan untuk mendapatkan laba (bagi perusahaan) dan memenuhi informasi produk atau jasa (bagi konsumen). Namun selain itu, dapat digunakan untuk  membangun komitmen antara perusahaan dengan konsumen dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

Berhubungan dengan 2 kata kunci di atas (proses dan tujuan), selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis internet marketing, maka dari itu simak terus penjelasannya di bawah ini.

Jenis Internet Marketing

Pada umumnya, ada 5 jenis internet marketing yang saat ini umum dilakukan oleh pebisnis online, apa saja? Ini dia penjelasannya.

  1. Tampilan iklan

Iklan ini ditampilkan pada situs web pihak ketiga atau blog untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Dengan melakukan pemasangan iklan ini secara langsung akan meningkatkan penjualan produk Anda.

 2. Search Engine Marketing (SEM)

Bentuk pemasaran ini untuk berusaha mempromosikan website Anda dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman mesin pencari, seperti Google.

3.  Search Engine Optimization (SEO)

Bentuk pemasaran ini untuk meningkatkan visibiltas situs web atau halaman web di mesin pencari.

4. Social Media Marketing (SMM)

Pemasaran dengan memanfaatkan lalu lintas sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun sosial media lainnya.

 5. Email Marketing

Email marketing merupakan cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis dengan memanfaatkan media email. Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pembeli yang sudah menjadi pelanggan. Email marketing pada umumnya membutuhkan jasa penyedia layanan, seperti free email marketing DocoBlast.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat terkait apa itu internet marketing. Artikel ini dapat Anda baca  bila Anda memang ingin menjadi pebisnis online. Untuk itu, segeralah Anda memilih jenis internet marketing mana yang tepat untuk Anda lakukan berdasarkan penjelasan artikel di atas.

 

Leave a Reply