21
July2016

Manfaatkan Email Marketing untuk Hari Anak Nasional

kampanye melalui email marketing untuk Hari Anak Nasional
kampanye melalui email marketing untuk Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli tentu disambut baik oleh aktivis anak di Indonesia. Mulai dari perseorangan maupun yang tergabung dalam komunitas perlindungan anak akan ikut serta memberikan kampanye Hari Anak Nasional diberbagai media. Ada yang berkampanye melalui flyer, brosur, spanduk, bahkan banyak diantara mereka yang berkampanye melalui media sosial. Tapi apakah Anda sebagai aktivis anak pernah menjadikan email sebagai media kampanye Anda? Cobalah kampanye melalui email marketing untuk merayakan Hari Anak Nasional, karena dengan email marketing pesan kampanye Anda akan terlihat lebih sopan dan terarah jika dibandingkan dengan menggunakan media seperti flyer, brosur, spanduk maupun media sosial.

Apa Yang Harus Dipersiapkan ?

Jika Anda sebagai aktivis anak baik perseorangan maupun komunitas perlindungan Anak di Indonesia ingin mencoba kampanye melalui email marketing pada saat merayakan Hari Anak Nasional, ingatlah ada beberapa hal yang Anda harus persiapkan agar kampanye Anda berjalan sukses. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum berkampanye.

1. Email List

Email list merupakan daftar orang-orang yang bergabung di dalam suatu komunitas tertentu yang secara periodik dikirimi surat elektronik (email). Layaknya followers di media sosial Anda, begitu juga dengan email list. Email list berisikan “followers” Anda sebagai aktivis anak, pastikan email list berisikan orang-orang yang memang sepaham dengan Anda sebagai aktivis perlindungan Anak dan jauh lebih baik lagi bila pernah berhubungan atau bekerja sama dengan Anda. Orang-orang yang dimaksud bisa saja sesama komunitas perlindungan anak, petinggi lembaga pemerintahan yang terkait masalah perlindungan Anak (contoh: KPAI), para penggiat sosial, bahkan pimpinan perusahaan yang pernah menjadi donatur acara di komunitas Anda.

2. Content Email

Setelah Anda mendata contact list email, maka selanjutnya Anda harus menyiapkan content email. Mempersiapkan content email harus dipikirkan secara matang, jangan jadikan kampanye melalui email marketing Anda sebagai spam bagi penerima email. Pastikan content email yang bermanfaat sesuai dengan tema kampanye Anda. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda gunakan dalam kampanye melalui email marketing.

a. Data

Data yang akan Anda sajikan haruslah berupa informasi hangat atau yang menjadi sorotan untuk disampaikan kepada penerima kampanye email Anda, misalkan data kasus pelecehan anak atau kasus penelantaran anak di Indonesia. Berikan data akurat yang Anda miliki terkait dengan hal tersebut, jangan gunakan data fiktif sebab itu akan merusak kepercayaan contact list Anda. Data yang Anda sampaikan dalam email marketing juga harus ada kaitannya dengan tema yang ingin Anda angkat dalam kampanye email, sehingga content email marketing Anda tidak keluar dari jalur yang Anda ingin sampaikan.  Keunggulan kampanye melalui email marketing, Anda bisa menyajikan data dengan desain menarik sehingga tidak terlihat membosankan.

b. Sosialisasi

Dari pemaparan data yang Anda sajikan, Anda bisa melanjutkan kampanye Hari Anak Nasional melalui email marketing dengan memberikan sosialisasi. Sosialisasi ini bisa saja berkaitan dengan ajakan ataupun himbauan kepada orang-orang untuk peduli dengan perlindungan anak-anak Indonesia. Anda bisa memberikan tips ataupun saran untuk menciptakan kepedulian terhadap anak-anak di Indonesia. Anda bisa melakukan sosialisai terkait tema Hari Anak Nasional versi pemerintah maupun sosialisasi gerakan-gerakan yang ingin Anda lakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

c. Promosi

Content promosi juga bisa Anda kirimkan kepada contact list Anda terkait kampanye Hari Anak Nasional, mengapa? karena kampanye sosial bisa dikaitkan dengan “promosi” sosial. Promosi ini bukan hanya berkaitan dengan hal komersial, tetapi bisa berkaitan dengan memperkenalkan kegiatan sosial Anda. Misalkan saja, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Komunitas Anda membangun Taman Baca bagi anak-anak jalanan. Anda ingin mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam bentuk dukungan. Hal ini bisa menjadi content email marketing Anda untuk memperkenalkan kegiatan sosial Anda melalui kampanye.

3Tools Email Marketing

Anda sudah siap dengan email list dan konsep content email marketing Anda, maka saat ini Anda harus mencari tahu tools yang tepat untuk Anda melakukan email marketing. Anda bisa menggunakan aplikasi email marketing berbasis web sebagai tools untuk kampanye Hari Anak Nasional melalui email marketing. Banyak layanan email marketing berbasis aplikasi web yang tersedia, namun ada baiknya, Anda bisa mencoba terlebih dahulu layanan free trial email marketing, seperti free email marketing DocoBlast. DocoBlast sebagai email marketing Jakarta melalui layanan free trial bisa memberikan Anda upload contact list unlimited, create campaign, hingga mengirimkan pesan kampanye Anda  ke 1.000 contact list email Anda.

Setelah Anda mengetahui kampanye Hari Anak Nasional melalui email marketing dari artikel di atas, maka jangan ragu lagi untuk mempersiapkan hal-hal yang dapat mendukung kampanye melalui email marketing Anda. Mari siapkan kampanye Anda dengan baik untuk masa depan anak-anak bangsa. Selamat Hari Anak Nasional 2016.

 

Leave a Reply