14
July2016

Nikmati Manfaat Autoresponder untuk Bisnis Online

manfaat autoresponder dalam bisnis online
manfaat autoresponder dalam bisnis online

Anda seorang pelaku bisnis online yang menggunakan email marketing sebagai strategi bisnis Anda? Jika ya, berarti Anda sudah tak asing lagi dengan istilah autoresponder. Ternyata manfaat autoresponder untuk bisnis online Anda menjadi salah satu strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan bisnis online Anda (baca: Pertahankan Loyalitas Pelanggan Bisnis Online, Begini Caranya). Hal tersebut bisa terjadi karena ternyata autoresponder merupakan salah satu cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan bisnis Anda. Agar Anda lebih memahaminya, simak penjelasan berikut ini.

Autoresponder

Sebuah program internet yang berfungsi untuk menangkap data pengunjung ( biasanya nama dan alamat email ) dan melakukan follow up dengan mengirim email secara berkala untuk diarahkan sesuai dengan kehendak pemiliknya. Biasanya autoresponder ini digunakan ketika seseorang telah menjadi subscriber dari bisnis online Anda.

contoh autoresponder
contoh autoresponder

Saat subscriber Anda dengan rela memberikan nama dan alamat email, maka Anda sebagai pebisnis online jangan merusak kepercayaan yang diberikan subscriber kepada Anda. Disinilah dibutuhkan peran dari autoresponder, manfaatnya bisa Anda ambil untuk mempertahankan loyalitas pelanggan bisnis Anda.

Manfaat Autoresponder

  1. Lebih dekat dengan subscriber melalui newsletter

Kedekatan menjadi faktor utama untuk meloyalkan subscriber dengan bisnis online Anda. Gunakan auotoresponder untuk mengirimkan newsletter kepada subscriber Anda. Newsletter merupakan publikasi singkat dengan peristiwa terkini, newsletter bisa berupa judul dan link dari artikel yang kita tulis mengenai produk yang kita tawarkan. Pastinya artikel tersebut harus bermanfaat untuk subscriber.

Jika Anda sebagai pelaku bisnis terus melakukan “service” yang baik kepada pelanggan, misalkan dengan cara mengirimkan artikel yang bermanfaat kepada subscriber, maka pelanggan Anda merasa dipedulikan. Kepedulian inilah yang membuat mereka nyaman dan menaruh kepercayaan terhadap Anda. Itulah yang membangun kedekatan diantara Anda sebagai pelaku bisnis online dengan subscriber bisnis Anda.

2. Membentuk brand image bisnis Anda

Saat Anda mengirimkan newsletter yang bermanfaat untuk subscriber bisnis Anda, maka tak bisa dipungkiri itu bisa membentuk brand image bisnis Anda. Citra terhadap bisnis Anda berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap bisnis Anda.

Semakin Anda memberikan informasi positif kepada subscriber Anda, maka semakin positif juga subscriber Anda melihat bisnis online Anda. Menguntungkan bukan, hanya dengan menggunakan autoresponder untuk mengirimkan newsletter kepada subscriber Anda ternyata bisa membentuk brand image bisnis Anda.

3. Membuat subscriber membeli produk Anda

Tujuan dari Anda mendapatkan subscriber untuk bisnis Anda tak lain dan tak bukan adalah untuk terus-menerus membeli produk bisnis Anda. Hal ini bisa terwujud hanya dengan menggunakan autoresponder. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ini skemanya

skema manfaat autoresponder dalam bisnis online
skema manfaat autoresponder dalam bisnis online

Penjelasan skema:

Autoresponder membantu Anda untuk mendapatkan contact list, saat Anda mendapatkan contact list email subscriber Anda, Anda bisa melakukan service terus-menerus kepada subscriber Anda dengan mengirimkan newsletter berupa artikel yang bermanfaat, bisa berupa manfaat produk Anda ataupun kegunaan produk Anda bagi pelanggan. Saat pelanggan ada “terbius” dengan apa yang ada komunikasikan melalui newsletter, maka brand image terkait produk bisnis Anda akan terbentuk, hal inilah yang membantu Anda untuk mendapatkan pembeli dari produk yang Anda tawarkan.

Kesimpulan

kesimpulan manfaat autoresponder dalam binsis online
kesimpulan manfaat autoresponder dalam binsis online

Kesimpulan dari manfaat autoresponder untuk bisnis online Anda adalah seperti gambar siklus di atas, manfaatnya bisa Anda rasakan secara tetap, teratur dan bisa secara terus-menerus Anda rasakan. Jangan ragukan lagi kegunaan autoresponder pada email marketing yang Anda gunakan dalam bisnis online Anda. Tunggu apalagi, Anda bisa rasakan manfaatnya dengan menggunakan autoresponder dari free email marketing Docoblast.

Leave a Reply