12
July2016

Maksimalkan Fungsi Email Marketing Dalam Komunitas Game Pokemon Go!

Game Pokemon Go (sumber: indianexpress.com)
Game Pokemon Go (sumber: indianexpress.com)

Pernah mendengar istilah email marketing dalam kegiatan pemasaran bisnis? Ternyata email marketing juga bisa dimanfaatkan bagi komunitas. Contohnya saja seperti komunitas game di Indonesia. Komunitas game di Indonesia bisa terbilang besar anggotanya, sebagai contoh yaitu komunitas Pokemon Go yang permainannya saat ini tengah digandrungi oleh gamer. Game teranyar di Android dan IOS ini mampu menciptakan avatar untuk menangkap, melatih, sampai mempertandingkan karakter Pokemon, hal ini yang membuat peminat game Pokemon Go menjadi besar jumlahnya. Lalu, hal apa saja yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan email marketing dalam komunitas game, seperti komunitas Pokemon Go. Simak ulasannya.

Manfaat Email Marketing dalam Komunitas Pokemon Go

Email marketing memang sangat familiar dalam praktik pemasaran bisnis, tetapi jangan salah, bila komunitas Anda ingin terlihat lebih profesional dan kreatif, email marketing ini bisa menjadi caranya. Apa saja yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan email marketing dalam komunitas Pokemon Go Anda, ini dia jawabannya.

  1. Jadwal “KOPDAR”

Istilah kopdar (kopi darat) sudah sangat awam bagi komunitas. Jadwal kopi darat atau jadwal tatap muka ini bisa Anda kirimkan melalui email marketing. Lalu, bukankah mengirimkan jadwal kopdar melalui chat di smartphone juga bisa? Ya, itu bisa dilakukan tetapi sangat lebih sopan jika menggunakan email marketing dibandingan menggunakan chat. Mengapa demikian? Karena data email marketing dapat di pilah-pilah, sehingga ketika melakukan pengiriman jadwal kopdar, kita tidak mengganggu anggota komunitas yang sedang tidak ingin mengikuti kegiatan kopdar. Jadi istilahnya, kita hanya mengirimkan pada anggota yang hanya ingin mengikuti kopdar saja tanpa mengganggu anggota yang tidak ingin ikut. Ini membuat komunitas Anda terlihat lebih profesional karena menjaga privasi anggota komunitas Anda. Selain itu, dengan menggunakan media email, kemungkinan informasi terhapus relatif kecil dibandingan dengan menggunakan media chat.

2. Pengetahuan Seputaran Pokemon Go

Mengirimkan pengetahuan melalui email marketing sangat tepat, karena email marketing mampu untuk mengirim email dalam jumlah yang besar dalam waktu yang sangat singkat. Pengetahuan ini bisa berupa istilah-istilah yang terdapat dalam permainan Pokemon Go. Mungkin saja pengetahuan ini sangat membantu gamer pemula yang menjadi bagian dalam komunitas Anda. Bahkan bagi Anda yang memang penulis blog game, Anda bisa berbagi artikel Anda mengenai game Pokemon Go dengan menggunakan email marketing.

3. Update Game

Memang sejauh ini, Pokemon Go secara resmi baru tersedia di Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Jepang. Nah, dengan menggunakan email marketing, Anda bisa saling berbagi informasi update game Pokemon Go baik berupa update APK di Android ataupun update rilis game Pokemon di Indonesia. Terlebih penting, tentu sebuah game akan mengalami pembaruan terus menerus guna memberikan tampilan yang lebih baik bagi gamer, dengan adanya email marketing Anda senantiasa terus berbagi informasi update pembaruan game tersebut dengan cepat.

4. Quiz

Email marketing sangat bisa disisipi dengan quiz. Tujuan quiz ini tentu untuk memberikan interaksi kepada sesama anggota komunitas. Dengan email marketing Anda bisa memberikan quiz seputar game Pokemon Go melalui foto dan video. Ini membuat komunitas Anda lebih interaktif.

5. Berjualan

Namanya saja sudah email marketing, tentu erat kaitannya dengan kegiatan promosi ataupun berjualan. Sebagai komunitas dengan kegemaran yang sama, Anda bisa memanfaatkan email marketing sebagai media promosi jualan Anda. Seperti berjualan pernak-pernik yang berhubungan dengan Pokemon. Misalkan saja kaos, gantungan kunci, mug, bahkan boneka Pokemon. Ini sangat kreatif jika Anda bisa menggunakan email marketing sebagai media berjualan Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa komunitas Pokemon Go manfaatkan dalam menggunakan email marketing. Sebagai langkah awal, Anda bisa menggunakan trial free email marketing DocoBlast. DocoBlast merupakan layanan jasa email marketing yang sangat terpercaya di Jakarta. Tunggu apalagi, ayo gunakan email marketing dalam komunitas Anda.

 

Leave a Reply