28
June2016

Ini Alasan Shopper Makin “Betah” Subscribe Online Shop Anda

Alasan shopper makin betah subscribe online shop
Alasan shopper makin betah subscribe online shop

Tingginya aktivitas bisnis online yang berfokus pada transaksi jual-beli barang atau jasa ( e-commerce) pada akhirnya banyak menelurkan situs jual-beli online di Indonesia. Setidaknya, sudah puluhan situs jual-beli online di Indonesia yang tengah bersaing dalam arena bisnis online. Banyaknya situs jual-beli online ini ternyata memiliki dampak tersendiri, salah satu yang dapat dirasakan yaitu maraknya email blast atau kampanye email yang digunakan situs jual-beli online untuk mempromosikan produknya. Tetapi harus diingat, email blast atau kampanye email harus dilakukan dengan tepat karena salah bertindak bisa berakibat fatal, pilhannya hanya dua, subscribe atau unsubscribe email blast situs jual-beli online Anda. Berikut ini akan dipaparkan alasan shopper makin betah subscribe online shop Anda.

KENAPA SUBSCRIBE DAN UNSUBSCRIBE BISA TERJADI ?

Subscribe merupakan sebuah tindakan untuk memberikan izin kepada sebuah perusahaan, website, ataupun perorangan untuk mengirimkan email kepada Anda, sedangkan unsubscribe merupakan tindakan yang dilakukan oleh pelanggan untuk menarik kembali izin yang pernah diberikan sebelumnya. Dengan demikian, berhak atau tidaknya situs jual-beli online mengirimkan email kepada pelanggan tergantung pada persetujuan pelanggan.

Mengenai penyebab pelanggan melakukan subscribe atau unsubscribe email blast dari situs jual-beli online Anda, tentu sangat beragam. Jika boleh dilihat secara mendasar alasan pelanggan untuk melakukan subscribe atau unsubscribe adalah mengenai konten yang dikirimkan melalui email blast tersebut. Hal ini lumrah saja terjadi karena ibarat pepatah “tamu adalah raja”, ya begitu juga dengan konsumen. Konsumen itu seperti raja yang ingin “dimanjakan” dengan informasi atau konten yang mereka inginkan.

Meminjam teori media massa, uses and gratification yang menjelaskan bahwa audiens memilih media sesuai dengan apa yang mereka inginkan saja karena mereka memiliki kebutuhan dalam mengkonsumsi media, itu sangat bisa terjadi dalam bisnis online. Konsumen dapat melakukan pilihan subscribe atau unsubscribe tergantung dari “apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka butuhkan” saja. Sekali lagi, konsumen itu ingin “dimanjakan” dengan informasi atau konten yang mereka inginkan.

CONTENT=COSTUMER NEEDS=SUBSCRIBE

Membuat konten yang menarik bisa dimanfaatkan agar konsumen tetap subscribe email blast dari situs jual-beli online Anda. Konten yang menarik perhatian konsumen memang sangat beragam, namun semuanya itu harus tetap berlandaskan pada keinginan dan kebutuhan konsumen, karena konsumen itu “raja” dalam bisnis online kita. Berikut ini ada beberapa konten yang menarik perhatian konsumen di situs-jual beli online melalui email blast yang dikirimkan, dan ternyata konten ini dapat menjadi  alasan shopper makin betah subscribe online shop Anda.

1.Gratis

Kita mungkin pernah mendapatkan email blast yang  bertuliskan  “Beli 1, Gratis 1” atau “Pembelian produk X, Gratis produk Y” yang dikirimkan oleh situs jual-beli online ke email pribadi. Kata gratis tersebut terbukti bisa menarik mata pelanggan untuk melihat isi kampanye email. Pelanggan bisa seperti tersihir dengan kekuatan kata gratis ini. Ya, hal tersebut sangat wajar karena di zaman seperti ini tentu mendapatkan barang secara cuma-cuma atau tanpa membayar seperti mendapatkan “angin surga”. Justru kekuatan kata gratis inilah yang bisa menjadi  alasan shopper makin betah subscribe online shop Anda.

Sebagai gambaran, berikut contoh kampanye email yang dibuat oleh salah satu layanan  free email marketing DocoBlast.

Contoh email marketing gratis
Contoh email marketing gratis

2. Diskon

Tidak kalah penting dari kata gratis, kekuatan informasi atau konten mengenai diskon yang terdapat pada email blast situs jual-beli online di Indonesia ternyata bisa menjadi magic tersendiri untuk disampaikan kepada konsumen. Potongan harga dengan menggunakan persentase, seperti diskon 80% atau diskon 70%+20% memang membuat shopper di situs jual-beli online terpikat. Konten diskon ini yang juga sering ditunggu informasinya oleh pelanggan situs jual-beli online melalui kampanye email, sehingga subscribe sangat mudah dilakukan.

contoh email marketing diskon
contoh email marketing diskon

3. Murah

Konten email lain yang juga dapat membuat shopper di situs jual-beli online berhasrat untuk terus subscribe yaitu mengenai harga murah. Harga murah tapi bukan “murahan” tentu sangat diidamkan oleh konsumen. Terkait harga murah, kita bisa contohkan yaitu harga tiket pesawat terbang yang selalu dinantikan konsumen terlebih saat musim liburan tiba.

Banyak orang yang mencari harga tiket pesawat terbang murah untuk meminimalkan budget liburan mereka, sehingga tak jarang dari jauh-jauh hari banyak pelanggan maskapai penerbangan ingin mendapatkan informasi tiket murah di email mereka. Namun, tidak hanya harga tiket pesawat terbang saja, beberapa hal lain seperti tempat penginapan dan tempat wisata murah juga menjadi daya pikat agar konsumen subscribe email blast Anda.

contoh email marketing murah
contoh email marketing murah

Nah, sekarang sudah tahu kan beberapa konten yang sekiranya bisa membuat shopper “betah” subscribe email blast situs jual-beli online Anda. Inti dari informasi di atas memang terkait  dengan memanjakan konsumen dengan kebutuhannya, seperti DocoBlast melalui free email marketing yang terus memanjakan konsumen dalam memberikan pelayanan email blast.

Leave a Reply