27
June2016

Rayakan Hari Kemenangan dengan Berbagi Ucapan Lebaran di Media Digital

Rayakan Hari Kemenangan dengan Berbagi Ucapan Lebaran di Media Digital
Rayakan Hari Kemenangan dengan Berbagi Ucapan Lebaran di Media Digital

Lebaran tiba, saatnya rayakan hari kemenangan dengan berbagi ucapan lebaran baik dengan kerabat maupun keluarga terdekat. Sebelumnya, apakah Anda pernah mengingat kalimat seperti di bawah ini.

“Ketika tangan tak mampu menjabat, kaki tak dapat melangkah, hanya hati yang mampu berbisik. Tulus hati memohon maaf atas segala dosa dan khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.”

Serangkaian ucapan demi ucapan seperti kalimat di atas saat Hari Raya Idul Fitri akan terus mengalir kepada Anda, mungkin itu sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia sejak zaman dahulu.

Anda mungkin pernah mengingat, jauh hari  menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba, Anda sibuk mencari kartu ucapan lebaran atau Anda sibuk menuliskan surat, lalu Anda mengirimkannya kepada sanak saudara ataupun kerabat yang tempat tinggalnya berjauhan melalui kantor pos.

Ternyata tradisi surat-menyurat pada kala itu hingga kini terus dilakukan meskipun medianya yang sudah berubah. Saat ini dengan dipengaruhi perkembangan teknologi yang begitu pesat mengucapkan Hari Raya Idul Fitri sudah tak lagi dilakukan dengan memakai kartu ucapan atau surat yang dikirimkan melalui kantor pos.

Era digital membuat tradisi kirim ucapan melalui kantor pos mulai berubah. Perubahan ini bukanlah perubahan yang negatif, justru perubahan ini membuat segala sesuatu lebih cepat. Kita tidak harus menolak dengan perubahan ini, justru perubahan mengirimkan ucapan di era digital saat ini bisa lebih mempermudah, terlebih dari segi waktu. Dahulu mengirimkan ucapan melalui kantor pos harus mengambil ancang-ancang hari karena takut kartu ucapan atau suratnya datang melewati hari lebaran, tetapi dengan ucapan di era digital kita bisa memberikan ucapan secara real time, yaitu pada saat hari lebaran.

Lalu, media digital apa saja yang bisa digunakan untuk mengirimkan ucapan Hari Raya Idul Fitri ? Berikut penjelasannya.

  1. Media sosial

Memberikan ucapan di hari nan fitri dengan menggunakan media sosial kerap dilakukan oleh sebagian orang. Media sosial seperti twitter, facebook, instagram, dan path bisa menjadi media untuk Anda memberikan ucapan di hari lebaran. Anda bisa memasukkan kata, gambar, bahkan video ucapan Anda melalui media sosial tersebut lalu diikuti dengan menandai nama kerabat atau saudara yang ingin diucapkan (tag/mention). Namun, karena sifatnya yang lebih “publik” seringkali ucapan yang Anda berikan di media sosial bagi sebagian orang dianggap kurang etis, karena menghilangkan unsur privasi. Walaupun demikian, mengucapkan hari raya di media sosial sebenarnya sah-sah saja tergantung bagaimana setiap pribadi menanggapinya. Jadi, mulailah Anda berpikir untuk memberikan ucapan Hari Raya Idul Fitri dengan cara yang kreatif.

  1. Aplikasi Chat Pada Smartphone

Kecanggihan teknologi memberikan dampak pada perubahan alat telekomunikasi, salah satunya Ponsel. Dahulu ponsel hanya dapat digunakan untuk mengirimkan pesan singkat dan hanya untuk menelepon, tetapi saat ini ponsel berubah menjadi lebih luas fungsinya, sehingga muncul istilah smartphone.

Dalam smartphone, kita akan menjumpai berbagai aplikasi yang bisa bermanfaat untuk keseharian kita, salah satunya adalah aplikasi chat pribadi. Aplikasi chat pribadi seperti BBM, Whatsapp, dan Line merupakan aplikasi yang populer dikalangan masyarakat. Ternyata kecanggihan aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk Anda berbagi momen mengucapkan Hari Raya Idul Fitri. Tak terbatas waktu dan tempat, Anda bisa saling mengirimkan ucapan. Aplikasi chat ini dianggap lebih sopan dibandingkan jika Anda mengucapkan Hari Raya Idul Fitri di media sosial karena aplikasi ini lebih privasi.

  1. Email

Bagi sebagian orang mengucapkan hari raya ke orang “penting” seperti klien bisnis, atau kolega bahkan atasan perusahaan tidak tepat jika menggunakan aplikasi chat pada smartphone. Walaupun aplikasi chat sudah terbilang privasi, nyatanya bagi sebagian orang email lebih terlihat resmi jika orang yang dituju adalah orang-orang tertentu. Email memang bukan saja diperuntukkan untuk urusan resmi perusahaan atau bisnis yang terlihat kaku, namun email juga bisa digunakan lebih fleksibel tetapi masih dalam tataran yang wajar.

Mengirimkan ucapan lebaran salah satunya, mengirimkan ucapan lebaran ke atasan atau kolega bisnis dengan email tidak harus terlihat kaku, Anda bisa lebih fleksibel namun masih sopan. Anda bisa menggunakan jasa free email marketing DocoBlast untuk memberikan ucapan Hari Raya Idul Fitri kepada atasan ataupun kolega bisnis Anda.  DocoBlast siap membantu Anda melakukan email blast ucapan Hari Raya Idul Fitri Anda dengan gaya yang lebih fleksibel namun tetap berada pada batasan sopan.

Ya, itulah beberapa media digital yang dimanfaatkan masyarakat saat ini untuk berbagi momentum kemenangan di hari nan fitri. Apapun media yang Anda gunakan untuk memberikan ucapan hari raya, yang lebih terpenting adalah niat Anda untuk memberikan ucapan tersebut. Akhir kata, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Mari sambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H di tahun 2016 ini penuh dengan sukacita. Berbagi kebahagiaan di hari kemenangan dengan memberikan ucapan terindah demi tetap terjalinnya tali silahturahmi diantara kita.

Leave a Reply