24
June2016

Pertahankan Loyalitas Pelanggan Bisnis Online, Begini Caranya

cara pertahankan loyalitas pelanggan http://www.etalasebisnis.com/
cara pertahankan loyalitas pelanggan
http://www.etalasebisnis.com/

Anda memiliki  bisnis online? Apa pelanggan Anda puas dengan produk Anda? Lalu, bagaimana cara pertahankan loyalitas pelanggan bisnis online Anda? Artikel ini akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana agar pelanggan yang loyal karena kepuasaan terhadap bisnis online Anda tetap terjaga.

Pangkal Loyalitas Pelanggan Adalah Kepuasaan!

Berbicara mengenai loyalitas pelanggan atau pelanggan setia, kita lihat dulu pangkalnya. Pangkal dari loyalitas pelanggan yaitu kepuasaan pelanggan. Kepuasaan pelanggan ini berbicara tentang hal-hal yang bersifat reaktif. Perlu diketahui jika konsumen membeli produk Anda karena berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Bisa saja konsumen melihat dari segi manfaat, harga ataupun kualitas produk Anda. Hal inilah yang memunculkan testimoni terhadap produk Anda, sehingga Anda mungkin pernah mendapatkan testimoni dengan reaksi gembira ataupun senang setelah mereka membeli produk Anda. Setelah konsumen merasa senang dengan produk yang Anda tawarkan maka jangan heran jika nantinya mereka akan menjadi pelanggan yang loyal atau pelanggan yang setia dengan produk bisnis online Anda, inilah cikal bakal dari loyalitas pelanggan Anda.

Saat pelanggan Anda loyal karena kepuasaan terhadap produk Anda, lalu apa reaksi Anda selanjutnya, apa Anda hanya berdiam saja dengan santai dan justru tidak mau mempertahankannya? Sepertinya, sangat disayangkan jika hal tersebut yang Anda lakukan karena sejatinya lebih baik Anda mempertahankan dari pada Anda mendapatkan pelanggan kembali dari awal.

Menjaga Untuk Mempertahankan

Pengusaha yang baik adalah pengusaha yang bisa mempertahankan konsumennya bukan malah melepaskannya. Ketika konsumen Anda begitu loyal dengan produk Anda, maka itu menjadi “aset” Anda untuk bersaing dengan pesaing bisnis online Anda. Pelanggan itu ingin bertahan bersama bisnis Anda jika Anda bisa peduli dengan mereka, karena ketika Anda peduli dengan pelanggan Anda yang loyal,  maka pelanggan Anda merasa diistimewahkan. Untuk itu simak beberapa cara berikut agar loyalitas pelanggan bisa tetap terjaga.

  1. Buat Nyaman Pelanggan dengan Service Online

Menciptakan rasa nyaman itu bisa menjadi solusi yang baik agar loyalitas pelanggan Anda bisa terjaga. Nyaman disini diartikan dengan bagaimana Anda memberikan service kepada pelanggan Anda yang loyal. Semakin baik service Anda, maka semakin nyaman pelanggan Anda untuk terus bertahan dalam bisnis Anda.

Service yang Anda berikan terkait bisnis online harus beragam dan bervariasi agar pelanggan Anda tidak merasa bosan. Jika Anda seorang pebisnis online yang menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran, Anda bisa mengirimkan beberapa konten melalui email marketing agar hubungan dengan pelanggan Anda menjadi lebih intim. Ingat konten yang dikirimkan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga Anda perlu tahu apa yang dibutuhkan loyalis bisnis Anda.

Anda bisa melakukan service melalu email marketing dengan konten berupa informasi ataupun konten yang berupa promosi, tetapi kadarnya harus tepat. Sebagai standar, dianjurkan untuk mengirim konten dengan proporsi 80% konten informatif atau bermanfaat dan 20% untuk konten berupa promosi. Konten informatif bisa terkait manfaat dari penggunaan produk Anda, atau manfaat menjadi loyalis bisnis online Anda. Sedangkan, konten promosi yang lebih disarankan adalah promo-promo khusus dari bisnis Anda, promo khusus ini bisa sebagai ganjaran dari kesetiaan menjadi loyalis produk Anda.

  1. Jalin Komunikasi dengan Loyalis Melalui Online

Anda bisa menggunakan komunikasi satu arah maupun komunikasi dua arah agar loyalitas pelanggan Anda bisa tetap terjaga. Komunikasi satu arah berkaitan dengan pesan yang Anda kirimkan tanpa adanya timbal balik dari pelanggan Anda, sedangkan komunikasi dua arah berkaitan dengan adanya “chit-chat” antara Anda dengan pelanggan.

Dalam bisnis online, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan internet saat ini untuk menerapkan komunikasi dengan loyalis bisnis Anda. Salah satu produk internet yang bisa Anda gunakan adalah email blast. Produk email blast seperti free email marketing dari DocoBlast ini bisa Anda manfaatkan sebagai media komunikasi satu arah. Anda bisa memanfaatkan email blast ini sebagai bagian dari komunikasi Anda dengan pelanggan. Seperti Anda bisa menyapa selamat pagi kepada pelanggan Anda sebelum melakukan aktifitas, bahkan Anda juga bisa mengucapkan selamat hari raya, dan mengucapkan hari ulang tahun loyalis bisnis Anda. Sungguh kehadiran email blast dalam bisnis online sangat membantu membangun komunikasi dengan pelanggan Anda. Untuk komunikasi dua arah Anda bisa menggunakan chat by email atau melalui aplikasi online lainnya yang bisa menghubungkan Anda dengan pelanggan Anda melalui komunikasi dua arah.

  1. Kejujuran Terhadap Produk Anda Sendiri

Ada pepatah yang mengatakan kejujuran itu lebih mahal dari apapun. Ya, memang pepatah itu benar adanya, karena kejujuran mendasari rasa percaya pelanggan Anda untuk tetap bertahan. Anda bisa menjalankan kejujuran Anda dengan memberikan service dan komunikasi yang sebenar-benarnya tanpa dikurangi atau dilebih-lebihkan. Haram hukumnya untuk Anda berpura-pura bahkan berbohong terhadap produk Anda sendiri, karena sekali Anda berbohong atau berpura-pura terhadap loyalis Anda, habislah reputasi bisnis yang sudah lama Anda bangun dan itu bisa merusak nama produk Anda sehingga loyalis Anda akan berpindah haluan meninggalkan produk Anda.

Kebohongan dalam service misalkan Anda memberikan informasi manfaat dari produk Anda kepada pelanggan, namun agar pelanggan Anda tetap setia Anda mengiming-imingi dengan memberikan informasi yang tidak sebagaimana mestinya, bahkan Anda mengarang bebas terkait manfaat produk Anda. Untuk kepura-puraan bisa terlihat dari komunikasi yang dijalin. Agar terlihat sebagai bisnis online yang baik, Anda mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada loyalis Anda, namun konten yang Anda kirimkan sangat-sangat sederhana dan hanya seadanya saja sehingga terkesan tidak iklhas dan berpura-pura.

Dengan mengikuti 3 cara di atas Anda sudah dapat membentuk pondasi yang kuat untuk menjaga loyalitas pelanggan Anda. Seperti halnya Docoblast yang senatiasa menjaga loyalitas pelanggan yang menggunakan free email marketing DocoBlast.

Leave a Reply