22
February2016
Mengenal Istilah DKIM dalam Dunia Email
Mengenal Istilah DKIM dalam Dunia Email

Pernah mendengar istilah DKIM? Masih bingung dengan istilah DKIM? Dalam dunia email, istilah DKIM bukanlah hal yang asing. Mari kita bahas apa itu istilah DKIM. DKIM itu singkatan dari DomainKeys Identified Mail yang artinya adalah metode autentitas email yang dirancang untuk mendeteksi email spoofing. Email spoofing adalah pemalsuan header email sehingga pesan tampaknya berasal dari seseorang atau tempat lain selain sumber yang sebenarnya. Dengan mekanisme yang memungkinkan mail exchanger untuk memeriksa email yang masuk dari domain yang diizinkan oleh administrator domain tersebut, DKIM mampu mendeteksi email spoofing.

DomainKeys Identified Mail

DKIM memungkinkan pengirim untuk mengasosiasikan nama domain dengan pesan email sehingga menjamin untuk keasliannya. Hal itu dilakukan dengan “menandatangani” email dengan tanda tangan digital (sign), bidang yang ditambahkan ke header pesan. Sebuah “tanda tangan” yang dihasilkan oleh Mail Transfer Agent (MTA) menggunakan algoritma, diterapkan dengan isi bidang yang ditandatangani. Ketika persetujuan telah dicapai, public key digunakan untuk membuat itu disimpan pada domain yang terdaftar.

Alur Pemverifikasian
Alur Pemverifikasian

Setelah menerima email tersebut, MTA dapat memverifikasi persetujuan DKIM dengan memulihkan penanda public key melalui DNS. Kemudian, menggunakan kunci untuk mendekripsi “hash value” pada email header dan secara bersamaan menghitung ulang “hash value” agar pesan email itu diterima. Hal ini memberikan pengguna beberapa keamanan untuk mengetahui bahwa email tersebut memang benar-benar berasal dari domain yang terdaftar, dan itu belum diubah sejak dikirim.

DKIM menempel nama domain pengenal yang baru untuk sebuah pesan dan menggunakan teknik kriptografi untuk memvalidasi otorisasi untuk kehadirannya. DKIM ini dirancang untuk mengurangi spamSpammer biasanya mengirim pesan dari alamat yang bukan domain asli. Dengan adanya DKIM ini, maka aktivitas spam yang menggunakan pengirim orang lain akan terdeteksi.

Istilah DKIM Penting untuk Diketahui dan Dipelajari

Sebagai pihak marketers yang sering berhubungan dengan email marketing, istilah DKIM penting untuk diketahui dan dipelajari. Kita tentu menginginkan semua email yang kita kirim tidak ada yang masuk spam. Bagaimana caranya? Mengaktifkan DKIM adalah salah satu caranya. Berbagai penyedia layanan email gratis, misalnya Yahoo!Mail dan Gmail juga melakukan pemeriksaan autentikasi email tersebut untuk menghindari spam. DKIM dapat diaktifkan melalui menu cPanel -> Mail -> Email Authentication.

Email Authentication
Email Authentication

Harap diperhatikan agar fasilitas DKIM ini berfungsi, semua email yang berasal dari nama domain kita harus dikirimkan melalui server lokasi akun hosting/mailbox kita. Dalam hal ini, kita harus memastikan bahwa pengaturan SMTP telah menggunakan alamat nama domain tersebut.

Pilihlah penyedia layanan email yang berkualitas. Silakan gunakan free email marketing untuk melakukan pengiriman email secara massal.

Leave a Reply