28
December2015

Tips Membuat Subject Line Agar Tampak Mobile Friendly

Tips Membuat Subject Line
Tips Membuat Subject Line

Ketika ingin membuat subject line, banyak dari kita yang tidak tahu di mana, bagaimana, dan apa yang terbaik untuk memulainya. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan hal-hal yang dapat membantu membuat subject line agar tampak mobile friendly. Tujuannya untuk memudahkan jerih payah kita agar seseorang membuka email yang kita kirimkan.

Sebelum kita mengeklik “send“, pastikan subject line pada email kita telah merepresentasi substansial email secara keseluruhan. Tanpa subject line yang representatif, mungkin email kita tidak akan pernah dibuka oleh penerima. Subject line yang sukses secara signifikan itu dapat meningkatkan open rate kita.

Penjelasan Subject Line pada Email

Lalu, mari kita kembali lagi ke penjelasan subject line, apa sebenarnya subject line itu? Penjelasan sederhananya, subject line adalah klausa atau kalimat yang agak pendek untuk menerangkan isi konten, berada tepat di bawah nama pengirim (atas nama perorangan atau perusahaan), yang biasa terlihat pada kotak masuk ketika menerima email.

Contoh Subject Line pada Email yang Mobile Friendly
Contoh Subject Line pada Email yang Mobile Friendly

Mengapa Harus Membuat Subject Line Agar Tampak Mobile Friendly?

Pikirkanlah subject line sebagai kesan pertama orang-orang sebelum mengeklik email yang mereka terima. Kita semua pun sepertinya sadar akan seberapa pentingnya menciptakan kesan pertama yang hebat. Subject line kita pun seperti itu. Untuk lebih jauhnya, subject line adalah elevator pitch kita.

Sekarang kita tahu mengapa subject line itu memiliki peranan yang sangat penting. Mari kita bahas sekilas soal perangkat mobile karena ini saling memiliki keterkaitan. Pada Maret 2013, 43 persen dari seluruh email di dunia dibuka pada perangkat mobile, dituturkan oleh Litmus. Itu artinya subject line perlu dirancang responsif pada tampilan perangkat mobile atau mobile friendly untuk setiap email tanpa terkecuali.

Di bawah ini, terdapat ulasan mengenai enam tips untuk membuat subject line agar tampak mobile friendly yang akan membantu kita agar email yang kita kirimkan dibuka oleh penerima.

Tips 1 – Gunakan Prinsip 2-2-2

Prinsip 2-2-2 adalah sesuatu yang harus dipertahankan pada top of mind ketika menyusun subject line yang mobile friendly. 2 yang pertama adalah dua detik awal yang menjadi penentu apakah pembaca akan melanjutkan atau berhenti sehingga kita perlu memaksa pembaca memberikan perhatiannya dengan impresif. 2 yang kedua adalah dua kata pertama dari subject line kita yang menentukan apakah pembaca akan membaca sisa subject line. 2 yang ketiga adalah relevansi antara email dan tren yang mengudara hari ini. Pertanyaannya adalah mengapa email kita perlu dipedulikan hari ini?

Tips 2 – Jangan Terkesan Spammy

Spam filter menerapkan poin untuk “spam words” (“Free Offer” atau “Call Now“). Jika poin melebihi jumlah tertentu, email kita akan berpindah ke folder sampah. Namun, menggunakan satu atau dua dari “spam words” itu bukan berarti bahwa email akan secara otomatis menuju ke tempat pembuangan. Kita dapat menggunakan kata “FREE atau GRATIS” dengan tanda seru pada subject line, asalkan email itu tidak sepenuhnya menggunakan spam words.

Tips 3 – Dikemas Secara Ringkas dan Manis

Taktik ini penting untuk semua jenis tulisan. Ketika kita menulis untuk perangkat mobile, hal ini akan lebih dari sekadar penting. Seperti yang terlihat di atas, kita memiliki lebih sedikit properti pada perangkat mobile dibandingkan desktop. Pada sekitar 30 karakter atau lebih, pesan kita akan terasa kurang efektif. Hal itu karena subscribers biasanya mengonsumsi informasi yang berbeda-beda pada perangkat mobile mereka sehingga mereka sering terburu-buru mengecek email. Jadi, sangat penting menjaga subject line kita agar ringkas untuk membuat mobile experience yang manis. Menjaga subject line kita agar tetap di bawah 30 karakter itu taruhan yang aman untuk tampilan perangkat mobile.

Tips 4 – Menentukan Tenggat Waktu

Ketika kita menjalankan promosi khusus, jangan takut untuk menggunakan subject line seperti, “Tersisa dua hari lagi untuk mendapatkan GRATIS gitar Gibson.” Menentukan tenggat waktu itu mengarahkan orang agar segera memeriksa email dari ponsel mereka. Hanya saja, jangan membuat setiap subject line dengan ketentuan tenggat waktu. Kalau seperti itu, nanti akan terasa membosankan. Kita juga tidak harus mengatakan hal-hal seperti, “act fast, buy now” untuk membuat tenggat waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang lebih berselera, seperti dalam contoh di atas.

Tips 5 – Dibuat Spesifik dan Relevan

Jika berada di lift dengan calon customer potensial dan hanya memiliki beberapa detik untuk memperkenalkan diri secara profesional, lebih baik kita tidak memulainya dengan beberapa monolog yang bertele-tele tentang di mana kita dibesarkan dan berapa banyak hewan ternak yang kita miliki sampai tuntas. Satu-satunya cara kita untuk mengilhami subscribers agar membuka email kita adalah jika mereka tahu persis apa yang ada di dalamnya dan tertarik.

Tips 6 – Pertanyaan yang Baik

Mengajukan pertanyaan yang relevan adalah cara yang bagus untuk menciptakan engagement. Hal ini akan memicu hasrat keingintahuan. Sering kali pertanyaan mengarah pada “klik di sini” karena subscribers biasanya ingin tahu jawaban atas pertanyaan yang kita ajukan diajukan.

Dengan keenam tips sederhana di atas, kita akan mudah membuat subject line agar tampak mobile friendly dalam waktu yang singkat. Lakukanlah tips tersebut dengan maksimal dan tunggu apa yang akan terjadi.

Segera optimalkan subject line pada email kita agar kegiatan branding kita dengan email marketing bisa semakin maksimal. Silakan gunakan free email marketing dari DocoBlast untuk meraih hasil yang lebih signifikan.

One thought on “Tips Membuat Subject Line Agar Tampak Mobile Friendly”

Leave a Reply