7
December2015

20 Ide Kreatif untuk Membuat Email Marketing pada Musim Liburan

20 Ide Kreatif Membuat Email Marketing
20 Ide Kreatif Membuat Email Marketing

Jika bisnis pada umumnya adalah usaha kecil seperti bisnis kita, email marketing tentu akan memainkan peranan penting dalam perencanaan promosi pada musim liburan ini. Dengan pengiriman secara berkala, kita dapat membuat email marketing yang tepat waktu untuk mengumumkan program promosi dan rencana daftar liburan. Selain itu, bisa juga untuk mengingatkan orang-orang mengenai tanggal penting atau tenggat waktu potongan harga selama musim liburan.

Menggali Ide Kreatif untuk Meraih Pelanggan Potensial

Kita dapat terhubung dengan pelanggan potensial di seluruh perangkat yang berbeda dan mencapai mereka di tempat mereka tanpa batas waktu tertentu dalam kotak masuk mereka. Ketika mulai merencanakan membuat email marketing untuk program promosi bisnis, kita mungkin akan memikirkan cara-cara terbaik untuk membuat email kita agar diklik dan dibaca. Untuk segera memulainya, silakan cermati 20 ide kreatif di bawah ini untuk membuat email marketing pada musim liburan:

1. Diskon Liburan

Berikan followers kita kesempatan dan keleluasaan berbelanja dalam arus liburan. Undang mereka ke toko kita segera dengan penawaran diskon liburan! Kini kita dapat mendorong pelanggan untuk membawa teman-teman mereka, dan bahkan menawarkan diskon tambahan untuk membantu menyebarkan berita tentang acara tersebut.

2. Penawaran Cyber ​​Monday atau Black Friday

Banyak online shop di luar negeri yang menawarkan berbagai macam barang fisik dan digital dengan harga yang sangat murah, bahkan diskonnya bisa mencapai 90%! Penawaran itu datang saat momen Cyber Monday atau Black Friday. Sesuai namanya, Cyber Monday ada pada hari Senin setelah hari Thanksgiving, jadi Senin minggu depannya. Sedangkan, Black Friday adalah hari Jumat setelah hari Thanksgiving. Namun, kali ini yang menjadi fokus barangnya adalah yang bersifat maya atau digital. Istilah ini baru muncul tahun 2005 oleh perusahaan marketing agar penjual online bisa berpartisipasi dalam obral gila-gilaan. Mungkin kalau mau obral gila-gilaan diterapkan di Indonesia, bisa kita hubungkan dengan hari raya keagamaan, misalnya pada Lebaran Idul Fitri atau Hari Natal.

3. Gratis Biaya Pengiriman

Ada hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menambah nilai kepuasan berbelanja pada musim liburan ini. Salah satu cara termudah untuk menambah nilai kepuasan berbelanja adalah dengan menawarkan gratis biaya pengiriman yang mengarah ke liburan kali ini. Kita dapat mendorong orang untuk berbelanja online atau memberikan rincian informasi sehingga pelanggan dapat melakukan call to action.

4. Bonus Kartu Hadiah

Selain diskon tradisional, kita juga dapat mencari cara untuk menghargai orang yang berbelanja dalam jumlah kecil dengan menambahkan hadiah bonus, seperti kartu hadiah atau sertifikat hadiah. Menawarkan kartu hadiah sebagai bonus dapat meningkatkan penjualan selama musim liburan, dan juga dapat membantu memperkenalkan bisnis kita kepada pelanggan baru.

5. Panduan Hadiah Liburan

Membantu pelanggan kita dalam menemukan hadiah yang sempurna dengan panduan hadiah liburan. Kita dapat mengirim email umum untuk seluruh daftar kontak yang ada, atau membuat daftar terpisah untuk pelanggan yang berbeda dan datang dengan ide hadiah yang berbeda pula (hadiah untuk ibu, hadiah untuk suami, hadiah untuk istri, hadiah untuk anak, hadiah untuk cucu, dll).

6. Kupon Liburan

Kupon dapat digunakan dalam berbagai cara yang berbeda di sepanjang musim liburan. Kita dapat menggunakannya sebagai fokus email marketing, atau menambahkan kupon email newsletter yang dijadwalkan secara rutin sebagai bonus tambahan untuk pembaca.

7. Update Akhir Tahun

Salah satu cara terbaik untuk merayakan liburan adalah untuk merefleksikan semua yang telah kita raih di tahun ini atau di tahun sebelumnya. Sebagai usaha kecil, kita berbagi hubungan khusus dengan pelanggan dan mereka akan senang mendengar tentang semua kesuksesan kita. Gunakan liburan untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia dan memberikan mereka sesuatu untuk melihat harapan ke depan di tahun yang baru.

8. Membuat Email Marketing dengan Ucapan Terima Kasih

Email Marketing - Ucapan Terima Kasih
Email Marketing – Ucapan Terima Kasih

Apakah kita mensyukuri bisnis yang telah kita bangun selama ini? Liburan adalah waktu yang tepat untuk membiarkan orang-orang tahu bahwa kita sangat menghargai dukungan mereka. Mengucapkan terima kasih dapat memanusiakan bisnis kita dan membantu membangun kepercayaan yang kita butuhkan demi membangun hubungan pelanggan dalam jangka panjang.

9. Pengumuman Liburan

Email marketing liburan adalah rencana promosi yang akan sukses apabila mencakup informasi pengumuman, pengingat, dan ungkapan rasa syukur. Pikirkan tentang hal-hal besar untuk mempromosikan bisnis musim ini. Kita dapat menggunakan pengumuman liburan untuk menyampaikan pesan awal dan persiapan memulai musim yang baru.

10. Video Liburan

Tambahkan beberapa sentuhan humanisme dalam email liburan dengan menyisipkan video liburan khusus. Kita dapat menggunakan video untuk pergi ke belakang layar dan membiarkan orang tahu bagaimana kita mempersiapkan diri untuk musim liburan. Kita dapat juga menampilkan karyawan kita atau hanya mengucapkan terima kasih untuk tahun yang menakjubkan ini.

11. Menjalin Ikatan di Social Media

Menawarkan orang beberapa cara untuk terhubung dengan kita pada musim liburan kali ini. Selain metode tradisional seperti telepon atau kunjungan langsung, kita juga dapat mendorong orang untuk terhubung erat dengan kita di social media. Bahkan, jika memang kita tidak memiliki sisi ecommerce untuk bisnis kita, kita masih dapat menggunakan jejaring sosial, seperti Instagram, Pinterest, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya untuk menampilkan ide-ide hadiah yang berbeda. Pertimbangkan untuk membuat special board dari ide-ide hadiah di Pinterest atau Instagram, lalu mempromosikannya ke daftar email followers.

12. Lihatlah ke Depan untuk Tahun yang Baru

Jika tidak memiliki banyak hal yang terjadi selama liburan, tetapi memiliki rencana besar untuk awal 2016, kita dapat menggunakan liburan untuk mempromosikan kegiatan mendatang. Gunakan pendaftaran online untuk memudahkan orang-orang yang hendak mendaftar.

13. Rayakan Pencapaian Kita

Apakah ada proyek atau prestasi yang sangat menonjol untuk bisnis kita pada tahun 2015? Untuk sebuah organisasi nirlaba seperti Big Reuse, tunjukkan pencapaian yang menarik untuk diceritakan sebagai kisah perjalanan dari waktu ke waktu yang mampu memotivasi penggiat, pendonor, dan relawan.

14. Acara Liburan

Menyediakan pesta liburan adalah cara yang sempurna untuk menyatakan terima kasih kepada karyawan dan pelanggan atas dukungan mereka sepanjang tahun. Lagi pula, mereka adalah tulang punggung bisnis yang kita jalani. Tentu kita ingin mereka tahu seberapa besar kita memiliki rasa peduli.

15. Paket Hadiah

Email Marketing - Paket Hadiah
Email Marketing – Paket Hadiah

Bingkiskan pembungkus liburan dalam beberapa produk dan layanan untuk membuat paket hadiah khusus. Kita dapat membuat paket yang unik untuk audiens yang berbeda-beda dan menambah nilai tanpa menambahkan diskon.

16. Berbagi Cerita

Liburan adalah waktu yang tepat untuk membuat koneksi yang lebih intim dan erat orang-orang yang mendukung bisnis kita. Berbagi cerita tentang bagaimana semestinya keluarga kita merayakan liburan. Selain itu, perlu juga kita tambahkan sentuhan pribadi dalam newsletter liburan.

17. Pengiriman Tenggat Waktu

Orang-orang membutuhkan semua bantuan yang bisa mereka dapatkan ketika memasuki tanggal penting dan tenggat waktu selama musim liburan. Email adalah salah satu alat yang tepat untuk diandalkan dan dapat kita gunakan untuk memberi tahu pelanggan tentang batas waktu hal-hal penting.

18. Ide Hadiah dengan Harga Terjangkau

Membantu orang menemukan hadiah yang sempurna dengan estimasi anggaran dalam email yang menunjukkan beberapa ide hadiah dengan harga terjangkau. Hal ini adalah cara yang bagus untuk membawa orang-orang ke toko kita sehingga kita dapat memamerkan semua produk menarik lainnya yang kita tawarkan.

19. Membuat Email Marketing untuk Kontes Foto

Email Marketing - Kontes Foto
Email Marketing – Kontes Foto

Kontes adalah cara yang bagus untuk merayakan liburan dengan seluruh penggemar kita. Kita dapat mendorong orang-orang untuk berbagi foto terbaik mereka di social media. Hal ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan penggemar kita dan bersenang-senang selama waktu liburan tahun ini.

20. Kampanye Penggalangan Dana

Rayakan “season of giving” atau penggalangan dana dengan mendukung salah satu organisasi favorit kita. Kita dapat menyumbangkan sebagian dari penjualan kita atau datang dengan cara yang berbeda untuk mendorong orang-orang agar berinteraksi dengan bisnis kita dan melakukan kegiatan donasi.

Ayo membuat email marketing untuk musim liburan dengan aneka ide menarik di atas. Silakan dicoba pengirimannya dengan free email marketing. Pastikan juga email yang kita kirim itu isinya sudah relevan dengan informasi yang dibutuhkan penerima.

Leave a Reply