10
July2015
Cara Memeriksa Sender Score
Cara Memeriksa Sender Score

Pentingnya memeriksa sender score (skor pengirim) adalah salah satu hal yang selalu ditekankan dalam email marketing. Dengan mengawasi tingkat engagement kita (open rate, click through rate, dan lain-lain) serta tolok ukur reputasi (keluhan spam, jebakan spam, pengguna yang tidak teridentifikasi, dan lain-lain, kita akan mendapatkan gambaran yang baik tentang bagaimana semua email kita diterima oleh subscribers.

Mengetahui Reputasi Email

Jika mencari ukuran lain untuk reputasi atau sender score kita, kita bisa memanfaatkan berbagai sumber daya yang akan memungkinkan kita tahu di mana posisi kita. Berikut ini adalah lima situs yang akan membantu untuk memeriksa reputasi pengirim dan menjaga agar email tetap berada di jalur yang tepat:

SenderScore(dot)org

Seperti skor kredit, sender score (skor pengirim) adalah tolok ukur reputasi email. Skor dihitung antara 0 – 100. Semakin tinggi skornya, semakin baik reputasinya dan semakin tinggi pula tingkat keterkiriman email. Angka-angka tersebut dihitung rata-rata 30 hari dan mengilustrasikan di mana posisi ranking alamat IP kita dibanding alamat-alamat IP lain. Layanan ini disediakan oleh Return Path.

Senderbase(dot)org

Senderbase adalah sebuah produk dari Cisco yang menyediakan alat untuk memeriksa reputasi email dengan memberi ranking baik, netral, atau buruk. Baik berarti ada sedikit atau tidak ada aktivitas yang mengancam. Netral berarti alamat IP atau domain kita masih dalam parameter yang wajar, tetapi bisa saja difilter atau diblokir. Buruk berarti ada tingkat aktivitas ancaman yang menimbulkan masalah dan sangat ada kemungkinan disaring atau diblokir.

ReputationAuthority

ReputationAuthority dari WatchGuard membantu melindungi organisasi bisnis dan organisasi pemerintahan dari email yang tidak diinginkan dan web traffic yang mengandung spam, malware, spyware, program jahat, dan serangan phising. Kita bisa menyelidiki alamat IP atau domain kita, mendapatkan skor reputasi dari 0 – 100, dan mendapatkan persentase email yang baik atau tidak baik.

BarracudaCentral

Barracuda Networks menyediakan penyelidikan IP dan domain melalui sistem reputasi Barracuda, sebuah real time database berisi alamat-alamat IP dengan reputasi “baik” atau “buruk”.

TrustedSource

TrustedSource adalah sebuah situs yang sangat mirip dengan senderbase(dot)org. Situs ini menyediakan informasi tentang domain email kita, reputasi website, afiliasi, sistem nama domain (DNS), dan informasi mail server. Situs ini juga memberikan rincian tentang riwayat, aktivasi, dan asosiasi-asosiasi domain kita.

Reputasi email kita adalah sesuatu yang harus selalu bisa kita kontrol. Dengan memanfaatkan sumber-sumber di atas, kita bisa memastikan bahwa kita menjadi proaktif tentang keterkiriman email. Namun, perlu ditekankan bahwa meskipun sistem-sistem monitoring reputasi ini sangat membantu, situs-situs ini bukan tolok ukur mutlak yang dengannya kita bisa menentukan kesehatan program email kita secara menyeluruh. Situs-situs itu paling baik digunakan sebagai satu poin data (poin data penting) dalam sebuah penilaian menyeluruh terhadap program email kita.

Memeriksa sender score kita tentunya sangat peting untuk masa depan bisnis yang kita jalani. Tingkatkan reputasi pengiriman email dan kirim kampanye digital dengan free email marketing dari DocoBlast.

Leave a Reply