8
July2015
Tips Sederhana Membuat Email
Tips Sederhana Membuat Email

Apakah Anda termasuk orang yang mengalami rutinitas sebagai berikut. Setiap pagi, hari dimulai dengan bangun, dan sebelum keluar dari tempat tidur mengambil gadget lalu mengecek email. Kemudian mengeceknya lagi saat sedang sarapan, dan lagi saat dalam perjalanan menuju tempat kerja. Rata-rata setiap pagi, email dicek tiga atau empat kali sehari bahkan sebelum menyalakan komputer.

Apakah rutinitas seperti ini sudah terdengar biasa?

Penggunaan ponsel pintar saat ini meningkat luar biasa, dan begitu juga dengan jumlah orang yang membaca email di perangkat mobile. Sebanyak 43% email saat ini dibuka di perangkat mobile. Jumlah tersebut naik 138% dari tahun 2010, dan kemungkinan besar akan meningkat lagi.

Ini berarti bahwa Anda perlu menguasai tantangan mobile marketing dengan membuat emailemail yang ramah pada perangkat mobile (mobile friendly). Email yang mobile friendly adalah email yang tampil optimal baik di komputer deskop/laptop maupun di perangkat mobile, sehingga memastikan bahwa email tersebut akan terlihat baik terlepas dari dimana customer atau prospek membacanya.

Apakah terdengar rumit? Tentu saja tidak. Bahkan bisa dibilang mudah. Berikut lima hal sederhana yang bisa Anda lakukan saat ini juga untuk memastikan emailemail Anda mobile friendly:

Jadikan Desain dan Konten Seringkas Mungkin

Memiliki pesan yang jelas dan singkat harus menjadi kebutuhan pokok setiap email, bahkan ini lebih penting lagi ketika kita merancang email untuk ditampilkan di perangkat mobile. Properti layar sangat bernilai pada perangkat mobile (ini akan menjadi tema umum), jadi buat desainnya sangat rapi dan sederhana serta berfokus pada hal-hal esensial saja.

Gunakan Template Kolom Tunggal

Karena terbatasnya ruang pada perangkat mobile, umumnya lebih baik menggunakan layout yang sederhana. Seringkali dengan layout multi-kolom (2 kolom atau lebih) para pembaca Anda akan harus memperbesar atau scroll ke bawah smartphone mereka untuk melihat segala sesuatunya. Ini bisa menyulitkan mereka untuk bernavigasi dalam konten email dan CTA (call to action). Penggunaan template kolom tunggal akan membuat konten Anda jauh lebih fleksibel untuk semua ukuran layar.

Gunakan Satu CTA (call to action) yang Jelas

Pastikan untuk memasukkan CTA (call to action) yang jelas, dan tempatkan di dekat bagian teratas email. Jika ada banyak CTA, maka itu akan sering membuat segala sesuatunya menjadi rumit pada perangkat mobile (ingat – Anda ingin sesingkat mungkin!) Beritahu kepada pembaca apa yang Anda ingin mereka lakukan, dan jadikan sangat mudah bagi mereka untuk melakukan itu. Apakah Anda menginginkan mereka untuk mengunjungi website atau membeli produk saat itu juga? Pastikan agar link atau tombol mudah ditemukan dan diklik. Apapun tindakan yang Anda ingin dilakukan oleh pembaca, pastikan bahwa hal itu tegas dan jelas. Dan ingat – dengan perangkat mobile, jari tangan berfungsi sebagai mouse yang baru, sehingga pastikan benar-benar mudah diklik.

Hindari Huruf Berukuran Kecil

Pastikan teks Anda bisa dibaca dengan mudah. Gunakan ukuran huruf minimum 11pt untuk teks bodi dan 22pt untuk judul. Juga dianjurkan menggunakan kontras warna yang kuat, seperti teks gelap pada latar belakang terang. Banyak orang menonaktifkan tingkat kecerahan pada perangkat mobile untuk menghemat baterai – dan mereka sering membaca di luar ruangan – sehingga kontras warna yang kuat akan lebih mudah dibaca.

Gunakan Gambar Seperlunya

Gunakan gambar-gambar yang memang esensial bagi email Anda. Anda tidak bisa mengasumsikan gambar Anda akan ditampilkan. Karena ini, selalu dianjurkan untuk memasukkan deskripsi gambar (yang juga dikenal sebagai alt text) untuk memungkinkan orang mengetahui tentang apa gambar tersebut bahkan ketika gambar tersebut tidak ditampilkan. Salah satu tips yang baik adalah selalu pra-tampilkan email Anda dan pastikan masih terlihat baik, bahkan jika tidak ada gambar yang ditampilkan.

Terlihat bagus di mana saja!

Dengan emailemail yang mobile friendly maka email Anda pun akan terlihat bagus di mana saja, dengan begitu tentunya kemungkinan optimalnya open rate dan CTR (click through Rate) akan meningkat.

Belum menjadi customer DocoBlast? Anda bisa memulainya dan buat email yang mobile friendly dengan free email marketing dari DocoBlast!

Leave a Reply