12
June2015

Menguasai Tantangan Mobile Marketing untuk Bisnis Anda

Menguasai Tantangan Mobile Marketing untuk Bisnis Anda
Menguasai Tantangan Mobile Marketing untuk Bisnis Anda

Sekarang ini dalam marketing ada cukup banyak “pengaburan” antara mobile marketing dan local marketing. Ini mudah dipahami karena ada area yang luas dimana kedua kategori ini saling timpang tindih.

Banyak mobile marketing yang bersifat lokal dan banyak local marketing yang dikonsumsi pada perangkat mobile. Lebih lanjut, kita telah melihat bagaimana para pelaku marketing mobile yang sukses telah menghasilkan kemajuan signifikan dalam perbelanjaan e-commerce.

Kita bisa menyebutkan beberapa poin, namun ada satu konsep besar yang menentukan hampir segala sesuatu lainnya ketika berurusan dengan marketing pada perangkat mobile, yaitu untuk mengoptimalkan click through rate sehingga dapat meningkatnya penjualan lokal dan e-commerce.

Konsep tersebut adalah Pengalaman Pengguna.

Perangkat mobile – ponsel dan tablet – merupakan perangkat teknologi yang fantastis, tetapi pengalaman pengguna tidak selamanya sama fantastisnya.

Mari kita menguraikan ini menjadi beberapa tahapan sehingga Anda bisa memahami semua mekanisme dimana konten/perangkat mobile bisa berimbas bagi pengalaman customer ketika berinteraksi dengan bisnis Anda.

Tahapan Pencarian.

Banyak pencarian yang dilakukan di perangkat mobile. Hal ini dibarengi dengan meningkatnya pencarian dengan suara (voice search) yang sangat impresif dimana orang bisa mencari tanpa harus mengetik.

Bisnis yang bergantung pada orang-orang yang masuk melalui pintu depan perlu memastikan bahwa semua informasinya tepat dan bahwa mereka memiliki rekomendasi dan eksistensi di media sosial untuk bisa memiliki ranking yang tinggi di hasil pencarian.

Layar perangkat mobile cukup kecil. Jika Anda tidak berada pada bagian teratas hasil pencarian, Anda mungkin tidak akan terlihat.

Jika Anda memiliki ponsel cerdas, silakan install Google app dan coba lakukan pencarian suara untuk kata kunci “coffee shop”. Siapa yang muncul di halaman pertama? Siapa yang tidak muncul? Mengapa? Jika Anda tidak berada di dekat atau tepat pada posisi teratas, maka pengguna rasanya tidak punya banyak alasan untuk mencoba mencari Anda.

Tahapan Informasi.

Jika bisnis Anda bisa ditemukan di pencarian lewat perangkat mobile, apakah Anda juga memberikan informasi yang benar kepada prospek customer dengan cara yang mudah? Para customer mobile tidak memiliki waktu untuk membaca lengkap lima halaman website Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Pastikan Anda tidak membiarkan desain website atau email “standar” Anda muncul di pengguna yang menggunakan perangkat mobile.

Selain itu, pastikan bahwa informasi kontak yang diberikan sudah benar dan Anda siap merespon terhadap pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Misalnya, jika seorang pengguna mobile menekan nomor telpon Anda dan nomor telpon tersebut auto-dial, apakah panggilan itu selalu dijawab? Setiap kendala dalam tahapan pengumpulan informasi akan mengurangi pengalaman pengguna.

Tahapan Penjualan.

Tidak semua mobile marketing bersifat lokal karena website e-commerce juga mengungkit peranti-peranti mobile. Pada kasus situs-situs e-commerce, seberapa mudah untuk melakukan pemesanan dengan menggunakan ponsel? Jika prospek customer harus melakukan scroll ke bawah atau ke samping pada sederetan layar untuk mencari tombol yang tepat untuk diklik, maka banyak yang akan pergi.

Lokasi komponen-komponen perlu memastikan agar lokasi-lokasi peta dan waktu tepat pada semua database dimana mereka mungkin ditemukan.

Semua peritel harus yakin bahwa setiap barang/item yang dibrowsing pada perangkat mobile tersedia di stok, selama tidak jelas bahwa item tersebut adalah pemesanan khusus atau ada beberapa masalah lain dengan ketersediaan. Memiliki informasi stok real-time yang akurat adalah nilai tambah.

Terlepas dari seberapa penting local marketing dalam strategi mobile Anda, ingat bahwa para pengguna mobile sedang mencari informasi yang cepat dan mudah. Jika bisnis Anda memberikan pengalaman pengguna yang hebat, maka ada peluang mereka akan memilih bisnis Anda ketimbang para pesaing Anda.

Ingin mempunyai konten email yang mobile friendly? Anda bisa memulainya dengan free email marketing!

3 thoughts on “Menguasai Tantangan Mobile Marketing untuk Bisnis Anda”

Leave a Reply