11
June2015
Cara Membuat Email Anda Lebih Personal
Cara Membuat Email Anda Lebih Personal

Korespondensi email personal yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat penerima, akan memberikan tingkat kepuasan lebih kepada customer dan tentunya hasil bisnis yang lebih baik bagi perusahaan.

Kampanye email marketing yang dipersonalisasikan sesuai kebutuhan customer akan mempunyai persentase yang lebih tinggi dalam hal open rate email (kemungkinan dibukanya email). CTR (click through rates) dan dalam persentase konversi email. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kembalinya hasil investasi atau ROI (Return On Invest).

Sortir atau segmetasikan dengan baik costumer pada list Anda sebelum Anda mempersonalisasikan email bisnis Anda

Salah satu cara yang paling efektif untuk membuat email personal adalah dengan cara mensegmentasi contact list email Anda dan kirimkan konten email yang sesuai dengan masing-masing grup. Sebelum mensortir contact list email Anda, Anda harus mengumpulkan informasi tambahan tentang kontak yang Anda miliki. Gunakan 1 dari 5 cara berikut untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dari pengguna layanan Anda.

1. Sign Up (Mendaftar)

Anda dapat menyertakan field tambahan pada halaman pendaftaran Anda, dimana setelah customer Anda selesai mengisikan data, maka kontak mereka akan dipisahkan kedalam beberapa segmen. Sebagai contoh, Anda dapat menyertakan pertanyaan apakah customer ingin menerima newsletter setiap minggu atau setiap bulan. Tapi jangan melebih-lebihkan panjang halaman dari form pendaftaran Anda.

2. Form Untuk Memperbarui Profil

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang minat, kebutuhan, kebiasaan, jenis kelamin, umur, lokasi, pekerjaan dan data lainnya dari customer Anda, buatlah sebuah form untuk memperbarui profil. Setelah customer mendaftar untuk berlangganan email Anda hanya dengan memasukan nama dan alamat email, undang mereka untuk mengisi form agar Anda bisa mendapatkan tambahan informasi agar Anda dapat mengirimkan mereka email yang sudah dipersonalisasikan.

3. Survei Secara Online

Dapatkan tambahan informasi tentang customer Anda dengan cara survei secara online. Dengan survei secara online ini Anda dapat membuat segmentasi secara otomatis berdasarkan pada respon customer terhadap survei tersebut.

4. Segmentasi atau sortir Email Anda Berdasarkan Aktivitas Customer

Anda dapat mengirimkan email personal kepada grup yang berbeda. Contohnya, kepada mereka yang sudah lama tidak membuka newsletter Anda atau mereka yang membuka namun tidak pernah mengklik link pada email Anda.

5. Unsubscribing (Berhenti berlangganan)

Jika customer Anda ingin berhenti untuk menerima newsletter lebih lanjut, itu bukanlah akhir dari segalanya. Setelah mengklik tombol berhenti berlangganan, arahkan mereka untuk mengunjungi halaman yang dapat mereka pilih. Contohnya, pilihan untuk menerima email lebih jarang atau untuk menerima email hanya berdasarkan topik yang menarik bagi mereka.

Personlisasikan Email Anda Berdasarkan Kepada Target Customer Anda

Setelah Anda mensortir database contact list Anda, sangat penting untuk membuat sebuah tujuan komunikasi, agar terciptanya sebuah email personal yang relevan untuk customer yang menjadi target market Anda.

Pelanggan potensial:

  • Dorong customer Anda untuk melakukan pembelian pertama
  • Beri tahu lebih lanjut tentang produk dan layanan yang Anda miliki
  • Berikan informasi tentang perusahaan dan industri yang Anda geluti

Pelanggan Biasa:

  • Kirimkan terima kasih Anda atas pembelian yang mereka lakukan
  • Pastikan support dan segala jenis layanan customer lainnya setelah pembelian
  • Tawarkan pada mereka produk atau service tambahan
  • Tawarkan program loyalitas kepada customer Anda
  • Tanyakan pendapat mereka tentang produk Anda
  • Undang mereka untuk membagikan informasi tentang produk Anda kepada rekan-rekan mereka

Pelanggan tidak aktif:

  • Kirimkan kampanye dengan penawaran menarik kepada mereka
  • Kenalkan pada mereka tentang produk atau layanan baru yang Anda miliki

Personalisasikan Konten Email Anda

Sapa Customer Anda Menggunakan Nama Mereka

Gunakan kata sapaan menggunakan nama panggilan dari customer Anda pada awal newsletter yang Anda kirimkan, untuk lebih memberikan sentuhan personal pada email marketing Anda. Anda juga dapat menggunakan kata sapaan pada baris subjek dari email Anda untuk lebih menarik perhatian mereka.

Konten yang Dinamis

Jika Anda tidak ingin membuat beberapa newsletter yang berbeda untuk masing-masing segmen pasar Anda, tetapi masih tetap ingin mengirimkan email dengan sentuhan personal, Anda dapat membuat sebuah konten yang dinamis. Anda tidak perlu membuat kampanye email yang berbeda, Anda hanya perlu membuat beberapa versi konten yang berbeda dari kampanye tersebut, dimana Anda dapat menyesuaikannya dengan segmentasi pasar Anda. Setelah kampanye tersebut dikirimkan, masing-masing customer akan membuka email Anda dan melihat konten yang berbeda berdasarkan kondisi awal yang didefinisikan. Tidak hanya terpaku pada teks, namun Anda juga dapat mempersonalisasikan gambar dan sebagainya.

Kesimpulan

Kini mempersonalisasikan email marketing adalah salah satu metode paling efektif untuk meningkatkan ketertarikan dan kesetiaan konsumen di era dimana mereka terserang oleh berbagai macam informasi dan penawaran. Anda harus meluangkan waktu dan mensegmentasikan database Anda untuk dapat membuat sebuah email personal yang relevan, tepat sasaran yang akan meningkatkan ROI (Return On Invest) dari email marketing Anda.

Segera mulai kampanye email marketing Anda menggunakan free email marketing dan personalisasikan sesuai kebutuhan customer Anda.

3 thoughts on “Bagaimana Membuat Email Anda Lebih Personal”

Leave a Reply