13
May2015
Apa Itu Email Transaksional?
Apa Itu Email Transaksional?

Banyak profesional marketing yang sangat terampil dalam mengirim email kepada calon customers, lalu membuat mereka menjadi seorang customer aktif atau loyalis brand. Akan tetapi, untuk mereka yang baru dalam dunia marketing dan bahkan beberapa pelaku marketing yang sudah lama berkecimpung pun belum sepenuhnya memahami bagaimana membuat email transaksional yang efektif.

Jika Anda bingung, baik karena Anda tidak yakin apa itu email transaksional atau Anda tidak yakin apa perbedaan email transaksional dengan email lainnya, maka tulisan ini sangat tepat untuk Anda.

Apa sebenarnya email transaksional itu? Mengapa email transaksional merupakan bagian penting dari email marketing?

Pertama-tama, email transaksional tidak hanya terkait dengan pelaku marketing e-commerce (ini persepsi yang umum yang salah). Email transaksional adalah email yang dikirim perusahaan kepada kontak, leads, atau customer untuk membantu memfasilitasi atau menindaklanjuti suatu jenis tindakan yang telah dilakukan oleh pengguna di website mereka.

Tetapi jenis tindakan apa yang kita sedang bicarakan di sini? Ya, tindakan itu bisa salah satu dari banyak tindakan. Berikut tindakan-tindakan paling umum yang bisa memicu sebuah email transaksional:

  • Konfirmasi order
  • Email tindak-lanjut setelah men-download sebuah konten – seperti whitepaper atau ebook
  • Email terima kasih karena telah menyelesaikan sebuah tindakan – seperti pengisian sign-up form

Beberapa email transaksional bisa mendorong penerima untuk segera melakukan tindakan, sementara beberapa lainnya hanya berfungsi sebagai konfirmasi dan tidak memerlukan tindakan. Pesan-pesan seperti ini hanya merupakan cara untuk mengkonfirmasi bahwa sesuatu telah terjadi sebagai akibat tindakan pengguna, terkadang bahkan menyampaikan informasi tambahan yang terkait dengan tindakan yang mereka lakukan.

Misalnya, seseorang bisa menggabungkan antara email terima-kasih dengan email untuk promosi – dan bahkan memasukkan upsell, crosssell, atau informasi lain yang membantu menggerakkan penerima lebih jauh ke bawah corong penjualan.

Email Transaksional Memberikan Peluang Marketing yang Besar

Banyak pebisnis mengasumsikan bahwa mereka hanya boleh mengirim email transaksional ke customer ketika customer membeli sesuatu dari bisnis tersebut. Tetapi ingat, Anda tidak harus menjadi seorang pelaku marketing e-commerce untuk mengirim sebuah email transaksional – email seperti ini bisa dikirim untuk setiap transaksi, tidak tergantung pada apakah ada uang yang terlibat atau tidak.

Di situlah dimana peluang besar ada dengan sendirinya bagi pelaku marketing. Email transaksional biasanya dikirim setelah ada tindakan berarti yang dilakukan oleh seorang pengunjung ke website Anda. Sebuah tindakan yang mengindikasikan bahwa mereka mempercayai Anda, tertarik dengan Anda. Inilah sebabnya mengapa emailemail transaksional merupakan salah satu dari email yang memiliki open rate paling tinggi karena penerima tertarik terhadap konten email tersebut.

Jika para penerima membuka emailemail transaksional Anda, maka itu adalah peluang yang sangat besar untuk memberikan informasi tambahan yang Anda ingin beri tahu kepada para pembaca tersebut tentang perusahaan Anda.

Bukan DocoBlast customers? Gunakan free email marketing dengan Unlimited Contact yang bisa Anda bangun dan kirim!

3 thoughts on “Apa Itu Email Transaksional?”

Leave a Reply