11
May2015
10 Alasan mengapa anda harus membangun contact list
10 Alasan mengapa anda harus membangun contact list

Baik Anda seorang pelaku marketing, pebisnis lokal, mahasiswa atau siapapun, Anda pasti mempunyai email. Tahukah Anda mengapa Facebook meminta alamat email ketika mendaftar? Demikian juga dengan Twitter, LinkedIn, Instagram, dsb? Mereka menginginkan alamat email Anda untuk dijadikan contact list yang berguna bagi bisnis mereka.

Dalam bahasa sederhana :

Jika Anda tidak punya contact list, sama saja anda membuang-buang tenaga dan menunda datangnya uang ke meja Anda. 

Contact list adalah sekumpulan alamat email dengan rincian personal seperti nama atau nomor telepon, sehingga kita bisa berkomunikasi dengan subscribers kapan saja dan dimana saja.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda HARUS mempunyai contact list.

  1. Contact list adalah milik Anda sepenuhnya

Mungkin Anda punya akun di sosial media seperti Google+, grup Facebook atau fan page. Tapi apakah para followers di jejaring-jejaring sosial ini adalah milik Anda? Maksudnya, bisakah Anda berkomunikasi dengan mereka secara langsung?

Tentu saja tidak.

Tetapi, jika Anda punya contact list, Anda bisa berkomunikasi dengan para followers secara langsung melalui email. Ada 4 alasan mengapa email sangat efektif sebagai alat komunikasi dengan customers :

  • Email bersifat personal. Karena itu Anda bisa mempersonalisasi pesan Anda dengan santai dan ramah — cara yang sangat baik untuk membangun kepercayaan orang-orang.
  • Email bersifat langsung. Tidak ada perantara. Pesan Anda disampaikan langsung dari Anda ke audience .
  • Email bersifat pribadi. Dengan email orang bisa menjadi diri mereka sendiri dan secara terus terang menceritakan tentang apa yang mereka hadapi, apa yang mereka inginkan, atau pertanyaan yang mereka miliki. Berbeda dengan komentar-komentar publik di sosial media.
  • Email tidak punya batas: Anda bisa mengirim eBook, panduan dalam bentuk PDF, bahkan tutorial video yang bisa di-download langsung ke inbox subscriber.
  1. Email bukan cara yang kuno

Jika Anda berpikir tidak semua orang membuka email mereka dan pemasaran melalui email adalah hal yang kuno, coba Anda pikirkan lagi : mengapa perusahaan-perusahaan besar masih meminta alamat email ketika seseorang mendaftar di situs mereka? Apa yang Facebook minta ketika Anda mendaftar?

Jawabannya adalah email merupakan medium yang ampuh untuk berkomunikasi satu sama lain.

Kebanyakan orang yang punya email akan mengecek akun-akun mereka setiap hari. Saat ini diperkirakan ada 3,9 milyar akun email di seluruh dunia, bahkan jumlah tersebut diproyeksikan mencapai 4,9 milyar sampai 2017. Rasanya email masih jauh dari kata kuno.

Jika Anda tidak tertarik dengan ide membangun contact list karena merasa sudah ketinggalan zaman, maka Anda peru berpikir ulang.

  1. Email Marketing memiliki nilai ROI terbaik

Tidak jadi masalah industri apa yang Anda geluti, email marketing memiliki nilai ROI terbaik. Tidak ada yang bisa mengalahkannya.

ROI (Return On Investment atau laba atas investasi) email marketing adalah 4300%.

Fakta yang mengagumkan tentang angka ini adalah, ketika Anda telah memperoleh leads, Anda akan mendapatkan laba selama Anda mempertahankan subscribers tersebut.

Sekarang pikirkan, apakah ada metode marketing yang memiliki tingkat komunikasi dan ROI yang lebih baik dari email marketing?

  1. Bisa menjangkau banyak orang dalam sekejap dan tepat waktu

Kelebihan lain dari memiliki contact list adalah Anda bisa menjangkau customercustomer Anda dengan sangat cepat dan tepat waktu dengan menggunakan email blast.

Banyak orang membaca email di pagi hari. Dengan demikian, Anda bisa menjadwalkan pesan-pesan Anda untuk dikirimkan pukul 08.00 – 09.00 ke inbox email para subscriber berdasarkan waktu lokal mereka.

Memang Anda juga bisa menjadwalkan pesan di sosial media dengan menggunakan tools seperti Hootsuite. Tetapi, tidak ada peluang pesan tersebut bisa mencapai 100% follower akun sosial media Anda.

Jika Anda baru memulai marketing online, maka Anda mungkin menemukan bahwa sangat sulit untuk membangun engagement dengan semua audiens dari sosial media Anda, karena mereka memiliki minat berbeda-beda atau bahkan menggunakan bahasa yang berbeda.

  1. Bisa mendirikan atau membangun kembali setiap bisnis di setiap waktu

Inilah mengapa banyak pelaku marketing bersemangat meningkatkan jumlah subscriber. Mereka tahu bahwa contact list adalah emas. Ketika mereka ingin meningkatkan traffic ke mana saja atau ingin menghasilkan uang, mereka hanya mengirim email ke para subscriber mereka.

  1. Mengarahkan traffic instan kemana saja

Anda sudah tahu bahwa Facebook dan beberapa situs jejaring sosial lainnya telah membatasi jangkauan postingan-postingan Anda. Anda tidak dapat memprediksi secara pasti berapa banyak orang yang akan melihat postingan Anda di newsfeed Facebook mereka. Tetapi, jika Anda menggunakan email marketing sebagai taktik untuk mengarahkan traffic ke website Anda atau produk yang Anda jual, maka Anda bisa melihat result dari angka-angka click through rate dan siapa saja yang tidak menerima pesan Anda.

  1. Mendidik dan membangun engagement dengan customers potensial

Mendidik pembaca merupakan satu hal yang tidak bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda mungkin ingin memiliki audience yang akan melakukan apa yang Anda suruh seperti membeli produk-produk Anda, atau sekedar mendatangi website perusahaan Anda.

Dengan email, Anda bisa membangun engagement dengan sangat mudah. Inilah mengapa email marketing bisa mengubah audiens pasif menjadi customer yang mau membeli produk Anda. Anda hanya perlu memiliki contact list dan mendorong audiens untuk subscribe, kemudian buat sebuah email lanjutan dan mengarahkan orang-orang yang ada dalam daftar Anda.

  1. Engagement yang lebih tinggi

Jika Anda memiliki contact list, Anda bisa meningkatkan engagement dengan mengirimkan pesan yang berisi informasi atau konten yang bermanfaat bagi audiens Anda . Dengan isi yang baik, Anda tidak harus melakukan banyak hal  karena engagement akan terbentuk secara otomatis.

  1. Dapatkan daya tarik yang layak diperoleh pesan Anda
    Jika Anda ingin menyebarkan pesan melalui digital marketing, dan memilih jejaring sosial yang padat seperti Twitter, Anda tidak akan bisa menjangkau setiap audiens potensial Anda.

Karena itulah, email marketing adalah solusi sederhana untuk berkomunikasi dengan target Anda.

  1. Membuat pengguna bertindak

Ketika Anda memiliki orang-orang yang aktif dalam contact list Anda, Anda bisa melakukan apa saja dengan list tersebut. Contohnya membagikan tulisan blog Anda, membagikan promosi khusus, sampai membuat pengumuman sebuah event dan mengajak orang-orang di list Anda untuk ikut serta.

Lalu apa langkah selanjutnya? Bangun contact list Anda !

Jika Anda sudah mempunyai contact list, Anda selangkah lebih maju dari orang lain. Jika Anda tidak memiliki contact list, jangan khawatir. Anda masih belum terlambat untuk membuat contact list pertama Anda.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang baik.

Bukan DocoBlast customer? Gunakan free email marketing dan bangun unlimited contact list Anda sekarang!

4 thoughts on “10 Alasan Mengapa Anda HARUS Membangun Contact List”

Leave a Reply