6
November2013

spamSpam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.
Mengapa email Anda masuk folder spam sehingga pemilik email tidak akan mengetahui kalau anda telah mengirimkan sebuah email? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan email anda masuk spam folder.
Penyebab Email Masuk Spam
1. Email Masuk Spam karena IP Masuk Spam Blacklist
2. Email Masuk Spam Akibat Terjerat Konten Filter
3. Email Masuk Spam karena Email Filter

mail Masuk Spam karena IP Masuk Spam Blacklist
Hal yang paling umum bahwa email yang anda kirim masuk spam adalah disebabkan IP Address server email anda tidak mempunyai reputasi bagus atau mungkin telah masuk ke daftar blacklist spam sehingga email yang anda kirimkan akan selalu masuk dan masuk lagi ke folder spam.
Umumnya IP address yang masuk daftar blacklist spam atau yang kurang mempunyai legitimasi adalah ip address shared yang digunakan secara bersama-sama. Hal ini bisa terjadi karena kebutuhan user dalam mengirimkan email berbeda-beda meskipun telah memberlakukan beberapa level monitoring seringkali ip address shared tetap saja besar kemungkinan bisa masuk daftar spam.
Jika anda menemukan bahwa ip server anda telah anda gunakan terdaftar sebagai spam silahkan kontak provider anda untuk melakukan pembenahan, tapi nantinya meskipun ip address telah tidak masuk daftar blacklist spam ada hal ke-2 selanjutnya yang menyebabkan email anda tetap akan masuk spam yaitu.
Email Masuk Spam Akibat Terjerat Konten Filter
Coba saja anda kirimkan email ke Gmail atau Yahoo dengan subject dan konten mengandung kata-kata “viagra” dijamin email anda langsung akan masuk spam. Tidak percaya? coba anda buktikan sendiri.
Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam akibat terjerat konten filter, IP Address boleh bersih dan mempunyai legitimasi tapi kalau konten email anda berisi kata-kata “jorok” yang dianggap sebagai kata-kata “spam” maka tentu saja email akan tetap masuk spam.
Bagaimana cara mengatasi hal ini? tentu saja gunakanlah kata-kata yang tepat dalam konten email anda. Kemudian pastikan anda tidak menggunakan kata-kata yang masuk dalam kategori abu-abu meskipun perasaan anda sedang tidak bagus tapi jangan sampai sekali-kali menggunakan kata-kata “jorok” dalam konten email anda tersebut.
Email Masuk Spam karena Email Filter
Jika saya tidak suka email yang anda kirim mudah saja caranya, tinggal centang pesan email anda dan klik Mark As Spam kasus selesai dan email anda tidak akan masuk lagi di inbox email saya. Tapi jika masih saja membandel langsung saja saya bikin filter berbunyi “bahwa semua email yang terkirim dari alamat email anda akan langsung saya buang ke spam” ini bahasa saya ya, anda dapat mendefinisikan filter melalui email filter dan setelah anda melakukan filter maka dijamin 100% email tersebut tidak akan bisa masuk inbox dan langsung dibuang ke spam. Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam karena email filter.
Mengapa seperti ini? pengirim email dituntut berhati-hati dalam mengirimkan pesan jika tidak menginginkan email yang dikirim tragis masuk ke spam. Pengirim email yang baik biasanya mengirimkan email kepada seseorang yang telah saling mengenal dan tidak mengirim secara asal bahkan massal kepada orang yang sama sekali tidak dikenal. itulah sepertinya solusi pada point ke-3 ini.
Jadi apa yang akan anda lakukan setelah mengetahui ke-3 hal ini? semoga anda dapat menggunakan email dengan bijak karena mestinya demi keuntungan anda dan usaha anda sendiri. Semoga tulisan seputar email masuk spam ini bermanfaat.

Leave a Reply