16
June2013

10 Kesalahan dan Mitos Manajemen Media Sosial

media-sosial500Dengan terintegrasinya media sosial ke dalam strategi marketing dan bisnis, penting bagi para perusahaan dan merek-merek ternama untuk memahami bagaimana mengeksekusi manajemen media sosial secara tepat dan memahami bagaimana cara kerja sejumlah platform media sosial. Ada banyak kesalahan konsespi dan mitos tentang media sosial. Berikut sepuluh kesalahan utama dalam manajemen media sosial.

Kesalahan #1: Tidak Memiliki Rencana

download (17)Sangat penting agar setiap bisnis yang ingin memanfaatkan layanan media sosial membuat sebuah rencana. Tentukan tujuan-tujuan yang sifatnya pribadi. Tentukan tujuan-tujuan untuk setiap website. Apakah Anda mencoba mendapatkan 10% lebih banyak follower setiap bulan? Berapa banyak orang yang ingin Anda berinteraksi dengannya setiap pekan? Ada begitu banyak aspek dalam strategi marketing media sosial bisnis, sehingga sebuah rencana pasti akan memiliki manfaat.

Kesalahan #2: Jumlah tidak Jadi Masalah

Mungkin selama ini banyak yang berpikir jumlah audiens merupakan yang paling penting. Hal ini sangat keliru. Jumlah tidak jadi masalah, melainkan aktivitas. Lebih memiliki grup kecil yang para anggotanya saling berinteraksi secara dekat dan terus menerus dibanding group dengan ribuan anggota yang tidak melakukan interaksi semacam ini. Lebih banyak follower dan lebih banyak trafik tidak harus berarti lebih banyak uang, Anda memerlukan orang-orang yang tepat untuk terlibat dengan bisnis Anda.

Kesalahan #3: Tidak Mendedikasikan Waktu untuk Semua Akun

TimeSetiap akun media sosial harus mendapatkan perhatian upaya bisnis yang sama. Jika Anda hanya memiliki waktu untuk akun Facebook dan Twitter, tidak jadi masalah. Tapi harus dipastikan Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk situs-situs tersebut. Jangan membuka akun Pinterest, Foursquare, atau Tumblr jika Anda tidak memiliki sumber daya waktu yang memadai untuk mengelolanya.

Kesalahan #4: Membicarakan Bisnis di Setiap Postingan

Lakukan variasi pada postingan Anda sehingga Anda tidak selalu membicarakan tentang bisnis Anda! Kadang-kadang anda harus menganggap bisnis anda layaknya sebagai seseorang yang ril. Jangan seperti orang-orang yang terus membicarakan tentang seberapa tampannya mereka. Semakin anda mendorong informasi ke hadapan para audiens, semakin kecil kemungkinan mereka akan merespon.

Kesalahan #5: Kesalahan Grammar dan Ejaan

Tidak sesuati yang menarik tentang kesalahan ejaan dan grammar. Periksa ulang setiap material yang akan anda publikasikan ke Internet. Dengan adanya kesalahan pada penulisan, anda tidak hanya terlihat bodoh tetapi juga membahayakan kredibilitas.

Kesalahan #6: Tidak Melihat Statistik

Statistik sangat penting dalam setiap kampanye pemasaran. Lebih daripada itu, layanan-layanan media sosial menawarkan sistem analisis dan laporan untuk menelusuri jumlah page view, jumlah post yang dibaca, aktivitas, dan lain-lain. Ini semua merupakan informasi yang berharga karena dapat memberikan informasi melalui data-data mengenai postingan mana yang paling baik responnya sehingga Anda bisa melakukan banyak pesesuaian.

Kesalahan #7: Kurangnya Kepribadian Online

Media sosial memberikan bisnis anda peluang untuk memiliki warna yang kuat dan unik. Bersikaplah terbuka, humoris – apapun yang anda anggap perlu bagi bisnis anda, lakukanlah!

Kesalahan #8: Tidak Merespons dan Berinteraksi dengan Audiens

ResponsTanyakan pertanyaan! Dapatkan feedback! Mulai diskusi! Media seperti Facebook dan Twitter memberi Anda peluang yang mngkin tidak ditawarkan oleh saluran pemasaran lainnya: peluang untuk bersosialiassi dan terhubung dengan para audiens Anda di level publik dan sosial. Hal ini tidak hanya memperkuat hubungan pelanggan, namun juga membuat bisnis anda lebih aktif.

Kesalahan #9: Tertutup atau Bersikap Negatif terhadap Komentar

Harus diakui bahwa tidak semua orang di internet akan menyukai atau menyetujui bisnis anda. Tetaplah tentang dan tangani komentar-komentar itu dengan baik. Ingat, segala sesuatnya menjadi konsumsi publik! Maka akan lebih baik menjadi orang-orang yang berhati besar pada situasi-situasi seperti ini.

Marketing #10: Menyerah!

Dont Gove upMembangun media sosial memerlukan waktu! Jangan menyerap. Tetaplah aktif. Bersabar. Upaya-upaya Anda akan membuahkan hasil, berilah sedikit waktu! Kesalahan-kesalahan merupakan bagian dari proses pembelajaran. Ambillah pelajaran dari kesalahan-kesalahan itu dan taklukkan dinua marketing media sosial.

Leave a Reply