7
May2013

fb-mobile-appSemakin hari semakin banyak saja orang yang menggunakan smartphone mereka sebagai sumber berita dan hiburan. Pada kenyataannya, lebih 600 juta orang menggunakan mobile app Facebook saat bepergian, berdasarkan data terbaru Facebook.

Jadi, ketimbang bertanya kepada Anda apakah perusahaan Anda siap mengikuti revolusi mobile, penulis justru akan bertanya “Apakah perusahaan Anda siap mengikuti revolusi mobile Facebook?”

Jika Anda memikirkan bagaimana marketing Facebook bisa berbeda antara platform mobile dan komputer desktop, maka tulisan ini cocok untuk Anda. Lanjutkan membaca untuk mendapatkan ide tentang bagaimana Anda bisa mengoptimasi marketing Facebook Anda secara lebih baik untuk platform mobile.

Bagaimana Mengoptimasi Konten Organik untuk Mobile App Facebook ???

facebookmobileadsBerbeda dengan Facebook yang ditampilkan pada platform komputer desktop, mobile app Facebook hanya menunjukkan News Feed masing-masing pengguna. Apa artinya ini bagi pelaku marketing? Ini berarti postingan-postingan Anda perlu lebih “eye-catching”. Tidak hanya layar yang jauh lebih kecil, sehingga gambar dan teks lebih sulit dibaca, tetapi pengguna juga biasanya akan men-scroll ke bawah lebih cepat saat menampilkan News Feed mereka. Jika postingan Anda tidak menarik pehatian mereka dalam pandangan sekilas, maka Anda mungkin sama saja tidak pernah memposting sesuatu.

Untuk membuat sebuah postingan yang benar-benar dapat menarik perhatian pengguna, tanyakanlah kepada diri anda beberapa pertanyaan berikut terkait konten Facebook yang Anda buat:

Apakah konten Anda menarik secara visual?

– Apakah konten visual Anda sederhana dan to-the-point? Apakah poin-nya didapat dalam pandangan sekilas, atau apakah memerlukan waktu yang lebih banyak untuk dapat menangkap poin-nya?

– Apakah Anda menggunakan gambar dan teks yang saling terkait, dan secara jelas menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan?

– Apakah konten Anda kaya, unik, atau cukup orisinil untuk membuatnya menonjol dari postingan-postingan lain dalam news feed?

Dengan gambar yang kuat, secara tidak langsung Anda telah meningkatkan peluang seseorang untuk berhenti melakukan scrolling ke bawah dan mengklik postingan Anda – dengan harapan itu dapat mengantar mereka ke landing page, postingan blog, atau bagian lain dari website Anda. Real estit pada mobile app Facebook sangat diminati.

Bagaimana Mengoptimasi Iklan Facebook untuk Peranti Mobile?

Dalam satu tahun belakangan ini, Facebook telah mengubah cara iklan mobile tampil di News Feed seorang pengguna. Satu-satunya tipe iklan yang tersedia untuk sebuah peranti mobile adalah yang muncul pada News Feed, karena widget samping tidak ada pada mobile app Facebook. Karena inilah, tipe-tipe iklan yang bisa diposting mencakup Postingan Terpromosi (promoted posts) dan Tulisan Berbayar. Iklan-iklan ini pada asalnya hanya tampil pada masing-masing News Feed pengguna dengan frekuensi 0-1 kali per hari, tetapi frekuensi ini meningkat menjadi 6-7 kali per hari dalam satu tahun belakangan. Hasilnya? Postingan Terpromosikan yang dibuat pelaku marketing terlihat lebih banyak oleh audiens yang relevan.

Sekarang Anda telah mengerti bagaimana fitur-fitur ini bermanfaat, tinggal bagaimana Anda men-setting nya. Iklan mobile Facebook sangat mirip dengan bagaimana Anda men-setting iklan versi dekstop facebook. Berikut dua cara untuk mempromosikan sebuah postingan pada platform mobile.

ads.facebook.com

ads facebook

Melalui platform manajer iklan Facebook, buat sebuah iklan promoted post seperti biasanya. Untuk membuat iklan Anda terlihat pada peranti mobile, pilih “Devices”, dan kemudian tentukan pada peranti mobile mana Anda ingin menempatkan iklan tersebut. Memilih semua tipe peranti mobile tentu akan meningkatkan jangkauan promoted post Anda.

Mempromosikan sebuah Postingan dari Halaman Bisnis Anda

Jika Anda ingin mempromosikan semua postingan secara langsung dari halaman bisnis Anda, cukup pilih “Promote” pada sudut kiri bawah.

Jangan Lupa Tentang Pengalaman Pasca-Klik

Anggap orang telah mengklik konten Facebook Anda pada perangkat mobile, maka penting untuk memikirkan juga tentang pengalaman pasca-klik. Tujuan akhir dari marketing Facebook adalah menghasilkan calon pelanggan dan pelanggan ril dari media sosial. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengirim orang ke tempat Anda pada situs Anda dimana ada peluang untuk mengonversi mereka – dan sebuah pengalaman yang membuat mereka ingin melakukan pembelian. Tentu saja ini tidak berbeda baik pada perangkat mobile maupun dekstop. Sayangnya, tidak semua website dioptimasi untuk perangkat mobole, yang berarti bahwa website tidak merespon terhadap peranti-peranti berda dan sesuaikan juga ukurannya. Karena itu, cobalah mengalokasikan sedikit waktu untuk mengoptimalkan halaman landung Anda dan pengalaman pasca-klik lainnya untuk perangkat-perangkat mobile; akan membantu pula untuk memastikan penggunaan Facebook mobile yang mengklik konten Anda merasa lebih mudah melakukan konversi (pembelian).

Leave a Reply