19
April2013

Bagaimana Menghasilkan Calon Pelanggan Dengan Strategi Marketing Konten yang Kuat

Dalam beberapa bulan terakhir, marketing berbasis konten telah bergeser dari strategi buzzword menuju ke strategi marketing yang telah berkembang secara penuh. Menariknya, pembahasan tentang ini telah bergeser pada manfaatnya terhadap brand karena terkait dengan SEO. Sejumlah praktisi meyakini marketing konten akan mengambil alih SEO, namun bagi penulis tidak. Seperti yang telah penulis sebutkan dalam sebuah laporan terbaru, “Content Marketing Like a Pro:Tactics and Techniques to Increase Search Engine Visibility”, marketing konten sebaiknya digunakan sebagai sebuah cara untuk melengkapi upaya-upaya SEO yang sudah ada dan menjadi seumber penghasil calon pelanggan. Untuk memaksimalkan imbas marketing konten, baik sebagai penggerak calon pelanggan dan penjualan dan sebagai sebuah cara untuk mempersubur SEO dan mengarahkan kinerja pencarian organik,maka pelaku marketing harus memanfaatkan 10 tips berikut ini:

audience1. Mengetahui audiens/target. Agar bisa berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan pontesial melalui marketing konten, penting agar pertama-tama kita mengetahui siapa mereka, apa yang mereka inginkan, dan apa yang mereka hargai. Ini dimulai dengan penelitian pasar. Identifikasi segmen pelanggan dan temukan jenis-jenis website yang sering mereka kunjungi. Website-website ini akan menghasilkan sebuah daftar prospek-prospek penerbit untuk konten.

2. Masukkan gambar-gambar. Bagian dari tujuan untuk menghasilkan dan mempromosikan konten yang hebat adalah dengan mempengaruhi pelanggan dan calon pelanggan agar membagi konten Anda dengan komunitas-komunitas online mereka. Gunakan gambar-gambar besar yang menarik dalam konten yang Anda buat sehingga ketika dibagikan melalui media sosial, maka ringkasan yang terlibat ke pengguna lain akan mencakup sebuah thumbnail (garis besar). Ini akan menarik lebih banyak perhatian dan mendapatkan persentase klik yang lebih tinggi. jangan lupa untuk men-tag gambar-gambar Anda sehingga juga tampol dalam ranking pencarian dan meningkatkan otoritas konten brand Anda.

3. Mengumpulkan konten. Informasi yang dikeluarkan dari sumber lain kecil kemungkinan akan menarik banyak perhatian audiens target Anda. Konten yang Anda buat harus menawarkan sebuah perspektif yang segar dan dibuat dari banyak sumber. Kumpulkan konten dari berbagai sumber yang terpercaya agar dapat memberikan perspektif dan wawasan baru kepada pembaca yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya.

4. Promosikan. Gunakan banyak saluran untuk mempromosikan konten Anda. Manfaatkan promotionssaluran-saluran marketing Anda yang ada, seperti email, media sosial, hubungan masyarakat, periklanan, dll untuk menginformasikan para pelanggan dan calon pelanggan tentang konten-konten baru Anda.

5. Mengutip orang-orang berpengaruh di bidang industri. Ketika membahas topik spesifik dalam bagian marketing konten Anda, akan sangat membantu jika Anda merujuk dan mengutip orang-orang yang diketahui oleh audiens dan memiliki otoritas tentang topik tersebut. Orang suka melihat nama mereka dipublikasikan dan kemungkinan akan mempromosikan konten mereka sendiri secara bebas, sehingga semakin menyebarkan keterpaparan dan pengaruh brand Anda dan keahliannya.

6.Mengungkit peluang Mark-Up dan Tagging. Selain promosi konten, fitur-fitur halaman bisa digunakan untuk membantu konsumen lebih mudah menemukan konten Anda. Sebagai contoh, dengan menggunakan kata kunci tertargetkan pada tag judul, meta tag, dan tag alt gambar bisa membantu konten untuk muncul dalam pencarian. Demikian juga, ringkasan yang padat seperti tag rel=”author” bisa memberikan kredit ke author jika memungkinkan dan akan mengangkat ororitas author tersebut.
arguments7. Mempertahankan sesuatu dengan argumen. Jangan hanya mengatakan kepada orang apa yang dilakukan perusahaan Anda; artikulasikan mengapa Anda melakukannya. Dengan menunjukkan nilai produk atau layanan kepada kehidupan konsumen membuat mereka akan lebih mungkin untuk terlibat.

8. Transparan. Dapatkan kepercayaan dari audiens dengan menghadirkan ke hadapan mereka informasi yang faktual dan terkalrifikasi. Jika konsumen merasa bran Anda memiliki sesuatu yang terkesan disembunyikan, mereka kecil kemungkinan akan membahas atau membangikan konten tersebut.

9. follow upFollow-up. Untuk memastikan dan mempertahankan interaksi konten Anda, penting untuk mempengaruhi para pembaca agar percakapant erus berlangsung. Menjawab setiap pertanyaan yang dimiliki konsumen di bagian komentar dan dalam berbagai jejaring sosial. BIarkan para konsumen dan calon konsumen menambahkan bobot pengetahuan yang Anda bagikan.

10. measureMengukur keberhasilan. Ada banyak pelajaran yang bisa diperoleh dari kampanye marketing konten yang bisa digunakan untuk kampanye-kampanye di masa mendatang, baik untuk marketing konten maupun saluran lainnya. Telusuri indikator-indikator kinerja kunci seperti kunjungan, konversi, link ke-dalam, calon pelanggan yang dihasilkan dan sharing sosial yang dihasilkan oleh setiap konten untuk memahami jenis konten yang dibuat di masa mendatang dan bagaimana, dimana, dan kapan Anda mempromosikannya. Marketing konten dapat memberikan potensi keuntungan yang sangat tinggi bagi brand. Apakah tujuannya adalah untuk menghasilkan calon pelanggan/penjualan, maka peningkatan kinerja SEO atau kombinasinya, yang mengangkat tips-tips terbaik di atas akan membantu mendapatkan keberhasilan.

Leave a Reply