19
March2013

Tips Bagi Pelaku Industri Baru untuk Menghasilkan Konten Berkualitas

great contentKita semua tahu bahwa langkah pertama dalam strategi Inbound Marketing adalah membuat konten relevan yang berkualitas tinggi untuk menarik audiens bisnis. Tetapi apa yang terjadi apabila Anda tidak tahu apapun tentang industri yang sedang Anda ingin buatkan konten? Tidak jadi masalah apakah Anda bertanggung jawab untuk pembuatan konten di sebuah agensi, ataukah Anda seorang pelaku-marketing in-house di sebuah industri yang tentangnya pengetahuan Anda terbatas, masalah ini selalu dialami oleh kebanyakan pelaku marketing, paling tidak dalam satu masa dalam perjalanan karir mereka.

Tetapi yang menjadikan masalah ini lebih sulit sekarang ini dibanding sebelumnya adalah karena sekarang ini menulis konten yang sifatnya konten “permukaan” tidak lagi mencukupi. Ini berarti bahwa, pembuatan konten yang dimotori oleh pengetahuan pas-pasan tidak akan menghasilkan konten berkualitas yang mendalam seperti yang diharapkan pembaca dan mesin pencari sekarang ini.

Tetapi tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi.Tahapan-tahapan berikut ini akan memungkinkan Anda untuk menulis konten berkualitas, tidak jadi masalah bidang apapun yang disodorkan kepada Anda.

Mempelajari peristilahan

Pernahkah Anda mendengar seseorang berbicara dalam bahasa yang Anda tidak mengerti? glossaryWalaupun Anda memiliki informasi yang mereka cari, Anda kemungkinan besar tidak dapat membantu mereka. Mengapa? karena Anda tidak mengerti bahasanya. Sebelum Anda bisa berbicara banyak dalam konten yang Anda buat, Anda perlu belajar terlebih dahulu tentang peristilahan industri. Sayangnya, kebanyakan industri tidak memiliki panduan wajib tersendiri. Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Mulailah dengan mempelajari definisi-definisi penting dalam industri. Anda bisa mencari sumber-sumber yang ditulis para pakar. Anda bisa mencari informasi di Wikipedia, buku-buku, dan forum-forum industri yang sesuai dengan level skill Anda, dan Anda juga bisa bergabung di grup-grup terbuka di Internet.

Berlangganan dengan publikasi-publikasi industri

blog and newsletterSeiring meningkatnya level pemahaman dasar anda tentang industri yang Anda geluti, Anda akan mampu mencerna konten industri dengan lebih baik. Mulailah berlangganan dengan blog-blog dan newsletter. Setelah Anda merasa nyaman membaca material industri, Anda juga harus melakukan pengembangan dengan mendownload konten yang lebih panjang seperti whitepaper dan ebook. Dengan membaca jenis-jenis konten seperti ini secara teratur, khususnya jika Anda sudah tahu peristilahan industri dengan lebih baik, Anda akan mulai mendapatkan konten yang memberikan pemahaman lebih mendalam tentang topik yang Anda geluti. Pada kenyataannya, Anda bahkan mulai bisa memiliki pertanyaan-pertanyaan sebagai bentuk keinginan untuk belajar lebih banyak tentang topik tersebut. Ini merupakan sebuah tanda-tanda kemajuan pengetahuan yang Anda memiliki.

Mengidentifikasi dan mengikuti orang-orang berpengaruh di media sosial

measure social influenceApapun industri yang Anda geluti, pasti ada beberapa spesialis atau ahli yang menulis status atau ngetweet tentang itu. Intinya adalah, orang-orang cerdas tentang sebuah industri tersebar di luar industri, dan Anda bisa menemukannya. Salah satu tempat untuk memulai menemukan kelompok orang-orang seperti ini adalah dengan menggunakan alat ranking sosial seperti Little Bird atau Klout. Keduanya merupakan alat penelitian online yang membantu para pelaku marketing untuk mengidentifikasi orang-orang yang terkemuka dalam industri mereka. Little Bird berfokus pada Twitter, sementara Klout untuk berbagai jejaring sosial lainnya. Dengan mengidentifikasi orang-orang terkemuka di bidang industri yang Anda geluti, Anda bisa mengakses konten yang mereka buat.

Menghadiri kegiatan-kegiatan industri

Kegiatan-kegiatan industri mencakup antara lain pameran perdagangan, kelompok pertemuan, dan bahkan webinar (seminar online). Manfaat menghadiri kegiatan-kegiatan seperti ini pada tahap Anda sebagai pemula yang sedang belajar ada dua yaitu:

1) Mengetahui peristilahan terkait dan memiliki konteks yang cukup untuk mampu melakukan percakapan yang cerdas dan bermakna. Ini akan membantu Anda meningkatkan pengetahuan dalam berbagai hal.

2) Anda bisa menanyakan semua pertanyaan yang Anda miliki ketika Anda belajar semakin banyak tentang industri tersebut.

Mengikuti kursus

network-marketing-trainingBanyak orang yang memulai dengan langkah ini. Akan lebih baik lagi apabila mengikuti kursus dilakukan setelah Anda melakukan sedikit proses belajar sendiri. Karena dengan memiliki sedikit pengetahuan sendiri Anda akan lebih siap untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan cerdas tentang topik yang Anda geluti sehingga jawaban yang Anda peroleh akan sangat meningkatkan pengetahuan industri Anda.

Mengikuti kursus sangat baik bagi para pelaku marketing yang ingin membuat konten yang sangat mendalam. Coba perhatikan komunitas-komunitas belajar online, seperti Skillshare, yang menawarkan kelas-kelas online yang bisa diajarkan oleh siapa saja, termasuk orang-orang dalam industri Anda. (Tips: Tanyakan kepada bos Anda apakah mereka bersedia membayarkan biaya belajar bagi anggotanya. Beberapa bos akan memberikan tanggungan belajar baik seluruhnya maupun sebagian kepada anggotanya yang ingin meningkatkan skill yang terkait langsung dengan pekerjaannya).

Bentuk komunitas industri Anda sendiri

112478_komunitas_663_382Sekarang bahwa Anda telah terlibat lebih jauh dalam industri Anda (menghadiri kegiatan-kegiatan, berdiskusi di forum-forum, dan mungkin mengikuti kursus), maka mulailah membentuk komunitas Anda sendiri dengan orang lain yang Anda pikir memiliki pengetahuan cukup, dan yang Anda respek. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk berpindah dari level pengetahuan dasar ke tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Anda akan mampu mengeluarkan ide-ide, saling berbagi satu sama lain tentang ide-ide baru, dan memperkenalkan konten baru dan orang baru ke dalam kelompok tersebut. Dengan kata lain, Anda akan menjadi lebih cerdas.

Mulai membuat opini-opini

opinionUntuk menghasilkan konten yang hebat, Anda perlu memiliki sudut pandang. Di bagian awal artikel ini telah dibahas tentang bagaimana mengidentifikasi orang-orang terkemuka dalam industri tertentu? Sekarang saatnya Anda akan benar-benar senang bisa menemukan mereka, dan memulai mengikuti dan membaca konten-konten yang mereka buat. Dapatkan pemahaman tentang opini mereka mengenai industri yang Anda geluti. Lakukan analisis terhadap sisi-sisi berbeda dari opini mereka, dan mulailah membentuk opini Anda sendiri.

Akan tetapi, sangat penting agar Anda tidak membuat opini-opini ini sendiri. Ingat tentang membuat komunitas Anda sendiri. Ya, komunitas itu merupakan tempat dimana anda bisa mengembangkan opini. Opini yang solid dan terpikirkan secara sistematis akan terbentuk melalui diskusi-diskusi, penyelidikan, dan pengenalan ide-ide yang berbeda atau ide-ide pelengkap. Hal-hal seperti ini akan lebih mudah didapat jika Anda memiliki sebuah kelompok dengan anggota-anggota yang bisa diajak bertukar pikiran.

Selain itu, Anda juga menemukan kelompok-kelompok kecil dalam lingkungan dimana Anda bekerja.

Selaraskan pengetahuan objektif dengan bidang perusahaan Anda

Sekarang Anda telah mengetahui peristilahan industri, memahami input dan outputnya, dan bahkan Anda telah memiliki opini sendiri, sekarang saatnya mempelajari “logat” perusahaan Anda. Bagaimana perusahaan Anda atau kliennya berbeda dari yang lainnya? Kata-kata apa yang mereka tekankan dalam pernyataan manfaatnya? Konten yang Anda tulis perlu tidak hanya menyuarakan seperti suara perusahaan atau klien Anda, tetapi juga menyoroti kekuatan yang membuatnya berbeda dari perusahaan manapun. Untuk mencapai ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Teliti setiap konten yang berhadapan langsung dengan calon-pelanggan atau pelanggan itu sendiri, dan coba lihat apakah Anda bisa menjelaskan karakteristik nadanya secara ringkas. Jika tidak jelas, maka ada kabar baik dan buruknya. Kabar baiknya adalah Anda tidak harus beradaptasi dengan karakteristik nada yang telah ada. Dan kabar buruknya adalah Anda harus menentukan karakteristik nada perusahaan Anda.

Identifikasi karakter umum pelanggan perusahaan Anda. Ini akan membantu Anda menentukan karakteristik nada yang harus dikandung oleh konten yang Anda buat – intinya, Anda menginginkan agar audiens target Anda menikmati saat membaca konten yang Anda buat. Baurkan diri Anda dalam pernyataan misi perusahaan, pernyataan nilai, dan setiap material branding lainnya yang Anda punya. Anda harus mampu menentukan pernyataan manfaat perusahaan Anda dan pernyataan misi dengan mudah, sehingga Anda bisa memastikan bahwa semua konten yang Anda buat sejalan dengan itu.

Membuat kalender editorial

Sekarang anda telah mendapatkan pencerahan dan ide tentang bagaimana karakteristik nada konten yang diinginkan audiens. Selanjutnya saatnya memecahkan apa yang harus ditulis. Dianjurkan untuk menulis sebuah kalender editorial sehingga Anda memiliki persediaan topik sebagai antisipasi.

Mengetes konten

Sekarang Anda telah memiliki ide-ide konten yang sangat bagus, dan Anda telah menggunakan seluruh pengetahuan industri Anda untuk membuat sebuah konten yang hebat. Anda telah melakukannya! Sudah jadi dalam bentuk sebuah artikel yang siap diterbitkan di website/blog.

Tetapi tunggu dulu! Jangan menekan tombol “Terbitkan” dulu. Untuk konten pertama yang Anda buat, ada baiknya meminta bantuan seorang ahli di bidang itu untuk mereview apa yang akan Anda terbitkan. Ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi topik-topik yang sudah tepat, dan topik-topik yang masih perlu diperbaiki.

Leave a Reply