18
March2013

Bagaimana Marketing Kedalam bisa Menstimulasi Periklanan Kontekstual

Apa itu periklanan kontekstual?

Contextual-advertising1Dalam bentuk yang paling umum, periklanan kontekstual (native advertising) berbentuk sebuah tulisan blog atau artikel yang disponsori pihak tertentu. Atau bisa berupa berita yang disponsori di Facebook, video yang dipromosikan di youTUbe, atau akun yang dipromosikan di Twitter, dan sebagainya. Pada dasarnya, iklan ini terdiri dari konten alami yang muncul dalam sebuah aliran konten organik medium – dimana penempatannya dipesan atau dibayar dan bukan muncul secara otomatis.

Periklanan kontekstual, jika dilakukan dengan benar, bukan merupakan sebuah advertorial. Periklanan kontekstual, jika dilakukan dengan benar, akan memberikan informasi yang bernilai, mendidik, dan bermanfaat bagi pelanggan dan prospek perusahaan Anda.

Peranan konten dalam Inbound Marketing

the_pyramid_of_inbound_marketingTanpa strategi Inbound Marketing, periklanan kontekstual tidak akan efektif. Peranan pembentukan konten sangat integral bagi keberhasilan Inbound Marketing. Pembuatan konten yang informatif dan mendidik memungkinkan Anda untuk memajukan pengaruh produk atau layanan Anda.

Dan dalam Inbound Marketing, Anda menggunakan konten tersebut untuk mengolah dan menghasilkan konversi melalui penawaran marketing (misalnya: ebook, webinar, whitepaper, dll). Konten dalam marketing juga mencakup penggunaan email marketing untuk menawarkan informasi tambahan kepada calon pelanggan dengan tujuan untuk semakin mengarahkan mereka ke titik pembelian, serta pembuatan landing paga pada mana produk dipromosikan, dan penggunaan media sosial, yang lebih lanjut menyebarkan konten.

Selain itu, penggunaan konten akan meluas ke berbagai metode marketing lainnya seperti optimasi mesin pencari (SEO), manajemen calon pelanggan, dan otomasi marketing. Pada dasarnya, semua ini bermula dengan konten. Konten harus informatif, mendidik, dan relevan, disamping konten juga harus dirancang untuk menjual sesuatu.

Pemasaran kedalam menjadi mungkin dengan ditemukannya internet, yang memberikan kemampuan bagi para pembeli potensial untuk mengakses semua jenis informasi yang mereka inginkan, tentang topik apa saja yang menarik, pada saat kapanpun. Google bahkan telah membuat proses ini menjadi lebih mudah. Taktik SEO dan SEM menjadi lebih mudah. Tetapi dengan berkembangnya sifat anti-periklanan dan banyak program pemblokir iklan yang dibuat, maka pemasaran kedalam benar-benar telah memegang peranan penting.

Marketing kedalam menawarkan informasi yang dicari dan dianggap bermanfaat bagi pelanggan. Jika anda seorang pelaku marketing yang sangat mendukung marketing kedalam, maka Anda telah mendominasi beberapa hasil pencarian organik untuk itu.

Sekarang, dengan periklanan kontekstual posisi pertama di mesin pencari bisa jadi adalah link-link yang mengarah ke konten website Anda, atau link ke website lain yang telah Anda berkontribusi di dalamnya, atau bisa berupa situs berita atau media.

Bagaimana marketing kedalam bisa menstimulasi periklanan kontekstual?

Jenis periklanan tertentu bisa membantu menaikkan dan melengkapi upaya konten kedalam. sebagai contoh, PPC, promoted post, promoted tweets, dan bentuk marketing berbayar lainnya untuk menarik lebih banyak orang ke konten Anda. Dan itulah kuncinya: Mempromosikan konten, bukan produk. Anda tidak ingin mengarahkan orang langsung ke produk tetapi mengarahkan mereka ke sebuah konten bermutu yang membahas tentang kebaikan dan nilai sebuah produk.

Ya, pada akhirnya Anda ingin menjual sebuah produk atau jasa. Tetapi akan jauh lebih efektif melakukannya jika Anda menawarkan informasi yang bermanfaat, berguna, dan praktis tentang mengapa seseorang harus mempertimbangkan produk/jasa Anda.

Periklanan kontekstual dan tulisan yang disponsori memiliki jangkauan lebih luas untuk memperkuat upaya marketing kedalam Anda. Tentunya, marketing kedalam yang sederhana akan membawa pesan Anda ke depan basis pelanggan potensial dengan cara yang sangat efektif biaya, dan setiap orang harus memulai dengan marketing inbound organik murni untuk mendapatkan ROI sebaik mungkin. Tetapi, jika Anda memiliki beberapa sumber daya ekstra untuk membantu konten tersebut berkembang dan Anda rela menghabiskan lebih banyak untuk pertumbuhan yang lebih tinggi bahkan pada ROI yang lebih rendah, maka periklanan kontekstual sangat patut untuk dipertimbangkan.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa Anda harus memiliki konten yang bermutu terlebih dahulu. Dan solusi marketing kedalam yang kuat akan memberikan Anda proses, prosedur, dan aliran-kerja yang tepat yang Anda butuhkan untuk membuat konten yang bermutu mendatangkan manfaat besar.

Leave a Reply