7
March2013

Twitter LogoTwitter merupakan salah satu alat untuk “mikro-blogging” atau untuk memposting update, komentar, atau ide-ide yang sangat pendek. Pada kenyataannya, karena Twitter dirancang untuk kompatibel dengan handphone melalui pesan teks, maka setiap tweet hanya dibatasi pada 140 karakter. Twitter bisa juga dianggap sebagai sebuah penghubung antara pesan instan dan ruang chat, karena merupakan sebuah forum terbuka, tetapi Anda membatasinya pada orang-orang yang terhubung dengan Anda.

Berikut beberapa ide tentang bagaimana menggunakan Twitter untuk Marketing dan Networking.

  1. Libatkan CEO perusahaan Anda dalam media sosial.
  2. Selalu berhubugan dengan bloggers / media.Sangatlah mudah mem-follow seseorang di Twitter. Dan Anda akan dikejutkan seberapa sering mereka memutuskan untuk mem-follow balik Anda juga. Tidak sedikit orang biasa yang di-follow oleh banyak orang yang terkenal di dunia marketing. Karenanya, ini merupakan sebuah cara yang lebih mudah untuk terhubung dengan orang-orang berpengaruh di media ketimbang harus menelpon atau meng-email mereka.
  3. Memantau perusahaan/brand Anda di Twitter.Mungkin tanpa disangka-sangka perusahaan/brand kita akan di-mention oleh sebuah akun ternaman di Twitter karena sebuah sebab tertentu. Mention seperti ini tentunya akan memiliki banyak arti bagi eksistensi perusahaan/brand Anda di dunia online. Olehnya itu, selalulah memantau orang-orang yang membicarakan tentang perusahaan Anda di Twitter.
  4. Mengumumkan penawaran khusus, diskon, dll.Jika bisnis Anda adalah sebuah bisnis retailer atau Anda sering memiliki penawaran khusus, maka Anda bisa menggunakan Twitter untuk mengumumkan penawaran-penawaran tersebut secara instan ke audiens yang lebih besar. Twitter bisa digunakan sebagai salah satu jenis pemberitahuan rutin mengenai perawaran-penawaran terbaru yang dimiliki bienis Anda.
  5. Update langsung tentang event dan rapatJika Anda berpartisipasi dalam sebuah pertunjukan perdarangan besar atau menjalankan event perusahaan Anda sendiri, Anda bisa menggunakan Twitter untuk mengumukan perubahan-perubahan terbaru, event-event menarik yang terjadi, dan lain-lain. Ini merupakan alat marketing yang sangat baik.
  6. Promosikan artikel blog, webinar, berita menarik, dan lain-lain.Sangat mudah untuk memposting sebuah link yang mengarah ke sesuatu di Twitter, dan banyak orang yang sering memposting link yang menuju ke artikel-artikel blog, atau artikel-artikel baru lainnya. Ide bagusnya adalah memposting artikel di webstie lain yang relevan dengan bisnis ANda, seperti kisah sukss pelanggan atau cakupan PR lainnya. Jika Anda memiliki konten lain yang menarik bagi audiens seperti webinar gratis, posting linknya di Twitter.

Panduan menggunakan Twitter untuk Marketing dan PR

  1. Daftar dan posting sebuah profil.Kunjungi website Twitter dan click pada tombol “Get Started – Join” di bagian tengah. Langkah selanjutnya sangat sederhana.
  2. Menulis beberapa update.Keindahan Twitter terletak pada batas 140 karakter. Posting link ke artikel berita yang ANda suka dengan komentar satu baris, sebutkan ide menarik yang Anda miliki, atau tulislah sesuatu.
  3. Berteman.Berteman di Twitter sangatlah mudah. Cukup berkunjung ke blog-blog dan profil Facebook orang lain dll, dan apabila Anda melihat box Twitter yang menunjukkan hal-hal yang mereka lakukan, cukup klik pada kotak tersebut. Hal tersebut akan membawa Anda ke profil mereka dan kemudian Anda cukup meng-klink pada tombol “Follow” di bagian kiri atas dan Anda sekarang mem-follow mereka. Biasanya mereka juga akan mem-follow Anda balik, dan twit Anda sepanjang 140 karakter itu akan memiliki audiens yang bertambah. Anda juga bisa mengklik pada profil orang lain untuk mem-follow lebih banyak orang.
  4. Bagaimana memposting URL.Twitter didasarkan pada update status 140 karakter. Jika Anda memiliki URL yang panjang, tentunya karakter tidak akan mencukupi. Akan tetapi Anda bisa menggunakan www.TinyURL.com untuk memendekkan URL yang panjang.
  5. Memantau pembicaraan tentang perusahaan Anda.Bahkan jika Anda tidak bergabung di Twitter, Anda bisa memantau apa yang dibicarakan orang tentang sebuah perusahaan atau bisnis. Dari sudut pandang marketing dan PR, ini sangat bermanfaat. Twitter memiliki mesin pencari yang memungkinkan Anda melakukan ini. Anda bisa mem-follow orang-orang yang membicarakan perusahaan Anda. Tentunya mereka akan senang tahu bahwa ada orang dari perusahaan yang mereka bicarakan mem-follow mereka.
  6. Bagaimana cara “Chat”.Menggunakan simbol @ di depan nama Twitter seseorang adalah cara bagaimana melakukan “percakapan” di Twitter. Penggunaan tanda tersebut membuat username mereka menjadi sebuah link yang menuju ke profil mereka sehingga orang lain bisa mengikuti percakapan tersebut. Sebagai contoh, jika Anda menulis tweet “@nicoamon terima kasih atas artikelnya tentang Twitter marketing” ini akan menjadi sebuah cara untuk memberi tahu kepada pemilik akun @nicoamon bahwa Anda menyukai artikelnya.

Leave a Reply