7
March2013

10 Kesalahan Facebook Marketing yang Harus Dihindari

Facebook Marketing
Facebook Marketing

Dewasa ini, hampir semua pelaku bisnis telah menyadari pentingnya memasarkan bisnis mereka di Facebook, mengingat ada lebih 900 juta pengguna situs jejaring sosial tersebut yang secara terus menerus berinteraksi dengan berbagi, berkomentar, memposting informasi, melakukan “like”, dan sebagainya. Pebisnis yang ingin memanfaatkan Facebook tentunya telah mengetahui sejumlah strategi terbaik untuk Facebook marketing, tren-tren terbaru, dan tip-tip layanan pelanggan, sehingga sedikit banyak sudah tahu apa yang sebaiknya dilakukan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Sejumlah petinggi Facebook seperti Elisabeth Diana (Manajer Komunitas), Sean Bruich (Kepala Platform dan Standar Pengukuran), Sarah Smith (Online Operations), serta Michael Lazerowh (CEO Buddy Media) telah membeberkan sejumlahh tips tentang kesalahan-kesalahan yang paling umum dalam Facebook marketing.

Sean Brucih, yang tergabung dalam sebuah tim Facebook, telah melakukan penelitian terhadap 1.200 postingan yang dilakukan oleh 23 perusahaan ternama selama periode satu bulan dengan tujuan untuk menentukan pengaruh yang ditimbulkan masing-masing postingan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada sejumlah faktor yang bisa dimaksimalkan oleh pelaku pasar untuk lebih berhasil dan ada banyak peluang untuk memahami bagaimana menjadikan marketing Anda lebih baik, termasuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam menggunakan Facebook sebagai alat marketing.

Berikut kami berikan 10 kesalahan paling umum dalam Facebook marketing.

  1. Tidak Mengisi Lengkap Data Informasi Bisnis
    Docotel Business Information
    Docotel Business Information

    Meskipun kesalahan ini kecil kemungkinan untuk dilakukan, tetapi tidak sedikit orang yang tidak menggunakan Facebook secara utuh dengan tidak mengisi lengkap data-data pada Halaman Bisnis yang mereka buat di Facebook. Sebuah bisnis harus memiliki jam kerja, alamat, foto-foto, dan lain-lain di Halaman Bisnis nya, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Dan jika Anda membuka cabang baru, buatkan list atau tambahkan Halaman Bisnis baru di Facebook. Pastikan Anda juga mencantumkan alamat URL yang baik, akan lebih baik jika penggalan URL tersebut dengan dengan URL website dan Twitter.
    Berikut URL Facebook Info Docotel sebagai pembanding: https://www.facebook.com/docotel/info

  2. Menggunakan Foto Profil yang Melanggar Aturan FacebookFoto profil memiliki eksistensi yang sangat penting di Halaman Bisnis Anda di Facebook, dan merupakan hal pertama yang terlihat oleh pelanggan. Dengan demikian, fitur ini diatur dalam panduan Facebook, yang menyatakan bahwa foto profil tidak boleh mengandung:- Informasi harga atau pembelian (termasuk diskon, seperti mencantumkan “diskon 40%”)
    – Ajakan untuk mengambil tindakan seperti yang menyuruh untuk “like“, mempromosikan, berkomentar, mendownload, kata-kata seperti “dapatkan sekarang” atau “rekomendasikan ke teman Anda”
    – Informasi kontak, seperti website, email, atau alamat persuratan.Docotel Facebook Profile Picture
    www.facebook.com/docotelPada foto profil Halaman Bisnis Anda, gunakan sesuatu yang memamerkan produk Anda dan mencakup esensi dari merek produk Anda, misalnya foto close-up makanan untuk bisnis restoran, bayi imut untuk perusahaan perlengkapan bayi, tempat wisata untuk bisnis travel, dan seterusnya. Jangan lupa untuk mengganti foto profil setiap beberapa saat – anda bisa memperbaharui foto profil untuk mempromosikan produk baru atau produk yang beda, event yang akan dilaksanakan atau sebuah cabang baru. Lebih dari setengah merek yang baru-baru ini dianalisis oleh Buddy Media hanya mengupload satu foto profil, dan 21% lainnya hanya mengupload dua foto profil. Foto profil ibaratnya papan iklan di Halaman Bisnis Facebook, jadi gunakanlah untuk mempromosikan penawaran-penawaran terbaik Anda. Tetapi ingat untuk tetap mematuhi peraturan-peraturan Facebook di atas.
  3. Melanggar Panduan KontesMengadakan kontes di Facebook memang sangat membantu untuk mempromosikan bisnis Anda. Tetapi Anda harus selalu memastikan agar setiap kontes Facebook yang diadakan itu tidak melanggar aturan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui:- Kontes yang meminta peserta memposting atau memvoting via komentar, menyuruh “like”, atau fungsi antar-muka pengguna Facebook lainnya tidak diperbolehkan.- Anda sebagai sebuah brand bertanggung jawab atas kegiatan promosi yang taat hukum, termasuk aturan resmi, syarat-syarat, dan persyaratan eligibilitas.- Kontes atau bagi-bagi hadiah harus dilakukan dalam Apps di Facebook.com.
    – Halaman Bisnis Anda harus menyatakan bahwa promosi tidak disponsori, didukung, diatur oleh, atau berasosiasi dengan Facebook.
    – Anda tidak boleh memberi pemberitahuan kepada pemenang kontes lewat Facebook (tulisan dinding, pesa, chat, dll).
    – Ada beberapa penyedia pihak ke-tiga yang membantu bisnis untuk menjalankan promosi di Facebook secara legal, dan kebanyakan memiliki fitur yang bisa diujicoba secara gratis. Beberapa diantaranya yang menonjola adalah Wildfire, Offerpop, dan Buddy Media.
  4. Memposting terlalu seringFacebook menyarankan agar Halaman Bisnis memulai dengan satu atau dua postingan sepekan untuk memahami situasi platform dan melihat apa yang benar-benar efektif. Banyak Halaman Bisnis yang memposting sekali per hari, dan banyak yang menemukan bahwa memposting lebih dari sekali per hari bisa memiliki efek besar terhadap interaksi. facebook mengindikasikan bahwa pengguna Facebook rata-rata me-“like” empat hingga enam Halaman baru setiap bulan, sehingga konten di Halaman Bisnis Anda akan terus bersaing untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari para penggemarnya. Akan lebih baik jika memposting satu postingan yang bermutu per hari ketimbang dua postingan yang kurang bermutu. Bahkan jika Anda hanya memposting beberapa hari per pekan, Anda masih bisa mempertahankan Halaman Bisnis Anda tetap aktif setiap hari dengan cara merespon terhadap komentar yang masuk, dan jangan lupa me-mention orang yang Anda balas komentarnya – ini merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat orang-orang yang pernah berkunjung ke Halaman Bisnis Anda kembali berkunjung.
  5. Terlalu Berfokus pada Jumlah Like (Penggemar)Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah “like” (penggemar) memang penting, semakin banyak like, semakin banyak orang yang dijangkau oleh pesan yang Anda posting. Akan tetapi, jumlah like hanya merupakan langkah pertama. Langkah kedua adalah memastikan bahwa Anda menjangkau audiens yang tepat dan tetap berinteraksi dengan mereka. Jika mereka me-“like”, mengomentar, dan membagi konten yang Anda posting secara reguler, maka mereka telah menjadi pendukung bisnis Anda yang menyebarkan pesan Anda ke teman-teman mereka. Juga perlu diperhatikan bahwa konten akan memiliki lebih banyak jangkauan di hari-hari tertentu – Penelitian Buddy Media telah menemukan bahwa persentase itneraksi untuk postingan Faceook adalah 18% lebih tinggi pada hari Kamis dan Jumat. Jadi, jika Anda stratejik, Anda bisa mendapatkan lebih banyak interaksi dengan lebih sedikit postingan. Dengan menggunakan fitur postingan yang baru, Anda bisa mengantri konten yang ingin Anda share dalam sepekan dan kemudian mengarahkan gelombang interaksi dalam beberapa hari ke depan.
  6. Terlalu Banyak TeksPenelitian Facebook telah menemukan bahwa postingan yang terdiri dari 100 sampai 250 karakter – satu atau dua baris teks – mendapatkan jumlah “like”, komentar, dan sharing yang 60% lebih banyak dibanding postingan yang memiliki lebih dari 250 karakter. Penelitian Buddy Media menemukan tren serupa, yang menentukan bahwa postingan dengan 80 karakter atau kurang memiliki tingkat interaksi yang 27% lebih tinggi. Intinya apa? Seperti halnya twit di Twitter, usahakan postingan Anda pendek dan bermakna. Tentunya, postingan Anda di Facebook harus berbeda dengan konten di Twitter. Salah satu tips untuk memastikan agar postingan ini menarik dan sesingkat mungkin adalah menghilangkan link URL dari bidang teks dalam postingan. Ketika Anda mem-paste URL dalam bidang teks, maka judul halaman URL tersebut, demikian juga thumbnailnya akan menambah panjang postingan.
  7. Memposting Konten yang Membosankan atau Tidak Sesuai dengan Tema BisnisHal-hal yang Anda posting di Facebook harus relevan dengan jenis bisnis Anda. Jika misalnya Anda memiliki perusahaan yang membuat casing iPhone, maka tidak relevan jika Anda memposting tentang bola hanya karena ANda suka bola. Tetap berada dalam koridor tema bisnis Anda sangat penting untuk interaksi – hanya karena orang suka produk Anda tidak berarti bahwa mereka memiliki minat yang sama dengan Anda, sehingga berilah mereka bauran kontek yang tetap relevan dengan produk Anda.
  8. Mengabaikan Statistik Facebook
    Facebook Stats
    Statistik yang disediakan Facebook menawarkan banyak informasi yang sangat bermanfaat – sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan data-data tersebut. Data Teman dari Fans merupakan salah satu yang sangat menarik, karena Teman dari Fans biasanya mewakili kumpulan pelanggan yang jauh lebih besar dibanding fans sebuah merek. Pada kenyataannya, untuk 1.000 merek teratas di Facebok, jumlah Teman dari Fans adalah 81 kali lebih besar dibanding jumlah fans bisnis Anda yang sebenarnya. Ini berarti ada audiens potensial dengan jumlah sangat besar yang bisa dilibatkan dengan memposting konten yang menarik (karena aktivitas penggemar Halaman Bisnis anda akan terlihat di dinding teman dari penggemar Anda tersebut) dan dengan meningkatkan kontek ini menggunakan fitur iklan Facebook lainnya, seperti Promoted Posts. Smith mengatakan bahwa konsumen 51% lebih mungkin membeli sesuatu jika mereka tahu bahwa teman mereka juga membelinya. Anda juga perlu memberikan perhatian pada data tentang Orang yang Membicarakan Ini (People Talking About THis) dan statistik jangkauan untuk melihat bagaimana pesan Anda tersebar dalam ekosistem Facebook, dan membuat sebuah strategi Facebook marketing yang komprehensif. Jangan lupa juga untuk memeriksa data statistik secara real-time, karena ini bisa membantu melibat dampak dari penyematan, penyorotan, dan promosi postingan.
  9. Mencampur baur jenis postingan secara tidak proporsionalMeskipun fitur Timeline telah mengubah Facebook menjadi sebuah platform yang lebih berbasis gambar, namun penting untuk membumbui konten di Halaman Bisnis anda. Terlalu banyak mencantumkan apapun akan membosankan, dan kombinasi berbagai fitur secara pas (seperti poling, pertanyaan, foto, dan video) akan menjaga agar orang-orang tetap terlibat dan tertarik dengan merek bisnis Anda. Manusia memiliki sifat dasar yang suka akan keragaman, dan jenis-jenis postingan yang berbeda akan menimbulkan interaksi yang berbeda pula. Menanyakan pertanyaan biasanya merupakan sebuah pendorong untuk komentar tambahan. Jika Anda ingin bereksperimen dengan postingan video, ada hal yang perlu diingat bahwa sharing video dari pihak ke-tiga seperti dari YouTube tidak sama efektifnya dengan video yang diupload langsung ke Facebook. Terlepas dari jenis postingan yang Anda bagikan, pastikan agar nada dan intonasi postingan Anda mencerminkan kepribadian bisnis Anda.
  10. Tidak Memanfaatkan Fitur Iklan FacebookTidak semua bisnis memiliki budget untuk memanfaatkan fitur Facebook Ads dalam strategi pemasaran mereka. Akan tetapi, bisnis yang memanfaatkan fitur iklan ini bisa terbantu dengan tips dari Bruich tentang iklan yang baik. Dia mengatakan bahwa iklan harus memiliki branding yang baik. Jika tidak jelas siapa dan apa yang dipromosikan oleh iklan, maka konsumen kecil kemungkinan akan tertarik dengan iklan dan merek tersebut. Juga penting untuk memberikan reward atau “hadiah” karena iklan dengan reward cenderung lebih berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli. Selain itu, usahakan iklan sekreatif mungkin. Jika tidak ada ide tentang jenis iklan yang akan dibuat, manfaatkan data statistik Facebook dan ubah konten yang paling aktif menjadi iklan sosial.

Kesimpulan

Facebook marketing merupakan sebuah cara yang sangat penting untuk membangun basis penggemar dan menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Tetapi kampanye bisnis yang sukses tidak harus menghabiskan waktu dan uang. Beberapa menit sehari dan sebuah rencana stratejik bisa memiliki imbas besar terhadap keberadaan bisnis Anda di Facebook, selama Anda menghindari kesalahan-kesalahan di atas. Jika Anda seorang pemula dalam Facebook marketing, Anda bisa mempelejari webinar Facebbok di facebook.com/classroom. JIka anda lebih berpengalaman dan memiliki pertanyaan spesifik tentang kampanye bisnis di Facebook, Anda bisa menghubungi Facebook di call center 1-800-916-1300. Untuk informasi lebih lanjut tentang manajemen Halaman Bisnis di Facebook, silakan langsung mengunjungi website Facebook.

One thought on “10 Kesalahan Facebook Marketing yang Harus Dihindari”

Leave a Reply